Bagaimana cara menjadi pelajar yang sukses ?

pelajar yang sukses

Sebagai seorang pelajar, kita adalah penerus bangsa.oleh karena itu kita harus bisa menjadi orang yang sukses.

Gimana sih menjadi pelajar yang sukses ?

Pelajar yang sukses menunjukkan kombinasi dari sikap dan tingkah laku yang sesuai dengan kepasitas intelektual. Pelajar yang sukses …

1. … bertanggung jawab dan aktif

Pelajar yang sukses terlibat dalam studi mereka, menerima tanggung jawab pada edukasi mereka sendiri, dan aktif dalam menjalaninya. Tanggung jawab adalah selisih diantara memimpin dan dipimpin. Aktif dalam berpastisipasi di kelas dapat meningkatkan nilai tanpa harus menambah jam belajar. Kau bisa duduk di kelas, bertingkah bosan, melamun,dan tidur. Atau kau bisa aktif menyimak, berpikir, bertanya, dan membuat catatan seperti orang yang bertanggung jawab dari pengalaman belajar mereka. Tiap pilihan berharga satu periode kelas. Akan tetapi, metode tadi akan membutuhkan tambahan kerja yang besar diluar kelas untuk mendapat tingkatan yang sama dengan metode hanya sekali duduk(aktif dalam kelas).

2. … memiliki tujuan pendidikan

Pelajar yang sukses akan termotivasi dengan apa tujuan mereka yang mewakili aspirasi karir dan keinginan hidup. Tanyakan pada dirimu: apa yang kulakukan disini? Apakah ada tempat yang lebih baik untukku? Apa arti keberadaanku disini? Jawablah pertanyaan ini karena tak diragukan lagi bahwa ini adalah faktor terpenting dalam kesuksesan sebagai mahasiswa. Jika tujuan pendidikanmu benar-benar milikmu bukan milik orang lain, maka itu akan memberikan motivasi dan sikap akademik yang baik

3. … menanyakan pertanyaan

Pelajar yang sukses menanyakan pertanyaan untuk membuat rute tercepat diantara ketidaktahuan dengan pengetahuan. Sebagai tambahan untuk mengamankan pengetahuan yang kau cari, menanyakan pertanyaan setidaknya memiliki 2 keuntungan yang luar biasa penting. Prosesnya membantu memperhatikan pengajar dan membantu pengajar memperhatikanmu. Pikirkan tentang itu. Jika kau ingin sesuatu, maka dapatkanlah. Dapatkan jawabannya sekarang, atau gagal dalam pertanyaan nanti. Tidak ada pertanyaan yang bodoh, yang ada hanyalah diam yang bodoh

4. … pelajari bahwa pelajar dan pengajar adalah sebuah tim

Kebanyakan pengajar ingin seperti apa yang kamu mau: mereka ingin kamu mempelajari materi di kelasnya dan mendapat nilai yang bagus. Pelajar yang sukses tercerminkan dengan baik pada usaha dari semua pengajar; jika kamu telah mempelajari dengan baik materi, pengajar mendapat beberapa kebanggaan yang benar saat mengajar. Bergabunglah dengan pengajarmu, mereka bukan musuh, mereka memiliki ketertarikan yang sama, tujuan yang sama – dalam waktu dekat, kalian akan menjadi rekan tim. Kenali pengajarmu kau adalah pemain paling berharga di tim yang sama. Tugasmu adalah bekerja sama untuk kesuksesan bersama. Tidak semua orang beruntung. Jadilah pemain tim.

5. … jangan duduk dibelakang

Pelajar yang sukses meminimalisir gangguan di kelas yang dapat mengganggu pembelajaran. Pelajar menginginkan tempat duduk terbaik untuk hiburan mereka, tapi akan mencari kursi terburuk untuk pendidikan mereka. Mahasiswa yang duduk di belakang tidak mungkin menjadi rekan pengajar.

Mengapa mereka membuka diri kepada pengalaman kelas yang tidak aktif dan gangguan bagi semua orang diantara mereka dan pengajar?

Tentu saja, kita tahu mereka memilih bagian belakang kelas agar tidak terlihat dan tak dikenal, keduanya merupakan antithesis dalam pembelajaran yang efisien dan efektif. Jika kamu mencoba untuk tidak menjadi bagian dalam kelas atau kelompok, lalu mengapa begitu, apakah kamu telah membuang-buang waktumu yang berharga dengan percuma? Apakah ada hal lain yang dapat kamu lakukan daripada membuang waktu dengan percuma? Pikirkanlah apa yang akan kamu lakukan dari sekarang

Sumber:

http://homepage.usask.ca/~clv022/success.htm

Bagaimana Caranya Menjadi Pelajar Yang Sukses

  1. Tidak menggunakan laptop

    Menulis dengan tangan akan mengaktifkan lebih banyak daerah otak daripada mengetik, dan bahkan bisa menumbuhkan ingatan ingatan yang lebih baik. Penggunaan komputer saat perkuliahan mengurangi pemahaman tidak hanya bagi siswa yang menggunakan komputer, tapi semua orang di sekitar mereka.

  2. Belajar dengan pintar

    Lupakan highlighting, menggaris bawahi, pembacaan ulang dan ringkasan. Studi menunjukkan bahwa metode pembelajaran mereka tidak efisien. Sebagai gantinya, latih recall aktif, metode yang telah terbukti penelitian untuk menguasai materi. Ini secara aktif mengingat informasi dari ingatan dan pengujian sendiri.

  3. Pilih teman sekamar yang tepat

    Temukan teman sekamar yang cerdas. Studi Dartmouth menunjukkan bahwa kebiasaan teman sekamar yang giat memiliki efek positif pada nilai teman sekamar yang kurang rajin. Ini cara termudah untuk meningkatkan IPK.

  4. Mendaftar seminar

    Lewati kelas kuliah yang besar dan ikuti seminar. Penelitian menunjukkan bahwa siswa mendengarkan secara pasif belajar lebih sedikit. Diskusi tertarget dalam rangkaian seminar yang lebih kecil memudahkan pemrosesan informasi yang lebih baik.

  5. Pakailah pakaian yang tepat

    Ya, pakaian itu penting. Studi menunjukkan hubungan yang berbeda antara bagaimana kita berpakaian, berperilaku dan mempesembahkn diri. Siswa merasa lebih serius saat mereka berdandan (pikirkan jas laboratorium atau jas) dan lebih memperhatikan hal hal sekitar daripada saat mengenakan celana olahraga.

  6. Menguyah permen karet

    Studi menunjukkan bahwa permen karet meningkatkan fokus dan daya ingat. Tolong jangan lakukan snap atau membuat gelembung. Hal itu tidak sopan.

  7. Mengerjakan tugas satu persatu

    Fokus pada satu tugas satu waktu. Itu berarti mematikan telepon Anda atau membiarkannya di rumah, saat Anda menuju ke perpustakaan atau kelas. Studi menunjukkan bahwa ketika orang mematikan email, mereka lebih produktif dan fokus.

  8. Mengunjungi museum

    Siswa yang mengunjungi museum seni menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang lebih besar, tingkat toleransi sosial yang lebih tinggi serta peningkatan empati sosial. Melihat seni juga mengurangi stres.

  9. Makan dengan cermat

    Yogurt, sayuran, coklat, anggur dan kopi semuanya telah dibuktikan dapat meningkatkan daya ingat. Makanan kaya sodium, gula dan lemak jenuh meningkatkan stres, depresi, dan berdampak negatif pada kemampuan kognitif dan menghambat ingatan.

  10. Potongan waktu

    Untuk belajar, hal yang penting adalah kualitas bukan kuantitas. Blokir periode waktu untuk fokus. Penelitian menunjukkan bahwa blok kerja dua puluh lima menit akan bekerja dengan baik.

  11. Berjalan ke kelas

    Studi menunjukkan bahwa berjalan meningkatkan pemikiran kreatif, pemecahan masalah dan persamaan antara gagasan kompleks. Udara segar ditambah dengan latihan mempertajam fokus dan bisa menurunkan gejala ADHD.

  12. Menggambar sesuatu dengan melamun

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggambar dengan melamun sebenarnya lebih terlibat dengan pembicara, guru dan materi, daripada teman sekelas mereka yang tidak suka mencoret-coret

  13. Bayar dengan cara anda (atau beberapa di antaranya)

    Siswa yang membayar sendiri menganggap pendidikan mereka dengan lebih serius dan lebih menghargainya.

  14. Duduk tegak

    Ada hubungan antara postur dan kognisi. Sebuah keadaan belajar positif, termasuk postur tubuh yang baik, terkait dengan retensi memori yang lebih baik dan pembelajaran yang lebih efisien. Belajar vertikal - duduk di meja kerja - lebih unggul daripada belajar horizontal - yaitu di tempat tidur.

  15. Memiliki mindset berkembang

    Intelijen tidak tetap. Mereka yang percaya bahwa talenta bisa dibudidayakan dan bahwa penyempurnaan tersebut merupakan hasil usaha dan kerja keras yang cenderung untuk mencapai lebih.

