Bagaimana cara Penyelesaian Masalah dengan pelanggan?

ketika membangun produk, tujuan utama kita haruslah menyelesaikan masakah pelanggan. Jika kita tidak menyelesaikan masalah mereka, dan tidak membawa sesuatu yang baru ke kehidupan sehari-hari mereka, kemungkinan besar mereka tidak akan menggunakan produk kita. Dengan cepatnya perkembangan dari teknik desain, tim UX mendapatkan alat untuk mengenal pengguna dan mendapat dasar dari yang mereka inginkan lebih cepat dalam prosesnya.

Ada banyak yang kamu dan tim kita bisa gunakan untuk mengenal pelanggan, dan memahami bagaimana kamu bisa menyelesaikan masalahnya:

Grup Fokus. Jika kamu membuat sebuah produk baru, undang sekumpulan orang yang menggunakan produk kompetitiormu dan tanya mereka mengenai kekurangannya, dan juga hal yang mereka sangat suka, dan cobalah untuk memahami perubahannya dan mengapa. Jika kamu mengembangkan sebuah produk yang sudah ada atau menambahkan fitur baru, kenapa kamu tidak mengundang pelangganmu dan menanyakan hal yang sama? Grup fokus bagus untuk mulai mengembangkan pemahaman dari hal yang pelangganmu mungkin inginkan dari produkmu. Namun ingat, grup fokus bisa jadi bias, selalu ada seseorang dengan opini kuat yang mungkin mempengaruhi yang lain, jadi kamu harus tahu batasnya.

Ideation workshop. Kumpulkan timmu (termasuk stakeholder) dan tunjukkan poin kelemahan yang ditemukan. Kamu juga harus mencoba untuk mencetak sebanyak mungkin hal yang telah kamu pelajari sejauh ini tentang visi yang didefinisikan dan tujuan bisnis. Pasang di dinding sehingga semuanya bisa melihat dengan jelas. Di sesi ini tanya semua orang untuk menggambar sebanyak mungkin solusi karena merreka dapat berpikir untuk penyelesain masalahnya. Kamu mencari kuantitas, bukan kualitas.

Prototyping and user testing. Idealnya, kamu harus bisa membuat prototype setidak tiap minggu. Sekarang, tim UX dan pendesain UX biasanya menghabiskan lebih banyak waktu membuat sketsa dan kertas penguji atau menggunakan kerangka sederhana ketimbang menghabiskan waktu lebh panjang di belakang komputer membuat keputusan mereka sendiri. Buat tim UX untuk menggunakan prototype secepat mungkin dalam proses mendapatkan umpan dari pengguna. Guerilla testing adalah cara yang bagus dan efektif untuk mengetes desain awal dan hampir tidak memakan usaha apapun.