Bagaimana cara merawat Burung Pleci pada musim hujan ?

burung

(amrta ageng subarkah) #1

Burung Pleci

Burung Pleci atau Zosterops merupakan marga penciri burung kacamata, dan memiliki jumlah anggota terbesar. Secara tradisional, genus ini dimasukkan ke dalam suku Zosteropidae; namun berdasarkan kajian filogeni terbaru, bisa jadi kelompok ini merupakan bagian dari suku Timaliidae.

Daerah persebarannya adalah di wilayah tropika Afrika, Asia (Indomalaya), dan Australia bagian utara. Panjang tubuhnya (dari ujung paruh hingga ujung ekor) berkisar antara 8–15cm. Ciri yang paling jelas adalah adanya lingkaran (garis) putih yang mengelilingi mata, meskipun ada beberapa jenisnya yang tidak memilikinya. Nama marganya berasal dari kata Yunani zosterops, yang berarti ”sabuk mata”.(wikipedia)

Bagaimana cara merawat Brung Pleci pada musim hujan ?


(Aditya Reza Firdaus) #2

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merawat burung pleci ketika musim hujan datang antara lain :

  1. Pindahkan sangkar burung Pleci ke tempat yang hangat
    Cara ini dilakukan untuk menghindari udura dingin yang bisa kepan saja masuk dan menyerang Pleci. Jadi, untuk menghindarkan Pleci dari udara dingin, Anda harrus senantiasa menempatkan sangkar Pleci pada ruangan yang hangat atau tidak terkena udara dingin. Jika Anda tidak memiliki ruangan tersebut, Anda juga menempatkan sangkar Pleci di dalam rumah Anda selagi hujan.

  2. Memandikan burung Pleci
    Saat musim hujan, Pleci umumnya akan mandi sendiri tanpa perlu Kita atur. Jadi, untuk menyikapi hal ini, Anda hanya perlu mengganti air cepuk di sangkar Pleci saja. Hal ini untuk menjaga kesehatan Pleci itu sendiri.

  3. Maksimalkan proses penjemuran
    Karena musim hujan, otomatis sinar matahari akan langka. Jadi, sebisa mungkin Anda harus memaksimalkan proses penjemuran Pleci. Kendati sinar matahari tersebut redup, Anda harus tetap menjemur Pleci untuk menjaga birahi dan kesehatan tubuhnya agar tetap terjaga.

  4. Memberik makan burung Pleci
    Saat musim hujan, Anda harus tetap menjaga pola makan dan asupan pakan yang masuk ke tubuh Pleci. Pasalnya, dengan cara seperti kondisi tubuh Pleci akan tetap sehat dan terjaga. Oh ya, jangan lupa, Anda juga wajib mengecek setiap cepuk pakan. Jika ada genangan air hujan pada cepuk, Anda wajib mengganti pakan yang ada disana dengan segera.