  16. Tidur cukup

    Kurang tidur mempengaruhi kemampuan untuk menganalisis dan menyimpan informasi. Periset percaya memperbaiki kebiasaan tidur mungkin menjadi perbedaan antara A dan B.

  17. Pekerjaan paruh waktu

    Ketenagakerjaan meningkatkan rasa percaya diri, rasa kemanjuran dan memfasilitasi kemampuan yang lebih besar untuk mengatur waktu. Siswa yang melakukan kerja paruh waktu akan memanfaatkan waktu dengan lebih baik.

  18. Refleksi diri

    Studi menunjukkan bahwa beristirahat dan merenungkan kinerja seseorang meningkatkan produktivitas. Dalam sebuah penelitian, mereka yang beristirahat sejenak untuk mempertimbangkan apa yang telah mereka capai dilakukan dengan lebih baik pada para penjahat daripada mereka yang membajak tugas mereka tanpa istirahat dan tanpa refleksi.

  19. Kebugaran fisik

    Kebugaran fisik berkorelasi dengan nilai tes yang lebih tinggi. Sanggup, atau lebih baik lagi, bergabunglah dengan tim olahraga.

  20. Ajukan pertanyaan

    Mengajukan pertanyaan adalah tentang menumbuhkan rasa ingin tahu yang tulus, mengambil kepemilikan materi dan melihat koneksi dan kemungkinan yang mungkin tidak jelas. Bertentangan dengan apa yang banyak orang percaya, mengajukan pertanyaan membuat Anda terlihat lebih cerdas juga.

Orang yang paling sukses tahu belajar bukanlah tentang berada di sekolah saja, ini adalah proses hidup yang panjang. Seperti yang Henry Ford katakan, ini mungkin hanya sumber pemuda:“Siapa pun yang berhenti belajar, maka dia sudah tua, entah pada usia dua puluh atau delapan puluh. Siapapun yang terus belajar akan tetap awet muda. Hal terbesar dalam hidup adalah menjaga pikiran Anda tetap muda.

Sumber :

1. BUATLAH SEMUANYA TERORGANISIR.
Buatlah rencana untuk apa yang akan Anda lakukan dan kapan Anda akan melakukannya, pastikan Anda dapat melakukannya sesuai dengan apa yang anda rencanakan. Tetaplah fokus pada tujuan dan jangan menyerah di tengah jalan untuk meraih kesuksesan.

2. JANGAN MELAKUKAN BEBERAPA PEKERJAAN SEKALIGUS.
Studi telah menunjukkan bahwa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus secara fisik tidak mungkin dilakukan. Karena, anda bukan mesin yang bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

3. KERJAKAN BEBERAPA PEKERJAAN TERSEBUT SATU PER SATU.
Belajar tidak akan menyenangkan jika dimulai dengan memaksa diri anda untuk belajar beberapa materi sekaligus dalam satu waktu yang hanya akan memperburuk keadaan. Bagilah pekerjaanmu menjadi beberapa bagian sehingga lebih mudah untuk dikerjakan. Tetaplah fokus pada bagian yang anda kerjakaan, jangan dulu memikirkan bagian yang lain. Berilah hadiah kepada diri anda untuk setiap bagian pekerjaan yang telah anda selesaikan, itu bisa memotivasi anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan menyenangkan

4. TIDUR.
Jangan meremehkan pentingnya istirahat minimal delapan jam setiap malam! Istirahat yang cukup dan nyenyak saat malam akan mempertajam fokus anda dan memperbaiki ingatan belajar anda.

5. TETAPKAN JADWAL.
Apakah anda belajar lebih baik saat sepulang kuliah atau setelah anda makan malam? Apakah Anda lebih produktif belajar sembilan puluh menit tanpa jeda istirahat atau membagi waktu dengan jeda istirahat masing-masing tiga puluh menit? Karena cara belajar tiap orang berbeda-beda, temukan jadwal yang sesuai untuk Anda, dan patuhi.

6. BUATLAH CATATAN SAAT PELAJARAN.
Mencatat tidak hanya akan membuat anda lebih aktif selama berada di kelas, tapi juga akan membantu anda mempersingkat apa yang perlu Anda pelajari saat waktu ujian karena beberapa materi sudah anda pelajari secara optimal, karena apa yang anda tulis pasti sebagian besar dapat anda ingat tanpa anda sadari. Jauh lebih mudah membaca ulang catatan Anda daripada membaca ulang seluruh buku teks Anda.

