Bagaimana cara menjinakkan tokek?

Bagaimana cara menjinakkan tokek agar tidak menggigit dan tidak agresif
images

Tokek yang jinak mulai banyak penggemarnya, karena selain merupakan kebanggaan tersendiri bisa punya tokek jinak, juga bisa menjadi teman yang cukup mengagumkan bahkan mendatangkan rejeki.
Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan agar tokek bisa cepat jinak :

  • Pakai sebuah alat bernama centong (hampir mirip alat pengambil nasi, hanya lebih panjang) untuk mengambil seekor tokek, amati tokek yang diambil dan bila ketika diatas centong lidah tokek menjilat-jilat berarti tokek tersebut mudah dijinakkan atau minimal mau dijinakkan. Sebaliknya bila diatas centong mulut tokek sudah menganga terus, itu alamat tokek galak sekali. Walau tetap bisa juga dijinakkan namun cukup lama bahkan memakan korban tangan harus tergigit dulu.

  • Centong Tokek Diatas centong ini tokek menjadi tenang
    Setelah diatas centong, usap tengkuk tokek dengan ibut jari dari arah belakang kepala, awas jangan dari depan atau dari arah mulut tokek. Pakai ibu jari dan harap ibu jari dan jari tengah ditekuk kedalam untuk mencegah agar tidak menjadi incaran tokek untuk digigit. Lakukan usapan 2 sampai 3 kali dan lakukan setiap ada waktu dalam seharian.

  • Diusap / dielus Tokek paling suka dielus atau diusap dibagian tengkuk
    Bantu dengan menyemprot tokek agar mandi air setiap hari dengan memakai alat penyemprot yang mengeluarkan embun dan air memancar ke tubuh tokek dari kepala sampai ekor.

  • Suapin tokek dengan jangkerik memakai lidi agar lebih cepat jinak dan mengenali orang yang memberi makan.

  • Biasakan tokek berjalan di lengan dan ambil kembali dengan centong bila berjalan terlalu jauh.

sumber: http://wwwagiljackson.blogspot.co.id/2010/09/cara-menjinakkan-tokek.html