Bagaimana cara untuk tetap konsisten mengikuti jadwal belajar yang telah disusun ?

Waktu Belajar

Belajar adalah salah satu bagian penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Dalam melakukan kegiatan belajar tentunya membutuhkan waktu sehingga memungkinkan seseorang untuk membuat jadwal belajar agar kegiatan belajarnya lebih terstruktur,efektif dan efisien. Mungkin bagi sebagian orang membuat jadwal belajar itu mudah tetapi sulit untuk menjalankannya secara konsisten.

Lalu bagaimana cara untuk tetap konsisten dalam menjalankan jadawal belajar yang telah disusun?

Apakah kamu sedang belajar dalam perkuliahan di kampus?atau belajar karena secara pribadi tertarik akan sesuatu hal. Apapun alasannya kamu pasti ingin sukses dalam belajar. Kamu pastinya sudah tahu betul bahwa membuat jadwal membantu kamu untuk belajar secara konsisten(daripada hanya belajar semalam sebelum ujian). Tapi bagaimana cara kamu agar benar-benar konsisten mengikuti jadwal belajar yang kamu buat?

1.Realistis

Pertama –tama kita harus lebih realistis. Kebanyakan dari kita membuat jadwal belajar yang berlebihan, yang melebihi batas kemampuan kita dalam belajar.Belajar membutuhkan banyak banyak sekali energi dan konsentrasi. Kamu tidak akan bisa fokus jika terlalu berlebihan dalam belajar. Kadang menjadi reaistis dalam membuat jadwal belajar dapat memberi waktu untuk komitmen yang lainnnya. Apa kamu perlu menyingkirkan orang lain untuk belajar lebih efektif?apa kamu dapat memutuskan aktifitas sosial agar mendapat sedikit waktu untuk belajar?

2. Cari Waktu Terbaik untuk Belajar

Beberapa orang lebih baik dalam belajar saat pagi hari. Jika kamu orang seperti itu maka cobalah atur alarm-mu 30 menit lebih awal, jadi kamu dapat menghabiskan waktu produktif mu ini dengan belajar.
Atau kamu seperti burung hantu?tanpa harus fokus di kelas pada siang hari, kamu dapat memilih untuk belajar pada malam hari, jika itu cocok denganmu. Untuk orang tua ini waktu yang baik karena anak – anak sedang tidur dan rumah dalam keadaan tenang.
Bahkan jika kamu pikir kamu tahu waktu terbaikmu untuk belajar, cobalah bereksperimen seama satu atau dua minggu.Mungkin saja waktu makan siangmu adalah kesempatanmu baik untuk mempraktikan kosa kata prancismu, atau mungkin kamu dapat mampir ke kafe sebelum pulang ke rumah dan belajar disana sampai jam 6.30 sore.

3. Cari Tempat Untuk Belajar

Seperti halnya mencari waktu terbaik untuk belajar, kamu pastinya membutuhkan tempat terbaik juga untuk belajar. Lingkunganmu dalam belajar dapat membawa perubahan yang besar. Kamu mungkin mencari tempat dimana:
• Kamu tidak ingin diganggu
• Tidak ada suara –suara yang mengganggu (musik dsb tidak masalah jika kamu nyaman dengan itu)
• Ruangan yang cukup luas
• Kamu sedang mood dalam belajar
Jika jadwal belajar mu padat mungkin kamu dapat belajar di tempat yang tidak jauh dari rumah, jadi kamu tidak menghabiskan waktu dalam perjalanan. Jiak kamu masih punya banyak waktu, kamu dapat mencoba lokasi belajar yang cukup jauh. Ini cukup berguna karena ketika sampai disana kamu menjadi enggan untuk pulang karena jaraknya cukup jauh.

4.Buat Lebih Fleksibel

Seberapa sering kamu membuat jadwal yang sempurna, jadwal yang kamu buat pasti tidak selalu tepat, karena akan selalu datang hal yang tidak diharapkan. Kadang kamu harus membatalkan jam belajar mu untuk sesuatu yang lebih darurat.
Bersiaplah akan hal ini: ketika kamu membuat jadwal belajarmu, buatlah beberapa waktu kosong yang bisa kamu gunakan untuk hal yang tidak terduga.

5. Catat Kemajuanmu

Yang terakhir cara termudah agar dapat konsisten dalam belajar adalah ketika kamu dapat melihat apakah jadwamu bekerja dengan baik. Sebagai contoh kamu dapat menandai di kalender, atau memberi apresiasi dirimu sendiri dengan menandai bintang emas di setiap akhir semester di kalendermu apabila berhasil mengikuti jadwal belajarmu.
Kamu juga dapat mengulang materi yang kamu telah pelajari, mungkin dengan kuis atau ujian pratik. Jika kamu melihat kamu membuat peningkatan yang konstan, kamu dapat mengingatkan diri sendiri untuk tetap konsisten dalam jadwal belajar.

