Bagaimana cara merawat kulit wajah berminyak dengan tepat?

Memiliki kulit berminyak membuat wajah terlihat kusam. Hal ini juga membuat makeup susah menempel dan mudah luntur. Tidak hanya itu, wajah berminyak juga biasanya identik dengan timbulnya komedo dan jerawat.

Minyak di kulit wajah manusia sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit. Namun, ketika terlalu banyak, kulit jadi tersumbat sehingga memicu jerawat. Ada juga faktor lain yang menyebabkan jerawat, termasuk stres dan perubahan aktivitas hormon, wanita hamil, dan mereka yang menggunakan pil kontrasepsi.

Namun, kulit berminyak untungnya lebih sedikit memunculkan keriput sehingga membuat terlihat lebih muda, dibanding dengan orang yang punya kulit normal atau kering.

  1. Cuci muka dengan benar
  • Sebagai cara merawat kulit berminyak yang paling dasar, silakan cuci muka Anda dengan air hangat. Air hangat dapat mengangkat minyak lebih baik dari air dengan suhu normal.
  • Setelahnya, pilih produk pembersih yang tepat. Apakah Anda lebih menyukai pembersih cair atau pembersih sabun batangan, semua boleh dipakai, yang penting hindari produk pembersih yang mengandung pelembap. Sabun batang sebenarnya lebih efektif tapi ada banyak juga sabun cair yang diformulasikan untuk kulit berminyak.
  • Jika Anda memiliki kulit berminyak dan berjerawat, pilih sabun antibakteri yang diformulasikan dengan benzoil peroksida atau triclosan. Zat ini mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  • Gunakan produk pembersih yang mengandung asam alpha-hidroxy (AHA) seperti asam sitrat, asam laktat, atau asam glikolat. AHA dapat membantuk mengelupas sel-sel kulit mati serta mengurangi minyak di pori pori.
  1. Buat toner Anda sendiri
  • Setelah mencuci muka, Anda bisa merendam kapas dengan minyak yang mengandung witch hazel sebagai cara merawat wajah berminyak. Setelah direndam, oleskan di wajah. Gunakan dua kali sehari selama dua sampai tiga minggu. Setelah minggu ketiga, gunakan sekali sehari. Witch hazel mengandung tanin, yang memiliki efek astringent, membuat pori-pori jadi lebih kencang, minyak pun keluar lebih sedikit.
  • Daun mint juga dapat menjadi bahan untuk membuat toner sendiri yang tentunya bisa menjadi cara merawat kulit berminyak. Coba rendam herbal tersebut dengan air mendidih, biarkan selama 30 menit, kemudian saring dan ambil cairannya saja. Setelah dingin, oleskan secara merata pada wajah Anda. Jika ada cairan yang tersisa, cairan tersebut dapat disimpan selama tiga hari ke depan di dalam suhu ruangan, bahkan lima hari jika dimasukkan ke dalam kulkas.
  1. Pijat lembut wajah Anda
    Serbuk dengan butiran halus (scrub) dapat membantu menyerap minyak dan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Anda bisa melakukan scrubbing pada kulit wajah dengan rutin sebagai salah satu cara merawat kulit berminyak. Caranya, giling dan saring 2 sendok teh oatmeal kering, kemudian kemudian campurkan dengan minyak witch hazel agar menjadi sebuah adonan kental. Pijat wajah Anda menggunakan adonan ini dengan lembut, kemudian bilas bersih dengan air hangat.

Sumber: