Bagaimana cara merawat ikan lionfish yang baik ?

Bagaimana cara merawat lionfish yang baik di dalam akuarium ?

1. Memilih Air Dan Menjaga Kondisi Air Akuarium Tetap Jernih

Setelah jenis ikan hias terpilih untuk dipelihara, langakah selanjutnya memilih air. Air adalah tempat hidup ikan, jika air buruk maka kesehatan ikanpun kurang sehat, sebaliknya jika kondisi air baik maka ikan akan sehat.
Jika air untuk mengisi akurium dari sumur ataupun sungai, air harus diendapkan terlebih dahulu. Dan jika air PDAM / PAM maka tambahkan anti karporit terlebih dahulu.

Sedangkan untuk menjaga kondisi air tetap dalam kondisi bagus, air bisa diganti 2-3 minggu sekali.

2. Memilih Dan Memberi Pakan Ikan Dengan Baik

Selain air, pakan ikan juga perlu diperhatikan agar ikan hias dalam akuarium sehat. Pakan ikan bisa disesuaikan dengan jenis ikan yang dipelihara.

Pilihan yang terpenting untuk pakan ikan adalah yang berprotein tinggi, baik itu pakan olahan seperti palet maupun pakan ikan alami.
Untuk pakan olahan bisa dipilih di toko penyedia pakan ikan, sedangkan untuk pakan ikan alami ada beberapa jenis pakan yang bisa diberikan seperti kutu air, jentik nyamuk, cacing sutra ataupun yang lain.

Ketika pakan ikan sudah baik, anda harus memperhatikan pemberian pakan kepada sang ikan.
Sebaiknya dalam memberi ikan makanan jangan berlebihan, karena sisa makanan akan membuat keruh air akuarium yang pastinya akan mempengaruhi kesehatan ikan hias anda.

Memberi pakan ikan 2x sehari lebih bagus ketimbang 1x dengan dengan porsi yang berlebihan.

3. Menambahkan Peralatan Akuarium

Kenyamanan ikan akuarium juga harus diperhatikan, untuk membuat ikan hias nyaman didalam akuarium diperlukan beberapa peralatan tambahan.
Misalnya aerataor atau pompa udara…Sebenarnya fungsi aerator atau pompa udara adalah menyuplai udara ke dalam air akuarium, dan sekaligus menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pembakaran ke luar dari akuarium.
Penyaring air akuarium yang berfungsi air tetap jernih. Dan juga lampu akurium yang menjadikan akuarium anda semakin cantik.

4. Menambahkan Hiasan Akuarium

Untuk memepercantik tampilan akuarium, bisa ditambahkan beberapa hiasan akuarium, seperti pasir, bebatuan, tumbuhan air dan juga karang. Yang terpenting hiasan akuarium tidak mengganggu si ikan hias ketika berenang.

sumber :