Bagaimana cara product management membawa produk terbaik ke pasar dan mengembangkan bisnisnya?

manajer produk

Di balik sebuah produk dengan sederetan fiturnya yang sangat mutakhir, terdapat tim product management yang secara terus menerus meningkatkan kualitas produknya. Selain itu, didalam product management juga harus mampu membuat produk yang tepat bagi masyarakat sembari menjaga keseimbangan kerja dalam tim melalui komunikasi yang baik. Lalu cara apa saja yang dilakukan tim product management untuk membawa produk terbaik ke pasar dan mengembangkan bisnisnya?

Proses yang harus dilakukan tim product management untuk membawa produk terbaik ke pasar dan mengembangkan bisnis antara lain :

  1. Idea Management
    Idea Management adalah proses mengumpulkan dan mengembangkan ide baru untuk memecahkan masalah yang ada dan menemukan peluang baru. Ini adalah landasan manajemen produk.

  2. Product Spesification
    Product spesification adalah dokumen yang berisi informasi mengenai sekumpulan requirements (kebutuhan) yang dibutuhkan tim product management untuk membangun fitur atau fungsionalitas baru.

  3. Roadmapping
    Roadmap adalah dokumen visual yang mengkomunikasikan langkah-langkah yang akan diambil untuk merencanakan bagaimana visi produk dari waktu ke waktu.

  4. Prioritization
    Merupakan proses ongoing untuk menentukan apa yang harus dibuat, kapan waktu pembuatannya, berdasarkan kelayakan dan seberapa besar value yang dihasilkan.

  5. Delivery
    Delivery adalah proses dimana spesifikasi product sudah lengkap dan diserahkan kepada tim development atau engineers untuk didesain, dibangun dan diimplementasikan.

  6. Analytics & Experiments
    Analytics dan metrik digunakan untuk menemukan apakah perubahan yang diberikan bernilai bagi pengguna.
    Experiments adalah proses pengujian hipotesis yang terus-menerus untuk membuat produk menjadi lebih baik. Pendekatan ini diarahkan untuk memahami bagaimana orang menggunakan produk kita, dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkannya.

  7. Customer Feedback
    Customer Feedback dapat berasal dari sejumlah sumber yang berbeda, seperti wawancara user, usability testing, support requests, dan percakapan umum dengan user. Hal ini dapat memberikan wawasan dan saran secara langsung yang dapat membantu dalam memahami bagaimana dampak dari produk yang telah dibuat dalam memecahkan suatu masalah dan juga bisa jadi masih ada masalah baru yang tidak disadari.

Referensi :