Bagaimana cara untuk menumbuhkan minat generasi muda dalam bidang pertanian?


Jika kita mengenal dunia pertanian lebih jauh lagi, sebenarnya pertanian sangat luas. Tidak melulu berkaitan dengan lumpur yang kotor, bau kotoran dll. Padahal pertanian dapat dijadikan menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Karena selagi manusia membutuhkan pangan, Pertanian akan tetap dibutuhkan.

Fenomena sekarang, generasi muda masih terlalu sempit dalam memahami pertanian, namun saat ini sudah ada beberapa generasi muda yang telah mencoba berbisnis atau mengembangan dunia pertanian.

Kira-kira bagaimana strategi atau langkah agar generasi muda tertarik dan mau mengembangan bidang pertanian ya ?

1 Like

Kita tau bahwa generasi muda merupakan generasi milenial, banyak generasi muda yang enggan untuk menjadi petani dikarenakan gengsi, berfikir bahwa pendapatan nya kurang atau tidak menjanjikan seperti sektor yang lain. Untuk menarik minat generasi muda itu sendiri supaya mau dan tertarik dengan bidang pertanian, tentunya pertanian itu sendiri harus dikembangkan menjadi industri yang menjanjikan jika pertanian dilakukan dengan serius, tekun, ulet dan dikelola secara profesional maka hasilnya tidak kalah dengan sektor lain. Kemudian dengan mengoptimalkan pendidikan pertanian atau mulai mengenalkan pertanian sejak dini seperti pada TK, SD dengan mulai mengenalkan jenis jenis tanaman, bibit, cara menanam yang baik, kemudian dijelaskan mengenai pentingnya makanan khususnya padi sebagai kebutuhan pokok. Selain itu, pada sekolah kejuruan pertanian lebih dioptimalkan lagi pada kerja lapang untuk memahami pertanian. Pengembangan minat pertanian pada bisnis, generasi muda yang ingin memiliki bisnis mulai dikenalkan dengan produk produk pertanian yang dapat dikembangkan untuk bisnis seperti olahan sayur atau buah. Selain itu, saat ini merupakan era berkembangnya teknologi selain itu dunia pertanian juga dapat dikembangkan lagi dengan menggunakan teknologi, seperti dengan adanya teknologi dapat membuat aplikasi yang dapat mempertemukan petani kepada konsumen secara langsung sehingga mempermudah dalam menjual hasil pertanian.

1 Like