Bagaimana cara oodinium sp menginfeksi ikan? Bagaimana perawatan ikan yang telah terinfeksi?

Oodinium sp, dikenal sebagai parasit yang dapat menginfeksi ikan ketika mengalami kondisi stres. Penggolongan Oodium sp ini dimasukkan dalam jenis Flagellate kategori protozoa. Tetapi Oodinium sp juga dapat dimasukkan dalam golongan algae, karena parasit jenis ini memiliki klorofil. Oodinium sp dapat menyerang pada jenis ikan air tawar dan air laut. Oodinium piluraris dan oodinium limneticum menginfeksi ikan air tawar, sedangkan Oodinium ocellatum menginfeksi ikan air laut.

Seperti halnya parasit lain, Oodinium sp akan muncul ketika kualitas air jelek di dalam akuarium atau kolam. Oodinium sp akan mencari ikan sebagai inang untuk dia melangsungkan hidupnya. Ikan yang dipilih oleh parasit ini yaitu ikan yang mengalami penurunan imunitas dan ikan yang stres. Oodinium sp akan menempel pada ikan tersebut dengan menggunakan flagel, kemudian parasit ini akan masuk ke dalam kulit dan selaput lendir pada insang ikan melalui kaki penghisapnya. Kaki penghisap ini akan merusak sel-sel di sekitar dan menghisap nutrisi pada dinding ikan untuk makanannya. Setelah Oodinium sp menjadi dewasa, parasit ini akan melepaskan diri dari inangnya (ikan yang ditumpanginya) dan dilepaskan di dalam perairan. Parasit akan berenang bebas dan akan membelah diri menjadi sel baru yang siap mencari inang.

  • Karantina / isolasi ikan yang terinfeksi
  • Nyalakan lampu akuarium selama pengobatan
  • Tingkatkan suhu di dalam akuarium untuk menjaga kelembaban akuarium
  • Tambahkan garam laut pada akuarium ikan air laut, yang secara tidak langsung akan membantu pernafasan ikan. Berikan SEA SALTS PRODAC OCEAN FISH merupakan garam laut yang mengandung campuran elemen penting yang sama dengan air laut alami. Kandungan yang terdapat di dalam SEA SALTS PRODAC OCEAN FISH dapat larut dengan cepat meski menggunakan air kran.
  • Hentikan penggunaan karbon filter selama perawatan
  • Berikan pengobatan antiparasit terhadap ikan yang terinfeksi. Anda dapat memberikan SANIFISH OODINY merupakan water treatment untuk membantu menangani infeksi parasit akibat Oodinium ocellatu, Oodinium pillularis, chilodonella, costia, trichodina, cryptocaryon, serta menanggulangi jamur akibat infeksi sekunder pada ikan air laut atau ikan air tawar.

Water treatment ini biasanya mengandung malachite green untuk membasmi infeksi akibat jamur, parasit dan bakteri. Malachite green merupakan pewarna triphenylmethane dari golongan rasamilin. Kandungan malachite green di dalam water treatment sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit parasit dari ichtyobodo, trichodina, dan white spot, serta dapat digunakan sebagai fungisida (anti jamur). Malachite green mempunyai efek sinergis apabila diberikan bersama dengan formalin. Bahan ini akan berbahaya jika diberikan melebihi dosis pada ikan. Penggunaan malachite green sebagai pengobatan antiparasit disarankan berupa larutan dengan konsentrasi 1%. Kandungan malachite green SANIFISH OODINY kurang dari 1% dan berupa larutan, sehingga aman digunakan sebagai anti parasit.

http://www.rajapetshop.com/en/news/OODINIUM-SP-PARASIT-PADA-IKAN-HIAS-AIR-LAUT-DAN-AIR-TAWAR