© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara merawat burung parkit yang baik ?

burung parkit

Bagaimana cara merawat burung parkit yang baik ?

Sediakan pelet sebagai makanan utama bagi burung parkit Anda. Meskipun di alam bebas biji-bijian biasa dimakan oleh burung parkit, namun biji-bijian juga merupakan sumber infeksi bakteri yang dapat berbahaya bagi kesehatan dan jangka usia burung parkit Anda. Bakteri yang ada dalam tubuh burung parkit dapat berkembang dan jumlahnya meningkat seiring berjalannya waktu, sehingga mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti 60 sampai 70 persen makanan burung parkit Anda dengan pelet.[20] Saat mengubah pola makan burung parkit, dari biji-bijian menjadi pelet, burung parkit Anda mungkin pada awalnya enggan untuk memakan pelet yang diberikan. Namun, 90 persen burung parkit akhirnya mau memakan pelet yang diberikan setelah dua minggu.

Beri tambahan makanan bagi burung parkit Anda dengan campuran biji-bijian, buah-buah dan sayuran segar. Seperti halnya biji-bijian, buah-buahan dan sayuran segar yang diberikan pun harus beragam, seperti kubis, bit, kacang hijau, wortel, peterseli, ubi yang telah dimasak, potongan apel, jeruk mandarin atau jenis jeruk lainnya, dan lain-lain.

Selalu ganti makanan dan air untuk burung parkit Anda setiap hari. Sebelum Anda mencoba melatih burung parkit Anda untuk dapat bertengger di jari Anda, terlebih dahulu biarkan ia terbiasa dengan lingkungannya dan juga Anda sendiri saat mengganti makanan dan minumannya, serta mengurus kandangnya.

Berikan burung parkit Anda cemilan. Jawawut (atau sprays) dapat menjadi cemilan yang tepat bagi burung parkit Anda. Namun pastikan bahwa Anda tidak memberinya terlalu banyak jawawut (hanya berikan tangkai jawawut dengan panjang sekitar 1,5 sentimeter per harinya) karena jawawut dapat membuat burung parkit Anda gemuk, seperti halnya junkfood.

Bersosialisasilah dengan burung parkit Anda. Burung parkit membutuhkan teman sehingga Anda perlu meluangkan setidaknya 90 menit sehari—meskipun tidak harus selalu selama itu—untuk mengobrol atau berinteraksi dengan burung parkit Anda. Anda juga dapat memberikan latihan klik (clicker training, latihan dengan menggunakan bunyi seperti klik untuk mendorong hewan agar dapat melakukan sesuatu atau bersikap dengan baik) pada burung parkit Anda

Berikan burung parkit Anda waktu untuk bermain di luar kandang. Meskipun burung parkit Anda dapat terbang di dalam kandangnya sendiri, namun membiarkannya berada di luar kandang untuk terbang bebas adalah hal yang baik.

Jagalah situasi saat burung parkit sedang tidur agar ia dapat tidur dengan nyenyak. Burung parkit tidur selama kurang lebih 10 jam sehari, dan seringnya mereka tidur di malam hari meskipun terkadang mereka pun tidur siang. Saat burung parkit Anda sedang tidur, usahakan tidak ada banyak suara bising.

Jagalah suhu udara ruangan. Burung parkit sangat rentan terhadap perubahan suhu udara yang drastis. Meskipun mereka dapat bertahan dengan suhu rata-rata di dalam rumah, namun selalu pastikan bahwa di kandang mereka terdapat tempat yang teduh dimana mereka dapat beristirahat. Cobalah atur suhu ruangan Anda agar tidak lebih tinggi dari 27°C.

Selalu teliti dan bertanggung jawab dalam merawat burung parkit Anda. Meskipun ada banyak hal yang perlu dilakukan dalam merawatnya, namun burung parkit dapat menjadi teman yang lucu dan penuh dengan kasih sayang. Kebanyakan akan berbicara dan seberapa banyak kata-kata yang dapat mereka pelajari akan bergantung pada Anda.

