Bagaimana cara terbaik atau best practice untuk melakukan costumer research dan feedback?

Costumer Research adalah penelitian yang dilakukan pada preferensi, sikap, loyalitas, penggunaan, dan perilaku konsumen di pasar. Costumer Research dapat membantu memahami kebutuhan dan apa yang diinginkan costumer terhadap suatu produk atau jasa. Tahapan ini menjadi fundamental atau salah satu dasar utama dalam pembuatan sebuah produk atau jasa. Bagaimana cara terbaik untuk melakukan costumer research?

Survei adalah cara yang bagus untuk belajar tentang costumer Anda dengan memahami poin dan harapan/ekspektasi mereka terhadap suatu produk atau jasa. Sebelum Anda dapat membuat survei, Anda harus memiliki hipotesis untuk membuktikan. Cara terbaik untuk mengetahui pertanyaan apa yang harus diajukan adalah berdiskusi dengan calon pelanggan. Apa yang akan Anda dengar akan membuat Anda bertanya, “Berapa banyak yang memiliki masalah ini?”. Gunakan wawancara untuk membentuk hipotesis Anda. Gunakan survei untuk membuktikan hipotesis. Survei bukanlah alat partisipasi favorit semua orang. Berikut ini beberapa cara untuk membuat costumer Anda termotivasi dalam mengambil survei Anda sehingga Anda bisa mendapatkan wawasan berharga tentang apa yang dibutuhkan dan diharapkan costumer terhadap produk anda:

  1. Usahakan survei tetap singkat dan jelas. Kurang lebih gunakan 10 pertanyaan yang dapat diselesaikan dalam waktu 5 menit (ini akan memaksa anda untuk berpikir keras akan apa yang anda mau)
  2. Jika memungkinkan, tanyakan pertanyaan terbuka dan dorong orang untuk menulis apa yang mereka pikirkan. Jangan menggiring jawaban mereka. Bahkan memberikan contoh pun sangat berisiko.
  3. Coba untuk melakukan segmentasi berdasarkan apa yang anda pikir akan membuat jawaban partisipan bias, tidak hanya berdasarkan demografi. Jika melakukan survei tentang tanaman, lakukan segmentasi berdasarkan pengalaman berkebun, bukan hanya berdasarkan umur dan jenis kelamin.
  4. Etika - ketika mendiskusikan hasil, lakukan yang terbaik untuk menjadikan partisipan sebagai anonim, terutama jika Anda berurusan dengan pihak ketiga. Anonim juga berarti membahas hasil survei dengan responden (kecuali Anda telah secara eksplisit menyatakan Anda dapat menghubungi mereka dengan pertanyaan lebih lanjut)
  5. Berikan apresiasi, jangan pernah lupa mengatakan terimakasih. Atau beri sebuah penghargaan misalnya kesempatan untuk memenangkan diskon, atau hadiah atau sesuatu. karena Anda telah menggunakan 5 menit waktu dari hidup mereka

Referensi : How to Strike Gold in Your Audience Survey Data