Bagaimana cara merespon dan bersikap atas kritik yang menjatuhkan diri kita ?

hubungan_interpersonal
perilaku_sosial
kecerdasan_sosial

(Fifi Ok) #1

kritik yang menjatuhkan

Dikehidupan sehari-hari, komunikasi adalah jalan pembuka hati antar manusia. terkadang ada beberapa orang memberikan kritikan yang menjatuhkan , bagaimana merespon dan bersikap atas kritikan tersebut ?


(Amalia Laisa) #2

Cara yang paling penting didalam menghadapi kritik, terutama kritik yang menjatuhkan adalah menghadapinya dengan proaktif, tidak dengan reaktif. Hal ini membutuhkan kecerdasan emosional yang baik dan sama seperti kecerdasan lainnya, mereka membutuhkan latihan untuk menjadi baik.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menghadapi kritik yang menjatuhkan kita adalah dengarkan kritik tersebut dengan baik. Dengan mendengarkan dengan baik, maka kita dapat menganalisis dengan lebih baik apakah kritik tersebut benar-benar “menjatuhkan” kita atau malah sebetulnya berguna bagi kita.

Ketika mendapatkan kritik, orang yang mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi, akan tetap bersikap tenang. Mereka hanya melihat apakah kritik yang disampaikan merupakan kritik yang benar-benar dapat membangun personality mereka atau kritik tersebut hanyalah sekedar “omong kosong”. Apabila kritik tersebut membangun, mereka akan sangat berterimakasih, tetapi apabila kritik tersebut hanyalah “omong kosong” belaka, maka mereka akan berlalu tanpa memperdulikan kritik tersebut.

Yang terakhir, untuk dapat bersikap tenang, cara termudah yang dapat kita lakukan adalah jangan terlalu dimasukkan ke hati, atau dengan kata lain, Don’t take it personally. Ketika kita terlalu memasukkan ke hati, maka bisa jadi yang melakukan analisis terhadap kritikan tersebut adalah “nafsu” kita, bukan “akal” kita.


(Gamal Hadi) #3

Pada dasarnya, tidak ada orang yang suka dikritik. Tetapi sayangnya, kritikan adalah sebuah fakta kehidupan, yang sulit bagi kita untuk menghindarinya. Untuk dapat menanggapi kritik dengan baik merupakan keterampilan hidup yang sangat penting dimiliki oleh sedikit orang.

Jika kita menanggapi kritik tanpa melakukan pertimbangan yang baik, kritikan tersebut dapat dengan mudah mengarah pada penderitaan diri yang tidak perlu.

Beberapa hal yang dapat kita perhatikan apabila mendapat kritik dari orang lain, antara lain :

1. Apa yang dapat saya pelajari dari Kritik tersebut ?

Sebagian besar kritik mungkin didasarkan, setidaknya sebagian, pada beberapa kebenaran. Kritik mungkin tampak negatif. Namun, melalui kritik kita memiliki kesempatan untuk belajar dan meningkatkan diri.

2. Nilai kritik yang diberikan.

Ketika orang-orang mengkritik diri kita, kita akan merasa buruk atau tertekan. Sebetulnya permasalahannya bukan pada kritik tersebut, tetapi pada apakah kritik tersebut membangun atau tidak ? Terkadang kita terlalu cepat menilai semua kritik yang ditujukan pada diri kita adalah kritik yang merusak atau menjatuhkan diri kita.

3. Jangan Menanggapi Segera

Menilai sebuah kritik membutuhkan waktu untuk memprosesnya. Oleh karena itu sebaiknya tunggu sebentar sebelum anda merespon kritik tersebut. Jika kita menanggapi dengan perasaan marah atau terluka, kita akan segera menyesalinya. Jika kita menunggu dengan sabar, itu memungkinkan kita untuk merenung dengan cara yang lebih tenang.

4. Abaikan Kritik Palsu.

Terkadang kita dikritik tanpa pembenaran dan itu adalah pengalaman yang menyakitkan. Pilihan anda adalah menyendiri dan hanyut dalam perasaan bersalah atau mengabaikannya sepenuhnya. Kita harus mempunyai prinsip bahwa kritik yang menjatuhkan sama seperti ketika seekor semut. Tetap diam dan abaikan sesegera mungkin, maka kita akan tetap mempertahankan martabat yang akan dihormati orang lain.

5. Senyum

Tersenyum, bahkan senyum palsu, dapat membantu kita lebih rileks. Ini menciptakan getaran yang lebih positif dan memperhalus situasi. Ini pasti akan membantu secara psikologis. Tersenyum akan memotivasi orang lain untuk memoderasi pendekatan mereka.