Bagaimana cara yang efektif dalam memberikan pemahaman atau pendidikan politik kepada anak di usia dini ?

bagaimana cara yang efektif dalam memberikan pemahaman atau pendidikan politik kepada anak di usia dini sehingga politik dapat dimaknai dengan cara yang baik dan benar ?

Dalam Pasal 15 Undang - Undang Perlindungan Anak disebutkan: setiap Anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari: a. penyalahgunaan dalam kegiatan politik; b. pelibatan dalam sengketa bersenjata; c. pelibatan dalam kerusuhan sosial; d. pelibatan dalam peristiwa yang mengandung unsur kekerasan; e. pelibatan dalam peperangan; dan f. kejahatan seksual.

Dilansir kidshealth.org, cara mengajarkan politik kepada anak Anda adalah dampingi anak Anda saat mengakses berita politik. Realita atau fakta sebenarnya, jangan Anda tutup-tutupi. Hal ini penting karena agar anak paham dan kritis dengan kondisi politik yang sedang terjadi.
Penting bagi Anda sebagai orang tua untuk memberi contoh aplikasi politik yang benar. Ajak anak untuk diskusi yang berkaitan dengan aspek politik. Misalnya saat Anda dan anak sedang berjalan-jalan melihat fasilitas publik. Ketika melihat jalan berlubang, mintakan pendapat anak Anda. Selanjutnya Anda bisa memberikan pemahaman fasilitas tersebut diurus oleh pemerintah.
Anda juga bisa mengenalkan tokoh politik yang sering muncul di televisi atau media sosial lainnya. Dengan mengenal tokoh politik, anak bisa mengetahui tokoh politik. Dimulai dengan Anda menjelaskan latar belakang tokoh tersebut serta kinerjanya di politik.
Berbicara isu-isu penting terkait politik yang sedang terjadi kepada anak Anda seperti pemilihan suara untuk presiden. Anda bisa menjelaskan mengapa pemilihan suara itu penting, meskipun anak Anda belum bisa memilih karena usia mereka masih dini tapi setelah dewasa nanti mereka dapat memilih yang terbaik untuk diri mereka.