Bagaimana cara Quipper dapat lebih unggul dibandingkan dengan produk-produk bimbel online lainnya ?


(Analisa Put) #1

Quipper merupakan salah satu tempat kita dapat melakukan pembelajaran melalui online tanpa harus datang dan bertemu langsung dengan guru-guru yang mengajarkan bebeapa mata pelajaran. Quipper dapat memberikan materi apa saja yang dibutuhkan siswa/siswi SMP dan SMA. Siswa/siswi dapat memutar berulang kali materi yang ingin mereka pelajari. Di indonesia banyak terdapat media pembelajaran yang bersifat online atau bisa disebut juga e-learning seperti ruangguru, edmodo, dll. Lalu, bagaimana quipper dapat bersaing dengan kompetitor lainnya ?


(Wibiansya Analis Febrianto) #2

Sebelum hadirnya Quipper, sudah banyak yang menyediakan bimbel online seperti zenius.net. Zenius merupakan pelopor utama startup belajar online sejak tahun 2007 silam. Namun sejak hadirnya quipper ini yang mengakibatkan zenius menjadi tersaingi. Memiliki ide yang sama yaitu belajar online. Namun ada hal yang tidak dimiliki oleh zenius. Sehingga quipper menjelma sebagai kompetitor untuk zenius.

Quipper memiliki tutor terbaik di masing-masing bidang. Mereka menyeleksi masing-masing tutor dengan ketat dan benar-benar berkompeten dan berpengalaman. Jadi tidak heran kualitas yang diberikan oleh quipper tidak kalah dengan bimbel offline lainnya. Selain menyeleksi tutor-tutor yang berkompeten, quipper juga memberikan harga yang terjangkau dibandingkan bimbel-bimbel offline lainnya. Itu yang menyebabkan quipper lebih unggul dibandingkan produk bimbel online yang lain.

Sumber :
(http://www.wirahadie.com/2017/01/biaya-quipper-video.html)


(Mardiani Putri Agustini) #3

Quipper Video merupakan salah satu startup belajar online terbaik di Indonesia yang bisa digunakan sebagai media belajar di rumah. Quipper berasal dari London dan didirikan sejak tahun 2010, dan mulai masuk Indonesia sejak 2014.

Quipper dapat unggul dibandingkan dengan produk-produk bimbel online yang lain dikarenakan Quipper menerapkan strategi marketing yang sangat efektif karena mereka langsung memperkenalkan Quipper ke sekolah-sekolah dan mangajak guru untuk menggunakan Quipper dalam kegiatan belajar. Selain itu juga Quipper berani mengeluarkan budget yang cukup besar untuk kebutuhan promosi.

Dari sisi materi yang dimuat pun Quipper selalu menyesuaikan dengan kurikulum Nasional yang berkembang di Indonesia, karena para tutor dan pembuat konten materi merupakan guru yang sudah kompeten di bidangnya masing-masing dan selalu mengikuti perkembangan kurikulum yang digunakan di Indonesia. Konten materi yang dituliskan di papan tulis terlihat sangat menarik dan tidak membosankan seperti di sekolah yang ditulis secara biasa saja, karena di Quipper sangat memperhatikan kualitasnya. Jadi dalam penulisan konten saat menjelaskan di papan tulis pun terlihat sangat menarik, karena menggunakan alat tulis berwarna yang membuatnya tidak membosankan.

Contohnya seperti gambar di bawah ini

Selain itu, Quipper sering mengadakan kompetisi antar sekolah, mengadakan program “Quipper Video Challenge”. Quipper tak tanggung-tanggung memberikan hadiah puluhan juta hingga ratusan juta rupiah untuk pemenang.

Sumber:
http://www.wirahadie.com/2017/01/kelebihan-dan-kekurangan-quipper-video.html


(Bavian Adi N) #4

Quipper adalah sebuah platform online gratis yang digunakan oleh guru maupun siswa untuk proses kegiatan belajar mengajar. Ada dua bagian yang bisa digunakan, yaitu LINK untuk guru dan LEARN untuk siswa. Pada bagian link, guru dapat mengirim tugas dan ujian secara online, membuat konten edukasi dalam bentuk tulisan maupun video, dan kemudahan untuk mengelola kelas (baik sendiri maupun dengan guru lain). Disisi lain, pada bagian learn, murid dapat mengakses tugas dan materi yang sudah diberikan oleh guru, dan ada fitur pesan yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan guru yang ada.

