Bagaimana cara merawat gigi palsu agar tidak kuning?

image

Gigi memiliki peran yang cukup dominan, memiliki gigi yang rapi, putih dan sehat menjadi nilai plus pada diri seseorang. Bagaimana cara merawat gigi palsu agar tidak kuning?

cara merawat gigi palsu agar tidak kuning dan nampak putih dan bersih:

  1. Rutin Menggosok Gigi
    Kesehatan gigi tentu tidak lepas dari kebersihan yang anda lakukan. Hal ini juga berlaku pada gigi palsu anda. Menggosok gigi secara rutin selain menjadi cara merawat gigi berlubang, juga dapat menjadi cara merawat gigi palsu agar tidak kuning. Anda cukup rutin membersihkan gigi dengan cara menyikatnya setelah makan saja. Minimal menggosok gigi dilakukan 2 – 3 kali dalam sehari, yaitu di pagi, siang dan malam hari.

  2. Gunakan Sikat Gigi Khusus
    Jika saat ini anda sedang menggunakan gigi palsu, maka pemilihan sikat gigi juga harus anda perhatikan selain melakukan cara menyikat gigi dengan benar. Umumnya sikat gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi palsu memiliki bulu sikat yang lebih halus dan lembut. Karena apabila sikat gigi yang anda gunakan memiliki bagian yang kasar tentu akan menggores ke permukaan gigi palsu yang akan meninggalkan bekas baretan. Sehingga lapisan kilap pada gigi palsu akan rusak dan menyebabkan gigi nampak lebih kuning dari aslinya.

  3. Merendam Gigi Palsu
    Bagi anda yang menggunakan gigi palsu lepasan, maka cara merawat gigi palsu agar tidak kuning bisa anda lakukan dengan merendam gigi palsu setelah digunakan. Anda bisa merendamnya pada air hangat atau cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan gigi palsu. Karena gigi palsu yang kering bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri sehingga gigi palsu terlihat kuning dari aslinya. Cara ini juga dapat dilakukan untuk cara mengatasi gigi palsu yang bau.

  4. Gunakan Alat Pembersih Gigi Palsu
    Alat pembersih gigi palsu ini bisa anda gunakan ketika selesai makan. Sisa-sisa makanan yang menempel pada sela gigi palsu tak urung bisa menyebabkan permasalahan baru misalnya saja penumpukan plak yang menyebabkan gigi palsu menjadi kuning. Anda bisa menggunakan alat ini untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada sela gisi palsu. Gunakan alat pembersih gigi palsu sesuai dengan anjuran dokter gigi. Jangan gunakan merek lain yang belum dikenal karena dapat merusak struktur gigi palsu anda.

  5. Perawatan Ultrasonic
    Cara merawat gigi tambalan agar tidak kuning yang satu ini bisa anda lakukan ke dokter spesialis gigi langganan anda. Cara ini digunakan untuk membersihkan gigi dari endapan dan noda yang menempel pada gigi. Karena alat ini bisa menjangkau sampai ke sela gigi terdalam yang tidak bisa dijangkau oleh bulu sikat gigi. Maka perawatan gigi palsu ini sangat efektif untuk menghindari terjadinya kuning pada gigi palsu yang anda gunakan.

  6. Hindari Makanan Penyebab Gigi Kuning
    Sejumlah makanan memang dapat berpotensi menyebabkan gigi menjadi kuning. Hal ini juga patut anda waspadai tatkala menggunakan gigi palsu. Sebaiknya ketahui dahulu apa saja makanan yang membuat gigi kuning berikut ini. Hindari makanan tersebut dan ganti dengan makanan yang memutihkan gigi ini.

sumber: https://halogigi.com/