7. BELAJAR.
Yang ini mungkin sudah jelas, tapi tahukah Anda bahwa ada cara yang benar dan salah dalam belajar? Tinjau kembali materi Anda beberapa hari sebelumnya sedikit demi sedikit, dan dengan cara yang berbeda. Dengan kata lain, jangan menjejalkan otak anda dengan setumpuk materi langsung karena akan sia-sia.

8. MENGELOLA RUANG BELAJAR ANDA.
Temukan tempat yang akan memaksimalkan produktivitas Anda. Carilah tempat-tempat yang jauh dari televisi dan gangguan lainnya. Entah itu perpustakaan di kampus Anda atau di meja yang ada di kamar tidur Anda, sisihkan ruang belajar yang ingin Anda gunakan untuk belajar.

9. TEMUKAN KELOMPOK BELAJAR.
Duduk bersama dengan sekelompok orang yang belajar hal yang sama seperti anda adalah cara yang bagus untuk membahas materi perkuliahan yang membingungkan atau bersiap menghadapi untuk menghadapi ujian. Anda bisa saling berdiskusi, bertanya apa yang anda tidak ketahui kepada teman anda yang sudah menguasai topik tersebut, dan pastikan semua orang ada di halaman atau bahasan yang sama. Toh, mengajar orang lain adalah cara terbaik untuk belajar.

10. MENGAJUKAN PERTANYAAN.
Anda di kuliah untuk belajar, jadi jangan takut untuk bertanya! Meminta bantuan dari seorang dosen, tutor atau teman anda adalah cara yang baik untuk memastikan apaka anda benar-benar mengerti materinya. Asalkan bertanya saat waktu yang tepat dan harus dengan sopan santun.

sumber :

1.Jadikan pelajaran Anda sebagai prioritas.

Siswa yang sukses tahu bagaimana cara sukses,karena mereka telah menjadikan studinya sebagai prioritas utama mereka. Meskipun penting untuk menyediakan waktu bagi teman, keluarga, kegiatan ekstrakurikuler, dan bahkan beberapa waktu sendiri, Anda tidak boleh mengabaikan waktu yang Anda habiskan untuk belajar.

Jika Anda memiliki ujian besar yang akan datang dan tidak merasa siap, maka Anda mungkin harus melewatkan acara besar dua hari sebelum itu. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak akan pernah bisa melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan, tapi Anda harus mengenali saat belajar harus berada di urutan teratas daftar Anda.

2.Jadilah tepat waktu

Kembangkan kebiasaan menilai waktu dan belajar bagaimana sampai di tempat yang Anda inginkan tepat waktu. Sebenarnya, Anda harus merencanakan untuk sedikit awal kemanapun Anda pergi sehingga Anda punya waktu untuk mendapatkan tempat, fokus, dan siap untuk belajar saat Anda tiba di sana. Apakah Anda harus mengikuti tes atau betemu dengan teman, penting untuk tepat waktu jika Anda ingin menjadi siswa yang sukses.

3.Belajar dengan Jujur

Ini berarti Anda harus melakukan pekerjaan Anda sendiri, menghindari penyalinan, dan menghindari kecurangan dengan segala cara. Kecurangan tidak akan membawa Anda ke mana pun, dan apa yang mungkin tampak seperti jalan pintas suatu hari benar-benar bisa membuat Anda mengalami banyak masalah di masa depan. Tidak ada gunanya menipu ujian, dan Anda jauh lebih baik melakukannya dengan baik dalam ujian yang tidak Anda siapkan daripada tertangkap curang. Dan bahkan jika Anda tidak tertangkap, kecurangan membuat Anda berpikir tidak apa-apa mengambil jalan pintas dalam hal kehidupan dan pembelajaran, dan ini bisa menyebabkan beberapa kebiasaan buruk menurun.

4.Tetap Fokus

Siswa yang sukses tetap fokus pada tugas yang ada. Jika Anda harus mempelajari satu bab dari buku sejarah Anda selama satu jam, Anda perlu berkomitmen untuk melakukannya alih-alih membiarkan pikiran Anda mengembara. Jika Anda butuh istirahat, ambil waktu yang singkat 10 menit, tapi jangan biarkan itu berjalan sampai satu jam dengan hanya 10 menit belajar. Anda benar-benar bisa melatih pikiran Anda untuk berkonsentrasi lebih lama dan jangka waktu yang lebih lama, jadi kalaupun Anda merasa tidak bisa fokus lebih dari 15 menit, mulai bekerja sampai 20 menit, dan kemudian menjadi 30 menit dan begitu seterusnya

5.Perhatian.

