Bagaimana cara menyembuhkan Lentigo?

Lentigo adalah bintik hitam atau kecokelatan yang muncul di daerah kulit, seperti di wajah, lengan, atau punggung tangan. Bagaimana cara menyembuhkan Lentigo? image

Munculnya bercak hitam pada kulit, terutama kulit wajah, tentu akan mengganggu penampilan. Untuk mengatasi bercak akibat hiperpigmentasi tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan cara:

  1. Vitamin C dan asam kojik
    Obat-obatan yang mengandung vitamin C dan asam kojik mampu mencerahkan sekaligus mengurangi hiperpigmentasi kulit. Untuk itu,
    jika Anda mengalami hiperpigmentasi, segera cari informasi mengenai obat-obatan tersebut. Pasalnya, kandungan vitamin C dan asam kojik mampu menghambat enzim tirosinase yang berperan di dalam pembentukan melanin kulit gelap. Satu lagi yang perlu diingat, semakin cepat hiperpigmentasi ditangani makan semakin cepat pula kondisi tersebut menghilang.

  2. Laser atau chemical peeling
    Setelah menggunakan obat-obatan oles yang dikhususkan untuk mengatasi hiperpigmentasi, biasanya bercak akan memudar dan dapat menghilang dalam kisaran waktu tiga bulan. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, obat topikal tidak mampu mengatasi bercak-bercak hitam tersebut. Maka dari itu, penanganan lebih lanjut, seperti laser ataupun chemical peeling, kerap direkomendasikan dokter untuk menghilangkan bercak. Hanya saja perlu diketahui bahwa hiperpigmentasi melasma harus menghindari prosedur chemical peeling karena terapi ini hanya akan memperparah kondisi hiperpigmentasi tersebut.

  3. Memaksimalkan pelembap
    Sebagian krim pelembap yang dijual bebas bisa menjadi pilihan untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit. Meski begitu, dianjurkan untuk mengutamakan produk yang mengandung pelembap gliserin, asam hyaluronic, dan retinol. Obat atau krim yang mengandung retinol mampu meningkatkan regenerasi sel kulit. Bahan-bahan ini akan membantu zat pemutih untuk bekerja lebih efektif.