Bagaimana cara terbaik untuk dapat memahami kebutuhan pelanggan ?

Pengguna (users; konsumen) cenderung membeli produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Untuk mengetahui apa saja kebutuhan pengguna, tentu saja kita perlu melakukan beberapa riset, observasi dan interview untuk mendapatkan data dan insight awal.

Bagaimana cara terbaik untuk dapat memahami kebutuhan pelanggan ?

Sebelum membuat suatu produk atau layanan, kita harus mengetahui apa saja kebutuhan user yang dituju agar produk atau layanan yang dibuat bisa berguna. Pengguna akan membeli produk yang memenuhi kebutuhan mereka.

Melakukan Mapping untuk customer journey adalah salah satu cara yang bagus untuk mengidentifikasi apa saja kebutuhan pengguna, apa yang dialami pengguna saat menggunakan produk kita, apa saja hal yang membuat pengguna tidak paham dalam menggunakan produk kita. Setelah itu, kita dapat memberikan solusi-solusi yang dapat memecahkan masalah pengguna bahkan sebelum pengguna menyadari bahwa mereka membutuhkan hal tersebut.

Selain itu, kita juga dapat bertanya langsung kepada pengguna karena kita memerlukan tanggapan pengguna secara langsung dengan beberapa cara, yaitu :

  • Ikut masuk dalam suatu komunitas tertentu yang berkaitan dengan kebutuhan produk kita
  • Memperhatikan apa saja komentar yang mereka tuliskan yang pastinya ditujukan pada produk kita, karena bisa jadi hal tersebut menggambarkan kebutuhan mereka.
  • Melakukan survey

sumber :