Bagaimana cara yang benar mengawinkan musang ?

Bagi yang memelihara musang entah itu jenis apapun pastinya ingin sekali agar musang peliharaan memiliki anak dengan cara dikawinkan dengan musang lainnya , namun dari beberapa kasus sering kali dalam mengawinkan musang banyak dari pemilik musang yang masih bingung tentang cara mengawinkan musang sendiri agar berhasil. bagaimanakah cara yang benar agar proses kawin musang berhasil ?

Musang-Bulan-Paguma-larvata-640x423-640x423

  1. Perhatikan Asupan Gizi Musang
    Pertama sebelum memulai mengawinkan musang pandan, kita harus memastikan jika induk jantan atau betina yang akan dikawinkan mendapat asupan gizi yang seimbang. Jika musang jantan yang akan dikawinkan tidak mendapat asupan gizi seimbang, maka akan menghambat proses perkawinan karena lemas dan kalah agresif. Musang betina juga demikian, jika kekurangan asupan gizi maka akan membuat musang betina susah untuk hamil.

  2. Perhatikan Usia Musang
    Untuk usia ideal musang pandan jantan yang akan dikawinkan harus diatas 1 tahun 2 bulan, sedangkan usia ideal musang betina yang bisa dikawinkan harus berusia diatas 1,5 tahun. Tidak direkomendasikan untuk mengawinkan musang yang berusia dibawah standar tersebut.

  3. Adakan Masa Perkenalan
    Sebelum Anda menyatukan kedua musang dalam satu wadah untuk dikawinkan, sebaiknya lakukan pengenalan satu sama lainnya. Hal ini berguna, agar nantinya musang tidak berkelahi dan mengakibatkan perkawinan gagal. Cara memperkenalkannya yakni dengan menempatkan musang pada kandang masing-masing, dan tempatkan kandang tersebut berhadapan selama beberapa minggu. Setelah beberapa minggu, coba satukan musang tersebut dalam satu kandang. Jika musang tetap berkelahi, maka lakukan pemisahan kembali.

  4. Perkawinan bisa dimulai
    Jika musang sudah mulai bisa tenang saat berhadapan, kini perkawinan sudah bisa dimulai. Segera tempatkan pada satu kandang yang luas dan letakkan kandang untuk tempat perkawinan pada ruangan yang lebih tenang. Pada masa perkawinan kewajiban dalam memberikan makanan dan minuman masih tetap dilakukan secara teratur. Nah pada saat inilah observasi perilaku musang saat proses perkawinan kita mulai.

  5. Lihat Perubahan Perilaku Musang
    Hari demi hari telah dilalui, jika kita mengamati ada tingkah laku musang betina yang lebih aneh. Maka dapat kita ambil kesimpulan jika musang betina sedang hamil, segera pisahkan musang betina ke kandang lain yang lebih tenang dan nyaman. Biarkan musang betina dalam kandang, jangan pernah mengajaknya jalan-jalan ataupun dimandikan. Musang betina yang sedang hamil akan berkurang nafsu makannya, sebaiknya tetap sediakan asupan makanan yang bergizi untuk musang betina hamil. Selalu persiapkan kain tebal sebagai alas kandang, untuk musang betina melahirkan.

  6. Memantau Masa Kehamilan
    Lama kehamilan musang sekitar 60 sampai 70 hari, tergantung kesehatan musang betina tersebut. Pada saat masa observasi ini, lihat terus perkembangan kehamilan musang betina. Musang betina akan berubah menjadi lebih defensif kepada siapa saja. Untuk perubahan fisiknya dapat kita lihat membesarnya perut dan tumbuhnya puting susu pada musang betina.

  7. Kelahiran Bayi Musang
    Setelah masa kehamilan terlewati, musang betina akan melahirkan bayi-bayi yang lucu dan menggemaskan. Jumlah anak musang yang dilahirkan bisa berjumlah 2 sampai 5 ekor banyaknya. Tidak disarankan untuk memegang bayi musang sampai bayi lepas sapih ( lepas air susu induknya ). Waktu bayi musang menyusu pada induknya selama 2 sampai 3 bulan, jadi selama itu juga Anda tidak boleh memegang bayi musang.

  8. Merawat Bayi Musang
    Saat bayi terlahir di dunia, mata mereka masih tertutup. Mata akan mulai terbuka saat usia bayi musang menginjak 3 minggu. Jika mata bayi musang sudah terbuka dan lepas dari susu induknya, dapat kita pindahkan ke kandang lain. Mulailah menjadi induk bagi bayi musang tersebut, ajari bayi musang untuk belajar makan sendiri. Jika bayi masih susah untuk makan sendiri, berikan bubur bayi kental yang dimasukkan ke dalam pipet kemudian suntikan perlahan ke dalam mulut bayi musang.