Jika Anda ingin menjadi seorang siswa yang sukses, maka perhatikanlah di kelas sangat penting bagi kesuksesan Anda. Meskipun Anda tidak perlu mencintai setiap topik yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda harus cukup termotivasi untuk mendengarkan guru Anda, untuk menghindari SMS teman Anda, dan cukup fokus untuk benar-benar mendengar apa yang guru katakan, dan kepada Anda dapat mengambil aspek yang paling penting dari setiap pelajaran.

6.Buat catatan.
Membuat catatan juga penting bagi kesuksesan Anda sebagai siswa. Tidak hanya akan membuat catatan membantu Anda belajar nanti, tapi melakukannya juga akan membuat Anda tetap terlibat di kelas, dan akan membantu Anda mempelajari materi karena Anda harus mencatatnya dengan kata-kata Anda sendiri.

Beberapa orang bahkan menggunakan berbagai highlighters atau pena untuk mengatur catatan mereka saat mereka membawa mereka untuk benar-benar membantu mereka menyerap materi. Membuat catatan akan membuat Anda merasa lebih bertanggung jawab di kelas dan akan membantu Anda mendengarkan guru Anda.

7.Mengajukan pertanyaan.

Jika Anda benar-benar ingin sukses di kelas, penting untuk mengajukan pertanyaan kepada guru, jika sesuai, untuk mendapatkan pemahaman materi yang lebih kuat. Anda seharusnya tidak mengganggu pelajaran, tapi Anda harus mengajukan pertanyaan jika Anda benar-benar memilikinya untuk menghindari kebingungan dan mempersiapkan ujian Anda. Mengajukan pertanyaan juga akan membuat Anda aktif dalam diskusi dan akan membantu Anda mempelajari materi juga.

8.Duduklah di dekat guru jika Anda bisa.

Jika Anda berada di kelas di mana Anda bisa memilih tempat duduk Anda sendiri, maka Anda harus memikirkan duduk di depan ruangan, di dekat guru. Ini akan membantu Anda fokus karena akan sulit untuk mengalihkan perhatian atau melakukan sesuatu selain memperhatikan saat guru berada di sana. Ini juga akan membantu Anda membangun ikatan yang lebih kuat dengan guru Anda, terutama jika Anda berada di aula kuliah yang besar, karena guru cenderung lebih terlibat dengan orang-orang yang duduk di depan.

Sumber :

Selama beberapa tahun terakhir, saya telah meminta beberapa siswa kebiasaan apa yang telah membuat perbedaan bagi mereka, apa yang telah membuat mereka sukses. Inilah yang mereka katakan.
Jangan sampai ketinggalan

Ini tidak perlu dikatakan lagi, bukan? Ini juga lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Jadikan prioritas semester ini untuk menghadiri setiap pertemuan kelas (atau periksa secara teratur dengan kelas online Anda) dan lengkapi semua tugas Anda tepat waktu.

Sekutu membaca.

Di perguruan tinggi, guru tidak selalu memberikan kuis bacaan untuk memastikan Anda membaca tugas di buku teks Anda. Itu tidak berarti bacaan itu tidak penting. Intinya membaca.

Gunakan lab matematika dan les.

Bila Anda sedang berjuang dengan sebuah topik, jangan menderita sendiri. Mencari pertolongan. Laboratorium matematika dan menulis kami dikelola oleh fakultas yang berkomitmen untuk mendukung pembelajaran Anda. Kami juga memiliki les gratis di hampir semua subjek untuk siswa yang berisiko gagal.

Bentuk kelompok belajar.

Tidak hanya menyenangkan kadang kala belajar bersama orang lain, sebenarnya sangat efektif. Ambillah inisiatif untuk memulai sebuah kelompok belajar untuk kelas Anda selanjutnya. Aku bertaruh kau akan senang melakukannya.

Bicaralah dengan gurumu

Meminta bantuan. Dapatkan saran atau klarifikasi. Mungkin sedikit menakutkan, tapi kebanyakan instruktur ingin berbicara dengan Anda-itulah sebabnya mereka ada di sini.
Ini semua saran praktis, tapi karena ini berasal dari teman-teman Anda, Anda tahu itu berhasil. Apa yang telah Anda lakukan untuk menjadi sukses di perguruan tinggi? Nasihat apa yang akan Anda bagi dengan mahasiswa baru?

https://blog.frontrange.edu/2012/09/17/how-to-be-a-successful-student/