Bagaimana cara merawat kukang?

image

Apa makanan kukang yang baik untuk kesehatannya?

  • Yang Pertama kita harus memperhatikan kandang/tempat kukang tersebut hidup. Apabila kita ingin memelihara kukang, kandang atau tempat kukang tersebut harus besar dan kita menyediakan/membuat tempat biar kukang tersebut dapat meloncat-loncat dengan bebasnya.
    Apabila ada pohon ditempat kukang tersebut akan lebih baik karena akan lebih alami. saya sarankan untuk memelihara kukang lebih baik dihalaman. namun apabila dikandang sebaiknya kita menyediakan daun-daun kering untuk kukang tersebut tidur dan harus diperhatikan kebersihan dari kandang tersebut.

  • Yang Ke Dua kita harus memperhatikan makanan kukang tersebut. Pada dasarnya kukang sangat suka buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Namun dalam pemberian makanan kita harus melembutkan makanan tersebut dan langsung dicampurkan air. perlu diperhatikan disini, dalam pemberian air tidak boleh terlalu banyak karena akan mengakibatkan tekstur makanan menjadi benyek. Kukang sangat tidak suka dengan makanan benyek, maka dari itu kita harus pandai mengira-ngira memberikan air dalam makanan yang sudah dihaluskan untuk makanan kukang. Berilah makanan kukang dalam porsi lebih banyak pada saat malam hari dan jangan lupa mencampurkan madu dalam makanan tersebut atau memberikan langsung madu tersebut dalam kurung waktu 2x/minggu. namun apabila kita memilih untuk memberikan langsung kita harus sabar karena kukang akan susah dibuat diam.

  • Yang Ke Tiga kita tidak boleh menyentuh/memegang kukang terlalu sering karena sifat kukang yang mudah stres, maka dari itu kita harus meminimalkan dalam memegang/menyentuh kukang. tingkat kestresan kukang dapat dilihat dari kurangnya nafsu makan kukang dan kurangnya gerak/tidak lincahnya kukang tersebut (walaupun ketidak lincahan kukang tersebut bisa dikarenakan kesehatan dari kukang tersebut). Perlu diketahui bahwa dna kukang dengan dna kita (manusia) itu mirip maka dari itu apabila dekat kukang (jarak kurang dari 1M) dan menyentuh kukang jangan lupa mengunakan masker dan sarung tangan. Karena apabila kukang tersebut sakit maka akan penyakit tersebut akan cepat tertular ke kita.

  • Yang Ke Empat kita harus memperhatikan kesehatan kukang
    untuk menjaga kesehatan kukang, kita harus memperhatikan kebersihan dari kadang/tempat kukang tersebut. setidaknya 2x sehari kita harus membersihkan kandang tersebut.
    Selain menjaga kebersihan kukang, kita juga harus memberikan vitamin kepada kukang agar kondisi kesehatan kukang tersebut lebih fit lagi.
    Penyakit yang sering menyerang kukang adalah diare dan dehidrasi yang dapat berakibat kematian. Untuk melihat apabila kukang tersebut mengalami penyakit diare bisa dilihat dari tekstur kotoran kukang tersebut. apabila tekstur kotoran tersebut benyek dan tidak bulat-bulat kecil (kotoran kukang keras bulat-bulat kecil seperti kotoran kambing) maka dapat dipastikan kukang tersebut sedang mengalami/menderita penyakit diare. dan bulu kukang akan rontok apabila kukang tersebut terserang dehidrasi.