Bagaimana cara menjodohkan burung kenari?

burung kenari

Beternak burung kenari termasuk sebagai usaha bisnis yang cukup menjanjikan. Jika dilihat dari banyaknya penggemar burung kenari, maka tentu prospek kedepannya terlihat cukup bagus. Lalu bagaimana cara mengawinkan kenari dengan baik?

Cara menjodohkan kenari yang pertama kali yaitu harus mengetahui jenis kelamin dari masing-masing burung kenari tersebut. Setiap jenis burung kenari tentu punya ciri khas dari kelamin tertentu.

Cara menjodohkan kenari yang selanjutnya adalah menyiapkan kandang yang pas bagi kenari serta terlindung dari bahaya serangga ataupun binatang predator.

Dalam menjodohkan kenari jantan serta betina, sebelumnya anda dapat mengamati tanda-tanda yang diberikan oleh keduanya pada saat telah siap untuk proses perkawinan.

Bermacam cara menjodohkan kenari yakni mendekatkan sangkar burung burung jantan serta burung betina dengan waktu yang lama. Dan idealnya adalah 3 hari.

Pada saat proses perjodohan ini, dianjurkan juga menyiapkan makanan yang cocok untuk burung kenari anda.

Namun dengan takaran yang pas saja, sebab apabila kenari terlalu gemuk akan menghambat dalam proses perjodohan.

Cara Mengawinkan Burung Kenari

Mengetahui usia burung kenari yang sudah siap untuk dikawinkan termasuk salah satu hal yang begitu penting dalam cara mengawinkan kenari.

Burung Kenari yang sudah siap untuk diternak umur yang ideal adalah 6 bulan untuk burung kenari yang betina. Sedangkan 8 bulan untuk burung kenari yang jantan.

Akan tetapi beberapa kenari yang ukuran tubuhnya besar seperti halnya yorkshire punya usia 10 bulan untuk siap dikawinkan.

Untuk ciri burung kenari yang sukses pada rangka perjodohan itu diantaranya yaitu kenari jantan akan kerap berkicau atau sudah gacor.

Dan pada saat sedang bertengger bagian kakinya akan kerap bergerak bergantian. Kemudian kenari betina akan mengepakkan bagian sayapnya dan terkadang bersikap menungging yang artinya pertanda minta kawin.

Sesudah melihat tanda-tandanya, langkah mengawinkan kenari untuk pemula antara lain adalah mengambul kenari jantan dan betina dengan meletakkannya pada kandang besar dengan sekat pada bagian tengahnya.

Langkahnya yakni dengan mengambil kenari jantan yang sudah ada dalam sangkar gantung. Kemudian memasukkannya ke dalam kandang box yang sudah berisi kenari betina namun jangan sampai burung tertukar.

Apabila kenari itu sudah berjodoh maka kenari jantan serta kenari betina akan saling meloloh. Selanjutnya akan terjadi perkawinan antara burung kenari jantan dan juga betina.

Proses ini dapat memakan waktu yang singkat sampai berhari-hari lamanya. Untuk burung kenari betina yang sudah bertelur sebelumnya, proses ini akan berjalan dengan cepat. Akan tetapi sebaliknya untuk burung kenari betina yang belum pernah bertelur.

Sumber: https://www.jalaksuren.net/cara-menjodohkan-kenari/