Bagaimana cara menyembuhkan penyakit pemfigoid bulosa?

Pemfigoid bulosa merupakan penyakit langka yang menyebabkan munculnya gangguan pada kulit berupa lepuhan. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit ini?

Pengobatan Pemfigoid Bulosa
Pengobatan pemfigoid bulosa dilakukan untuk menekan sistem kekebalan yang menyerang jaringan kulit dan menyebabkan peradangan, meredakan gatal, dan agar kulit dapat kembali pulih secepat mungkin. Beberapa jenis obat yang biasanya dianjurkan dokter dalam kondisi ini adalah:

  • Obat golongan kortikosteroid. Obat ini tersedia dalam bentuk pil dan salep, di mana obat salep memiliki efek samping lebih sedikit daripada pil. Obat yang paling umum digunakan adalah prednisone. Waspadai penggunaan kortikosteroid dalam jangka waktu panjang, karena dapat memicu reaksi efek samping, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, katarak, dan tulang yang melemah.
  • Obat penekan sistem kekebalan (immunosuppressants). Obat ini menghambat tubuh memproduksi sel darah putih yang bertugas melawan penyakit. Obat ini juga digunakan untuk mengurangi dosis prednisone (kortikosteroid) yang dibutuhkan penderita, guna menghindari efek samping dari kortikosteroid. Beberapa contoh obat immunosuppressants adalah mycophenolate mofetil dan azathioprine.
  • Obat antiperadangan. Obat ini bisa digunakan dengan obat kortikosteroid. Beberapa contoh obat yang memiliki kandungan antiperadangan adalah tetracycline (antibiotik), methotrexate (obat untuk kondisi arthritis), dan dapsone (obat untuk lepra).

Jika tidak segera diobati, bula yang pecah dapat menjadi terinfeksi dan berkembang menjadi kondisi bernama sepsis, yaitu infeksi pada darah yang mengancam nyawa. Ketika pemfigoid bulosa muncul pada membran mukosa di area mulut atau mata, komplikasi yang muncul adalah jaringan parut pada area tersebut.

Penderita juga dapat melakukan beberapa langkah perawatan mandiri untuk menjaga kondisinya dari faktor-faktor risiko, seperti:

  • Menghindari paparan sinar matahari khususnya pada area kulit yang terkena pemfigoid bulosa.
  • Menghindari cedera yang bisa membuat kulit menjadi rapuh dan bula menjadi pecah. Lindungi bula yang pecah dengan menggunakan pelapis yang kering dan steril agar terhindar dari infeksi.
  • Perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Penderita pemfigoid yang memiliki bula di area mulut akan mengalami kesulitan makan khususnya ketika mengonsumsi makanan yang keras dan renyah, seperti keripik dan sayuran atau buah mentah. Makanan-makanan ini dapat memperparah gejala.

Sumber : Pengobatan Pemfigoid Bulosa