Bagaimana cara menyampaikan product roadmap yang baik?

Penyampaian sebuah product roadmap merupakan salah satu pertemuan paling penting antara seorang product manager dengan para stakeholder. Karena product manager akan meyakinkan para stakeholder dengan rencana dan tujuan yang akan ditetapkan kedepannya.

  1. Jangan menahan antusiasme anda!
    Anda tiba di rencana ini, serangkaian tujuan strategis ini, setelah penelitian yang tekun dan beberapa pemikiran serius dan brainstorming. Ini adalah rencana yang anda yakini merupakan kesempatan terbaik produk anda dan perusahaan anda untuk sukses. Selama anda dapat mendukungnya dengan logika dan data, antusiasme itu akan menyebar ke audiens anda juga.

  2. Bicara tentang visi strategis Anda!
    Jelaskan ‘mengapa’ di balik keputusan anda. Lebih baik lagi, meyakinkan audiens anda akan kebaikan di balik ‘alasan’ itu. Lihat dokumen roadmap produk anda, hanya setelah anda mengarahkan semua orang di ruangan ke pemikiran gambaran besar anda. Hanya dengan begitu rincian itu akan mulai masuk akal.

  3. Bercerita!
    Jelaskan kepada audiens bahwa anda telah mengidentifikasi masalah strategis yang penting untuk dipecahkan untuk pasar anda. Kemudian tunjukkan pada mereka bagaimana produk anda. Lalu tunjukkan ruang apa yang memecahkan masalah itu, dan membangun produk seperti yang anda bayangkan, itu akan berarti bagi perusahaan anda.

Referensi:
https://www.productplan.com/nail-product-roadmap-presentation/