Sumber: https://www.pickthebrain.com/blog/how-to-stick-to-your-study-plan/

Belajar adalah bagian penting dari kesuksesan akademis seseorang. Sayangnya, sering kali tuntutan akademis yang terlalu tinggi tidak sejalan dengan waktu luang Anda. Untuk mengatasi masalah tersebut, menyusun jadwal belajar adalah strategi utama yang wajib Anda terapkan. Meski terasa mudah, menyusun jadwal belajar sesungguhnya tidaklah sesederhana itu; Anda dituntut untuk memahami prioritas serta mampu menyeimbangkan kebutuhan personal, sosial, dan akademis.

Namun jangan khawatir, berbekal ketekunan dan sedikit upaya, siapa pun bisa menjalankan jadwal belajar secara konsisten demi mencapai kesuksesan akademis yang diinginkan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Luangkan waktu tidak lebih dari 5 menit untuk membuat jadwal belajar Anda

Buatlah jadwal belajar berdasarkan skala prioritas Anda dan luangkan 5 menit berikut ini:

  • Tentukan berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk belajar
  • Buat daftar topik apa pun yang mungkin ada dalam ujian, dengan topik yang lebih penting di bagian atas
  • Buat jadwal untuk setiap ujian, yang mencakup potongan waktu 10–30 menit yang dipersembahkan untuk setiap topik
  • Mulai belajar

Kunci sukses di sini adalah tidak selamanya tentang perencanaan dan prioritas. Anda ingin menghabiskan buku lebih cepat daripada melakukanya nanti. Jadi, penting bagi Anda untuk membuat rencana dengan cepat dan kemudian mulai menerapkannya.

2. Banyak waktu untuk belajar yang cenderung bertentangan dengan kegiatan yang lain

Pilihlah waktu belajar yang tepat dan tidak bertentangan dengan kegiatan lain. Jika seseorang meminta Anda untuk pergi makan atau hangout, atau bahkan meminta untuk belajar bersama Anda, maka pilihlah waktu yang berbeda untuk belajar! Sehingga Anda tidak harus memilih antara kehidupan sosial atau dunia akademik Anda.
Cobalah untuk membuat segalanya mudah pada diri Anda dengan menggunakan waktu luang Anda untuk belajar sehingga tidak perlu mengorbankan kesempatan bersosial Anda.

3. Tetapkan tujuan yang lebih kecil dan beri penghargaan pada diri sendiri

Saat belajar, entah menghafal materi atau memahami sebuah konsep, pasti ada tujuan yang bisa dicapai dengan kemajuan yang dapat diukur.

“Bersiaplah untuk ujian” bukanlah tujuan yang nyata. Tetapkan tujuan yang lebih kecil seperti menghafal seperangkat persyaratan kecil, atau bisa menyelesaikan satu jenis masalah sulit. Pastikan tujuannya bisa diukur. Dan kemudian pahamilah diri Anda untuk menyelesaikan tugas dengan cara apa pun yang memberi kepuasan bagi Anda (misalkan meluangkan waktu bersama teman, menonton episode acara TV favorit Anda, pergi makan, dll.)

Studi menunjukkan bahwa Anda akan belajar paling baik saat Anda memutuskan untuk belajar dalam interval kecil. Bahkan jika Anda memiliki banyak materi untuk dipelajari, cobalah memecahkannya dengan sedikit makanan ringan , jalan kaki, atau istirahat lainnya dalam rangka memberi Anda cukup waktu untuk belajar dan mempertahankan apa yang Anda pelajari.

4. JUST DO IT

Bagian yang paling sulit adalah memulai. Lakukan saja! Banyak kali menunda-nunda adalah produk sampingan dari perasaan terbebani. Penundaan ini kemudian akan membuat Anda semakin terbebani, yang membuat masalah menjadi lebih buruk. Dengan cepat berkembang menjadi lingkaran setan.

Bila Anda mendapati diri Anda takut belajar, katakan saja pada diri Anda bahwa Anda akan melakukannya hanya dalam waktu 15 menit dan kemudian berhenti. Lebih sering daripada tidak, hanya memulai membawa Anda untuk bekerja lebih jauh daripada yang Anda perkirakan. Begitu Anda mengatasi kecemasan awal itu dan mulai menggali topik yang perlu Anda pelajari, kemungkinan akan jauh lebih mudah untuk tetap fokus pada tugas yang ada.

