Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental?

kesehatan mental

Gangguan mental atau penyakit kejiwaan adalah pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya terkait dengan stres atau kelainan mental yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan normal manusia.

2 Likes

Agar terhindar dari gangguan mental, sudah tentu Anda harus melakukan tindakan pecegahan, salah satunya dengan menjaga kesehatan mental. Berikut adalah caranya:

  1. Mengatur pola makan. Gangguan mental bisa jadi muncul karena adanya gangguan pada otak. Otak membutuhkan berbagai jenis nutrisi seperti asam amino, cairan, dan asam lemak. Cukupilah kebutuhan nutrisi agar kesehatan mental tetap terjaga.

  2. Bersosialisasi dengan lingkungan. Salah satu penyebab gangguan mental adalah kurangnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Bersosialisasilah dengan lingkungan agar perasaan menjadi lebih bahagia dan otak akan menjaga perspektif positif terhadap kehidupan.

  3. Istirahat cukup. Istirahatlah dengan cukup, caranya dengan tidur selama 6 sampai 8 jam per hari. Tidur akan membantu regenerasi sel otak sehingga terhindar dari berbagai gangguan.

  4. Hindari stres. Stres merupakan penyebab utama gangguan mental. Untuk menjaga kesehatan mental, lakukanlah manajemen kerja dengan baik dan lakukan relaksasi secara berkala.

  5. Lakukan hal-hal positif. Bila perlu, lakukanlah kegiatan yang bersifat menantang untuk menyegarkan pikiran Anda. Banyaklah membaca atau melakukan kegiatan yang dapat menambah wawasan agar otak lebih terasah secara berkala. Jika Anda menemukan masalah, bicaralah dengan orang-orang terdekat, seperti saudara atau sahabat dekat.

Mental Health Council of Australia (MHCA) membagikan 10 tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, yakni :

1. Rencana Hidup

Ada baiknya kita selalu fokus pada tujuan hidup dan tetap tenang dalam menjalani hidup. Ada baiknya ada melakukan perencanaan dengan menulis tujuan-tujuan hidup baik, tujuan yang ingin dicapai dalam per hari, per minggu, per tahun, maupun jangka panjang di masa depan. Dalam perencanaan ini, Anda dapat membuat daftar prioritas dan coba untuk mencapainya satu per satu. Tetapi ingat sebaiknya apa yang hendak diraih adalah hal yang realistis.

2. Lakukan Diet yang Sehat

Diet bukan saja berarti membatasi apa yang dimakan, tetapi juga memperhatikan apa yang dimakan. Usahakan apa yang Anda makan memiliki kandungan nutrisi yang sehat. Gizi yang baik tidak hanya saja baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental.

3. Mendengarkan Musik

Dengarkanlah musik-musik yang dapat membuat Anda rileks dan dapat mengurangi stres. Musik-musik yang tenang ini bisa didengarkan saat Anda sedang bekerja atau belajar.

4. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan stres, mengubah perasaan, kelelahan, dan menganggu kesehatan mental Anda. Segeralah beristirahat setelah Anda merasa lelah, meminum air hangat dan matikan TV atau alat-alat elektronik sebelum 30 menit menjelang tidur.

5. Kurangi Ketergantungan

Kalau Anda kecanduan dengan rokok atau alkohol, maka kurangilah. Malah lebih bagus kalau misalnya Anda dapat berhenti merokok. Berhenti merokok bisa menjadi salah satu tujuan Anda. Hubungi dokter kalau Anda selalu merasa kesulitan saat berusaha berhenti merokok.

6. Mematikan Alat-Alat Elektronik

Kurangi juga ketergantungan dan kecanduan Anda terhadap barang-barang elektronik seperti TV, DVD, telepon genggam, video games. Setidaknya lakukan ini 5 sampai 10 menit per hari. Sebagai gantinya, Anda bisa berolahraga atau berjalan-jalan keluar.

7. Bersosialisasi

Keberadaan Facebook memang memudahkan kita untuk bersilaturahmi, tetapi bersosialisasi dengan bertatap muka secara langsung adalah tetap memiliki kebahagiaan tersendiri.
Hadirkanlah dalam hidup Anda orang-orang yang bisa membuat kita lebih bahagia dan produktif.

8. Menjadi Orang yang Lebih Aktif

Bergabunglah dengan grup-grup yang dapat menyalurkan hobi, kegemaran, dan aktifitas- aktifitas positif lainnya. Anda juga bisa bergabung dengan pusat olahraga dan rekreasi. Menjadi orang yang lebih aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan seperti ini akan menjaga kesehatan mental Anda.

9. Berolahraga

Jangan salah, karena berolah raga, meski hanya 10-15 menit dapat ikut meningkatkan kesehatan mental Anda. Yang bisa dilakukan adalah berlari atau bahkan sekedar berjalan.

10. Cari Dukungan atau Pelayanan

Jika Anda memiliki masalah dalam kehidupan, merasa tertekan, dan sulit untuk menceritakannya kepada orang lain, maka Anda dapat pergi ke dokter untuk dapat membantu Anda. Jangan merasa takut dan malu, karena setiap orang pasti memiliki masalah hidup.