Bagaimana cara merawat burung nuri irian yang baik dan benar?

burung

(Aditya Reza Firdaus) #1

image

Bagaimana cara merawat burung nuri irian yang baik dan benar?


(amrta ageng subarkah) #2

Hampir semua burung yang memiliki paruh bengkok seperti Burung Nuri memiliki banyak kelebihan dan daya tarik. Misalnya, burung tersebut biasanya mudah dijinakkan, memiliki kemampuan meniru suara manusia dan burung lain, memiliki bulu yang indah, serta mampu melakukan berbagai atraksi apabila dilatih.

Untuk memelihara burung jenis ini, kita biasanya membutuhkan kandang yang berukuran sedikit besar. Walau demkian, sebagian orang memutuskan untuk tidak menggunakan kandang besar melainkan hanya menggunakan tenggeran kemudian memberikan burung tersebut rantai atau tali agar tidak lepas.

Burung Nuri atau beberapa orang terkadang menyebutnya sebagai Burung Kasturi memiliki ekor yang melebar dan beratnya mencapai 200 hingga 240 gram. Dalam perawatannya, anda bisa membuat kandang yang berukuran 1 meter x 1 meter dengan kerangka kayu dan kawat ram.

Di dalam kandang, anda bisa menyediakan tempat makan dan tempat minum serta tempat bertengger. Burung jenis ini menyukai sayuran, pepaya dan biji-bijian seperti jagung muda kacang. Anda juga bisa memberikannya pelet lele.

Bagi anda yang memelihara sepasang Burung Nuri Kepala Hitam, sebaiknya di dalam kandang disertakan juga kotak kayu berukuran 35 cm x 20 cm x 20 cm yang diletakkan di pojok kandang dan diberikan serpihan serabut kelapa. Sarang tersebut akan digunakan Burung Nuri untuk bertelur dan berkembang biak.