Bagaimana cara menyamarkan kerutan halus di sekitar mata?

Saya memiliki kerutan halus disekitar mata. Dan apabila tersenyum, jadi semakin terlihat. Padahal saya masih berusia 21 tahun. Bagaimana cara menyamarkan kerutan halus tersebut?

  1. Oleskan krim atau serum mata
    Krim dan serum mata berfungsi untuk melembabkan area di sekitar mata. Dengan kondisi kulit yang lembab, maka keriput pun bisa teratasi dengan mudah. Krim bisa kamu oleskan setiap malam sebelum tidur, sedangkan serum bisa digunakan secara rutin minimal seminggu sekali saja.

  2. Menggunakan lap basah
    Menepuk-nepuk bagian kerutan dengan menggunakan lap basah ternyata juga cukup efektif untuk menghilangkan kerutan di wajah. Caranya basahi kain lembut dengan air hangat, kemudian tepuk-tepuk di bagian bawah mata ataupun dahi.
    Usahakan bagian keriput semuanya sudah ditepuk-tepuk secara merata. Cara ini sangat efektif dilakukan sebelum kamu tidur dan setelah bangun pada pagi harinya (sebelum beraktivitas).

  3. Konsumsi banyak air putih
    Air putih tidak hanya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh saja, akan tetapi ternyata juga cukup baik untuk menjaga kulit tetap lembab.
    Dengan keadaan kulit yang lembab ini, maka keriput pun bisa hilang. Idealnya menurut para ahli, kamu disatankan untuk konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari.

  4. Susu dan madu
    Susu dan madu merupakan sumber nutrisi yang cukup lengkap. Madu mengandung senyawa humektan yang dapat menyerap dan mempertahankan kelembaban kulit, sehingga bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan mengatasi munculnya keriput.
    Sedangkan susu mengandung asam laktat yang cukup tinggi. Kandungan asam laktat akan membantu membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat jauh di dalam pori kulit. Akibatnya, kolagen pun bisa disekresikan secara optimal.

  5. Eksfoliasi dengan jus lemon dan gula
    Jus lemon mengandung asam sitrat yang cukup tinggi, dimana kandungan ini bersifat abrasif dan bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab keriput di wajah. Selain itu, kandungan vitamin C pada lemon juga dapat bertindak meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah.

  6. Terapkan masker putih telur
    Putih telur merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Kandungan protein tersebut sangatlah berkhasiat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang mengalami kerusakan. Sehingga sangat baik untuk mempercepat regenerasi sel kulit baru.
    Selain itu, putih telur juga bersifat astrigen. Sifatnya inilah yang bisa membuat kulit nampak kencang dan terbebas dari masalah keriput. Bahkan dalam penggunaan 1 s.d 2 kali saja kamu sudah bisa menikmati hasilnya.

  7. Gunakan air lemon balm
    Lemon balm adalah ramuan dari keluarga tanaman mint. Tanaman yang satu ini mengandung senyawa yang bersifat astrigen. Senyawa tersebut bisa menghilangkan keriput dengan cepat, namun sifatnya hanya sementara.

  8. Cuci wajah dengan minyak zaitun
    Mencuci wajah dengan menggunakan minyak yang mengandung asam linoleat dapat membantu kulit agar tetap selalu terhidrasi, sehingga mampu mengurangi efek dari kerutan. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dan minyak wortel yang notabenya mengandung asam linoleat cukup tinggi.

  9. Pijat wajah secara rutin
    Pijat singkat bisa membantu menghilangkan keriput di wajah dengan cepat. Usahakan memijat hanya pada bagian kelenjar getah bening, hal ini bertujuan untuk menguras bersih kelebihan berat air di wajah. Sehingga kerutan pun bisa hilang dengan mudah.

  10. Pantau diet kamu
    Makanan-makanan yang kamu konsumsi saat melakukan diet, sebenarnya bisa sangat berpengaruh terhadap kualitas kulit. Makanan yang mengandung antioksidan cukup efektif untuk mencegah efek buruk radikal bebas, salah satunya adalah sinar matahari (UV).
    Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah berry (strawberry, blueberry, blacberry, dll), daging, telur, coklat, dan sebagainya. Selain itu penuhi pula asupan vitamin A, B kompleks, C, dan E. Kamu bisa mendapatkan semua nutrisi tersebut dari buah dan sayur.

Sumber: