Bagaimana cara menjadi versi terbaik dari diri sendiri?


Selama hidup pernahkah kamu merenungkan mengenai arti kehidupan ini, siapa sebenarnya dirimu, sudahkah kamu mencapai versi terbaik dirimu, kenapa rasanya sulit untuk mengontrol kehidupanmu, atau apa sebenarnya yang paling kamu inginkan dan bagaimana cara mencapainya?

Setiap manusia pasti menginginkan menjadi versi terbaik untuk dirinya sendiri. Hal ini juga disebut sebagai aktualisasi diri. Menjadi versi terbaik dirimu dapat membantu mencapai impian dan memberikan arti kepada kehidupan. Aktualisasi diri pun dilakukan bukan tanpa ada manfaatnya, dengan melakukan aktualisasi diri maka kita dapat menjalani kehidupan lebih bahagia dan positif. Semua ini dapat dicapai, karena kamu sudah fokus, percaya diri, dan menerima segala hal lebih baik lagi.

Bagaimana caranya?

  1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Hal pertama yang wajib dilakukan, yaitu berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, baik dari segi fisik, status, maupun materi. Memang, kebiasaan ini masih sering dilakukan banyak orang. Tapi, cobalah untuk melihat sisi positif dari berbagai aspek kehidupan kita.
  2. Menerima diri sendiri seutuhnya. Terimalah semua karakter, kelebihan, serta kekurangan yang kita miliki. Ingat, manusia tidak ada yang sempurna jadi, berhentilah memaksakan diri dan cintai diri sendiri.
  3. Bertanggung jawab atas tindakan. Jadilah seseorang yang bertanggung jawab atas segala tindakan, maupun keputusan yang diambil. Dalam hal ini pastikan kita mengambil keputusan sesuai hati nurani, bukan karena omongan atau paksaan orang lain.
  4. Memiliki pola pikir yang positif. Dalam kehidupan, pasti ada senang dan sedihnya, ada saatnya kita harus mengalami momen baik, tapi terkadang keadaan bisa berbalik. Tapi, dalam menghadapi semuanya, kita harus tetap berpikir positif. Ingatlah bahwa kita tidak dapat mengontrol apa yang terjadi pada kita, namun kita bisa mengendalikan reaksi terhadap sesuatu tersebut. Jangan lupa untuk terus bersyukur baik dalam keadaan senang maupun sedih.
1 Like

Anggapan bahwa hidup di dunia ini hanya sebentar dan hanya sekali saja, membuat setiap individu yang hidup di dunia ini mengharapkan segala hal yang terbaik yang dapat mereka capai. Namun, hal paling penting dari sebuah keberhasilan adalah orang yang berpegang teguh pada sebuah prinsip yang dimilikinya dan berhenti membandingkan diri dengan oranglain.

Satu-satunya orang yang paling layak untuk menjadi lawan dan perbandingan adalah diri sendiri. Dirimu yang hari ini dan dirimu di hari kemarin. Dengan itu, kamu bisa menbandingkan dan melihat sendiri sebuah progressnya. Melihat dirimu di hari kemarin yang melakukan sebuah kesalahan misalnya, terima itu sebagai sebuah pembelajaran, maafkan dirimu sendiri yang sudah bertindak suatu hal yang dapat disesali dikemudian harinya, dan di hari berikutnya untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Dengan kunci awal yang berpegang teguh pada prinsip-prinsip hidup yang kamu jalani ini maka segala hal yang kamu inginkan juga akan selalu ada jalannya. If there is a will, there is a way.

1 Like