Keempat langkah ini akan membuat Anda jauh lebih dekat dengan target yang Anda inginkan! Semoga berhasil!

Sumber : https://www.ucribs.com/blog-post/how-to-stick-to-a-study-schedule/

beberapa tips dan trik untuk perencanaan belajar :

Perencana belajar merupakan istilah baru mengenai perencanaan yang mencakup persiapan metode belajar yang baru. Semua persiapan itu telah kita rencanakan hingga beberapa bulan ke depan sehingga kita kita betul betul menemukan sinyal yang akan membuat kita benar benar siap dan menjadi lebih fokus selama jangka waktu tersebut. Berikut merupakan beberapa metode perencanaan belajar yang membuat kita lebih fokus:

1. Fokus

Seperti sebagian orang kebanyakan, mereka terkadang menghabiskan akhir pekan mereka dengan berlibur dan menghabiskan waktu untuk bersenang senang. Namun terkadang hal tersebut kurang efektif apabila dilakukan secara terus menerus. Karena tindakan tersebut terkadang hanya digunakan sebagai pelarian sesaat diwaktu kita merasa jenuh dengan pekerjaan kita. Hal tersebut sebenarnya tidak dilarang, akan tetapi alangkah baiknya kita melakukan sesuatu yang bermanfaat seperti bagaimana kita mengatur waktu kita sebaik mungkin, dan menjadikan hal tersebut menjadi fokus kita disaat melewati masa masa sulit.

Tidak hanya itu, apabila kita merasa ada kesalahan yang kita lakukan saat bekerja, akan lebih baik kita segera menyelesaikan masalah tersebut dan tidak malah menundanya dengan melarikan diri untuk bersenang senang. intinya kita harus tetap menyelesaikan pekerjaan secara tepat, dengan tahap pengerjaan yang fokus.

2. Jadilah Teliti

Merencanakan studi belajar kita agar lebih rinci, maka semakin besar pula keinginan kita agar kita bisa berhasil sesuai dengan harapan kita. Menjadi teliti juga merupakan tahap agar kita bisa mengerjakan sesuai dengan apa yang kita harapkan, dan meminimalis kan kesalahan yang mungkin akan kita perbuat. Butuh suatu perencanaan agar kita bisa menyesuaikan harapan dan keinginan apa saja yang ingin kita lakukan, karena dengan menargetkan sesuatu yang diinginkan, maka secara tidak langsug kita akan sering ingat dan fokus untuk mewujudkan perencanaan studi yang telah kita susun tersebut.

3. Tetap Aktif

Tahukah Anda bahwa siswa yang lebih aktif terkadang cenderung lebih baik dalam tes mereka dan lebih fokus saat mengikuti studi, karena mereka tidak segan segan untuk selalu bertanya dan menjawab soal dari guru, jadi bisa dibilang mereka selalu sudah siap dengan materi yang akan ditanyakan dan mampu berusaha agar menjadi siswa yang aktif. Maka tidak heran, untuk beberapa siswa yang aktif akan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan, karena mereka selalu berusaha belajar dan aktif bertanya pada guru, apabila mereka benar benar tidak memahami apa yang dijelaskan dalam materi yang dipelajari.

4. Buat Kelompok Studi

Kerja tim juga sangat membantu untuk meningkatkan konsentrasi belajar kita,karena kita bisa saling bertukar pendapat dengan teman kita. Maka dari itu buatlah kelompok belajar dengan teman anda agar kita bisa belajar bersama di mata pelajaran yang kita sukai. Dengan ini akan membuat kita semangat belajar dan dapat memahami mata pelajaran tersebut dengan mudah.

5. Temukan Lingkungan Studi Sempurna Anda

Setiap orang memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda, terkadang sebagian orang lebih senang belajar dirumah dibandingkan dengan di tempat umum seperti perpustakaan dan lain lain, namun meskipun demikian, ada pula yang malah sebaliknya, terkadang juga sebagian orang lebih suka belajar di sekolah tanpa belajar lagi di rumah. Semua itu tergantung dengan kenyamanan masing masing orang, karena setiap orang memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda mengenai tempat yang akan digunakan saat belajar.

Jadi pada intinya tergantung dengan masing masing orang, bagaimana mereka merencanakan cara belajar mereka. Karena setiap orang memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda dan kenyamanan belajar mereka. Asalkan mereka nyaman dan bisa menyerap materi dengan baik, mereka bisa belajar kapan pun dan dimanapun, asal itu tidak mempengaruhi konsentrasi.

Sumber :