Bagaimana Cara Pemijahan Indukan Ikan Manfish ?

Ikan Manfish

Langkah-langkah dalam melakukan pemijahan ikan manfish antara lain adalah sebagai berikut :

  • Masukkan paralon sebagai substrat (tempat bertelur indukan betina manfish nantinya)
  • Masukkan indukan ikan dalam setiap akuarium dengan perbandingan 1 : 1 (satu jantan dengan satu betina dalam satu akuarium)
  • Anda akan melihat kedua indukan akan bekerjasama membersihkan permukaan pralon yang nantinya akan digunakan untuk menempelkan telur dari betina.
  • Setelah itu betina akan menempelkan telur-telurnya pada paralon dan pejantan akan bolak-balik keatas dan kebawah untuk menyemprotkan spermanya pada telur-telur tadi
  • Proses ini akan dilakukan berulangkali hingga seluruh telur telah terbuahi.

Telur yang sudah dibuahi itu nantinya anda pindahkan ke tempat baru.

Bagaimana menurut anda ?

sumber: https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-ikan-angelfish

Agar budidaya ikan manfish (angelfish) berjalan lancar seperti di alamnya, tempat pemijahan harus di lengkapi dengan tanaman mengapung seperti enceng gondok, hal ni supaya gelap dan berjalan lancar.

Karena ikan manfish suka tempat yang gelap, untuk akuarium bisa di tempel dengan kertas gelap. Ikan manfish biasanya bertelur malam hari ketika suasan tenang dan sepi. Induk betina akan segera meletakkan telurnya di tempat penempelan telur yang di sediakan.

setelah itu induk akan bergantian menjaga telur-telur tersebut. Gerakan ini sangat posistif untuk memberikan tambahan zat asam pada telur. Yang perlu diperhatikan jangan sampai membuat kaget si ikan, karena bisa-bisa akan memakan telur, anakan dan burayak ikan manfish ini.

Setelah 24 - 40 jam pada suhu 27 - 31 derajat C, telur yang berjumlah 300 - 400 butir itu akan menetas.Oleh induknya, ikan burayak ini akan dikumpulkan oleh induknya di tempat persembunyian. Misalnya di permukaan daun atau pralon dengan terlebih dahulu melengkapinya dengan lendir pada tengkuaknya.