Beberapa tips tambahan dalam merawat burung parkit adalah sebagai berikut :

  • Jika Anda sering bepergian, pastikan burung parkit Anda memiliki teman (belilah seekor burung parkit lagi untuk dijadikan temannya) karena mereka dapat merasa kesepian. Perasaan ini sudah jelas tidak menyenangkan bagi hewan-hewan yang senang bersosialisasi seperti burung parkit karena di alam bebas, burung parkit dalam kelompok besar. Saat Anda pergi, Anda dapat memutar musik (dan mungkin juga mengatur penghitung waktu otomatis untuk mematikan pemutar musik) agar burung parkit Anda tidak merasa kesepian. Sebagai tambahan, musik yang lembut dapat membantu burung parkit untuk beradaptasi dengan tempat tinggal barunya—yaitu rumah Anda.

  • Saat mengisi mangkuk atau cangkir biji-bijian, jangan terlalu banyak mengisinya. Isi biji-bijian sampai bagian bawah cangkir terisi, dan tidak perlu sampai penuh. Dengan cara ini Anda dapat mengatur kuantitas makanan bagi burung parkit Anda, serta Anda tidak akan banyak membuang makanan. Ini juga dapat mencegah burung parkit Anda untuk banyak menggali biji-bijian di mangkuk makanannya sehingga tidak tumpah kemana-mana.

  • Setelah membeli burung parkit, bawalah burung tersebut untuk diperiksa di dokter hewan terlebih dahulu. Pemeriksaan kesehatan ini setidaknya harus dilakukan setahun sekali. Dapatkan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter dan sebelum Anda mendapatkan hasil pemeriksaan dari dokter, pisahkan burung parkit yang baru Anda beli di kandang terpisah (jika Anda memelihara lebih dari satu ekor burung) agar burung yang Anda miliki sebelumnya tidak terjangkit penyakit yang dibawa oleh burung baru tersebut. Anda baru dapat memasukkan burung parkit baru Anda di kandang yang sama dengan burung lama Anda setelah Anda yakin bahwa burung tersebut sehat dan tidak membawa penyakit.

  • Jangan pernah biarkan burung parkit Anda melihat ke luar melalui jendela yang terbuka. Ia bisa terbang keluar dan mungkin menghadapi bahaya saat di luar sana.

  • Terdapat banyak jenis pelet yang tersedia untuk burung parkit Anda dengan rasa yang beragam. Anda mungkin perlu mencoba memberikan jenis pelet yang berbeda untuk mengetahui jenis pelet mana yang disukai oleh burung parkit Anda. Beberapa jenis nampak seperti makanan kelinci, atau berbentuk bulat dan terlihat seperti biji-bijian. Ada juga jenis pelet yang ditawarkan dalam bentuk bubuk, atau remah-remah seperti remah roti. Selain bentuk, pelet juga tersedia dalam berbagai ukuran. Cobalah memotong pelet yang ukurannya besar ke dalam ukuran yang beragam, dari besar ke kecil (bubuk), dan berikan pada burung parkit Anda. Setelah itu, lihatlah pelet dengan ukuran mana yang lebih disukai oleh burung parkit Anda.

  • Buatlah jeruji tali di jendela dan/atau berikan mereka boks bermain sebagai tempat bermain mereka di luar kandang. Anda juga dapat membeli atau membuat sendiri mainan yang dapat burung parkit Anda mainkan atau panjat saat berada di luar kandang. Disarankan untuk menyediakan tempat bermain (play gym) bagi burung parkit Anda sehingga mereka tetap dapat bermain saat Anda sedang sibuk mengerjakan sesuatu, namun pastikan Anda tidak benar-benar meninggalkan mereka tanpa pengawasan.

  • Potong dan rapikan sayap burung Anda agar ia tidak dapat terbang dan kabur. Namun berhati-hatilah untuk tidak memotong bulu darah (blood feather atau pin feather), yaitu bulu yang memiliki lapisan pelindung dan aliran darah. Potong juga kukunya jika sudah tajam. Anda juga dapat memotong paruhnya jika sudah terlalu tajam dengan menggunakan papan gosok. Ada baiknya untuk melakukan pemotongan, tanyakan terlebih dahulu pada dokter hewan.

  • Saat berada di dekat burung parkit Anda, jangan mainkan musik yang keras atau membuat gerakan tiba-tiba.

  • Jangan biarkan burung parkit Anda terbang atau berada di luar rumah.