Platform ini merupakan platform edukasi yang terkenal selain ruangguru, edmodo dan zenius. Meskipun banyak fungsi yang sebetulnya sudah dimiliki oleh platform lain, platform ini bisa lebih dikenal karena cara marketing yang baik, dengan menggandeng Maudy Ayunda sebagai Brand Ambassador, menjadikan quipper lebih dikenal di masyarakat luas. Selain itu, quipper juga sering melakukan roadshow ke sekolah sehingga kemungkinan untuk lebih terkenal juga lebih besar.

Sumber :
https://help.quipper.com/id/articles/what-is-quipper-school
http://nayadini.com/ruangguru-quipper-zenius-mau-pilih-mana/


(Riska Agustia) #5

Quipper dapat lebih unggul dari bimbel online lainnya dikarenakan Quipper menerapkan strategi marketing yang sangat efektif yaitu dengan langsung memperkenalkan Quipper ke sekolah-sekolah dan mengajak guru untuk menggunakan Quipper dalam kegiatan belajar. Selain itu, Quipper juga berani mengeluarkan budget yang cukup besar untuk kebutuhan promosi.

Selain dalam segi marketing, mungkin kelebihan-kelebihan Quipper berikut ini bisa menjadi faktor mengapa banyak pelajar di Indonesia lebih memilih Quipper daripada bimbel online lainnya.

  1. Materi disesuaikan dengan kurikulum yang berkembang di Indonesia
  2. Video yang disajikan lebih interaktif karena siswa bisa melihat guru mengajar seperti sedang berada di dalam kelas sungguhan.
  3. Konten dan latihan soal yang disajikan sangat menarik seperti bermain game, sehingga tidak membosankan.
  4. Bisa mengunduh materi pelajaran yang disampaikan di dalam video pembelajaran.
  5. Menggunakan rumus/trik SUPER (Solusi Quipper), yang tidak ada di bimbel lain.
  6. Bisa membuat jadwal belajar sendiri sesuai waktu luang yang dimiliki pelajar.
  7. Sering mengadakan kompetisi antar sekolah tiap tahun, dan tak tanggung-tanggung memberikan hadiah yang besar bagi pemenang.

Referensi :


(Izza Isma) #6

Quipper merupakan salah satu startup yang menawarkan layanan atau jasa pada bidang pendidikan tingkat menengah (SMP dan SMA) dengan menggunakan sistem online. Dengan Quipper, siswa dapat belajar dimanapun tanpa harus pergi ke lokasi bimbel konvensional. Semua tempat kini dapat menjadi sarana belajar yang nyaman dengan menggunakan Quipper. Untuk mendapatkan jangkauan yang luas, Quipper menggunakan strategi marketing yang efektif dimana ia dalam memperkenalkan Quipper dengan datang ke sekolah-sekolah dan mengajak guru untuk menggunakan Quipper dalam kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, berikut beberapa keunggulan Quipper dibandingkan dengan bimbel online lainnya :

  1. Konten video sangat berkualitas dan dibimbing oleh para tutor terbaik dan berpengalaman.
  2. Konten yang disajikan juga sangat menarik, sehingga tidak membosankan saat kegiatan belajar berlangsung.
  3. Sistem menjawab soal menggunakan sistem poin, sehingga poin ini dapat dikumpulkan dan digunakan untuk mengganti background dari akun Quipper.
  4. Harga paket berlangganan sangat terjangkau dibandingkan dengan bimbel offline yang cukup mahal.
  5. Materi yang diberikan disesuaikan dengan kurikulum yang berkembang di Indonesia, karena para tutor dan pembuat konten materi merupakan guru yang sudah berkompeten di bidangnya dan selalu mengikuti perkembangan kurikulum yang digunakan di Indonesia.
  6. Video yang disajikan menarik dan lebih interaktif, karena siswa dapat melihat guru mengajar layaknya kegiatan belajar mengajar di kelas.
  7. Siswa dapat mengunduh materi pelajaran yang disampaikan di dalam video pembelajaran.
  8. Siswa dapat membuat jadwal belajar sendiri sesuai waktu luang sehingga belajar pun dapat menjadi lebih disiplin dan menyenangkan.

Referensi :


(Rudy Setiawan) #7

Meski elearning sudah ada cukup lama, namun gaungnya belum terlalu merasuk. Tidak banyak sekolah yang memanfaatkan elearning sebagai bagian dari pembelajaran, sehingga belum terasa manfaatnya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan penetrasi internet yang makin merata, elearning dapat diakses dimana saja dengan konten yang lebih variatif.

Salah satu elearning yang cukup unik adalah Quipper. Pembelajaran model zaman now yang bikin asik belajar. Nah kebetulan saya sudah lama menggunakan quipper, jadi yuk buat siswa-siswi belajar bareng bapak melalui quipper.