Bagaimana cara menjaga gigi bayi yang baru mulai tumbuh?

Saat gigi pertama bayi mulai muncul, saatnya mulai menyikat gigi dua kali sehari. Apa saja hal-hal yang perlu kita perhatikan untuk menjaga gigi bayi yang baru mulai tumbuh?

Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak dimulai dari sebelum gigi susu pertama mereka muncul. Merawat kesehatan gigi anak adalah perjalanan yang panjang namun akan memuaskan jika dapat dilalui dengan baik. Ada beberapa tips bermanfaat yang akan membantu dalam menanganinya, yaitu.

Pola makan sehat, mulut yang sehat
Faktanya, gula dapat menyebabkan gigi berlubang. Jadi cobalah untuk menjauhkan dan mengurangi konsumsi gula dari makanan si kecil sebisa mungkin. Ingatlah untuk memeriksa daftar kandungan zat dalam kemasanmakanan siap saji dan hindari gula serta minuman bersoda. Jika ingin memberikan jus buah, encerkan dengan air dan konsumsi bersamaandengan waktu makan besar.

Berikan contoh yang baik
Bayi belajar banyak dengan melihat, jadi berikanlah contoh yang baik. Tunjukan mereka saat sedang menyikat gigi, dengan begitu kita dapat menjadi panutan bagi mereka untuk menyikat gigi secara rutin ketika mereka sudah besar nanti.

Perkenalkan menyikat gigi sejak dini
Segera setelah gigi pertama bayi muncul, saatnya menyikat gigi dua kali sehari.

  • Dudukkan bayi di pangkuan dengan kepalanya bersandar di dada
  • Gunakan sikat gigi bayi, mulailah dengan mengoleskan sedikit pasta gigi sesuai usianya
  • Dengan sangat perlahan, mulailah menyikat gigi bayi dengan putaran kecil dan pastikan menjangkau semua permukaan.
  • Biarkan bayi membuang pasta gigi itu setelahnya. Tak perlu dibilas dengan air, karena akan mengurangi manfaat fluoride.
  • Beberapa bayi tidak suka giginya disikat dan ini adalah sebuah tantangan. Tapi jangan kuatir, hal ini sangatlah wajar. Coba kembali atau biarkan mereka melihat di cermin. Yang terpenting adalah tetap tekun sehingga mereka lama-lama akan terbiasa menyikat gigi secara teratur.

Kunjungi dokter gigi
Mulailah untuk membawa anak untuk pemeriksaan gigi secara rutin sejak gigi mereka tumbuh. Dokter gigi akan melayani di setiap kunjungan dan menjawab semua pertanyaan tentang kesehatan gigi dan mulut anak

Saat bayi menjadi Balita
Saat bayi Anda tumbuh besar, Anda dapat mulai membiarkan mereka menyikat gigi sendiri. Ketika usia 2 tahun, mereka mungkin dapat melakukan semuanya sendiri. Ingatlah untuk tetap mengawasi mereka karena anak-anak mudah sekali melewatkan beberapa permukaan gigi. Pastikan juga mereka mempunyai sikat gigi dan pasta gigi mereka sendiri.

Dibutuhkan beberapa tahun sampai Anda merasa yakin anak Anda bisa menyikat gigi mereka dengan benar tanpa pengawasan Anda. Hal ini normal terjadi. Tapi saat hal itu tercapai, Anda boleh merasa bangga karena Anda layak mendapatkannya.

https://www.tanyapepsodent.com/anak-anak/cara-menjaga-gigi-pertama-bayi-anda.html