Bagaimana cara merawat Ikan Discus yang baik ?

ikan discus

Perawatan ikan discus lebih ekstra dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Anda perlu menyiapkan aquarium yang cukup besar dengan suplai air bersih yang stabil. Persyaratan dasar adalah memiliki aquarium dengan ukuran minimal 1 meter. Bagaimana cara merawat Ikan Discus yang baik ?

Faktor yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan discus :

Akuarium

  1. Kelengkapan akuarium harusdiscus8 diperhatikan, terutama sistem filtrasi, water heater (bila suhu ruangan dibawah suhu kamar), dan termometer air – ikan discusdiscus10 umumnya hidup pada suhu yang lebih hangat, tetapi kestabilan suhu jauh lebih penting
  2. Parameter air harus stabil baik kesadahannya maupun suhunya (kondisi ini yang perlu dijaga).
    3.Kualitas air harus benar-benar diperhatikan, pada masa-masa awal, sebaiknya air dikuras (minimal 50%) seminggu sekali dan selalu menambahkan garam ikan secukupnya (bila filter sudah bekerja optimal, biasanya kualitas air relatif lebih stabil, sehingga frekuensi dan volume pengurasan air dapat dikurangi.
  3. Sebaiknya menggunakan hanya filter biologi yang terbagi menjadi 3 kamar/ruang, yaitu r.1 filter kasar (busa yang bagus), r2 filter biologi berupa bioball (lapisan atas) dan bioceramic (lapisan bawah), dan r3 tempat pengendapan — // saya menerapkan model filter untuk ikan koi dalam skala mini.

Pakan

  1. Pilihlah pakan yang bertekstur halus.
  2. Kita dapat “melatih” ikan discus untuk makan langsung dari tangan dengan cara bertahap dan menghindari gerakan-gerakan tangan yang dapat mengagetkan ikan discus. Bila hal tersebut berhasil, makaikan discus tidak lagi mudah stress dan terlihat “jinak” (cara tersebut sama prakteknya dalam menjinakan ikan koi).

Menggabungkan ikan discus dengan ikan hias lain dalam satu akuarium.
Ikan discus harus diperlakukan sebagai penghuni lama (memasukan ikan lain belakangan) untuk menghindari stress berlebih yang berakibat mogok makan, lebih parahnya lagi pakan disambar oleh ikan lain sehingga ikan discus tidak kebagian. Pada kondisi tersebut, daya tahan ikan discus akan menurun, sakit/terserang penyakit dan berisiko mati). Dengan demikian, sebaiknya kita tidak perlu memaksakan keinginan untuk menggabungkan ikan discus dengan ikan hias lain dalam satu akuarium.