Bagaimana cara menjadi manajer produk yang hebat?

Manager produk (Product Manager) memiliki tanggung jawab dalam keseluruhan strategi, perencanaan dan pengembangan, roadmap serta fitur dari sebuah produk. Produk yang dimaksud dalam hal ini dapat berupa produk fisik ataupun produk digital. Selain itu, tanggung jawab manager produk dapat mencakup pemasaran, perencanaan dan bertanggung jawab atas laba rugi.

Bagaimana cara menjadi manajer produk yang hebat ?

Inilah pikiran yang harusnya dimiliki oleh seorang manajer produk

Manajer produk adalah manajer yang dapat menciptakan produk yang memiliki pertumbuhan pendapatan. Sebenarnya tidak ada formula untuk menjadi manajer produk yang hebat. Namun ini beberapa persyaratan utama yang harus dimiliki, yaitu :

  • Dimulai dengan Mengapa
    Dengan menganalisis mengapa seseorang ingin menggunakan produk kami dan masalah apa yang mereka alami akan mempermudah seorang manajer produk untuk membangun misi produk tersebut.

  • Memahami produk dan visi
    Memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai produk dan visi biasanya terjadi ketika manajer produk merasa mulai gagal atau saat menjadi sukses. Manajer produk seharusnya tahu bagaimana membuat keputusan produk dengan mempertimbangkan segala aspek yang ada.

  • Memiliki kompetensi
    Kompetensi inti yang harus dimiliki oleh seorang manajer produk adalah dapat mengembangkan pengalaman, menjadi teladan yang baik, dan dapat mendampingi. Beberapa contohnya meliputi:

    • Melakukan wawancara dengan pelangan dan user testing
    • Menjalankan design sprints
    • Melakukan prioritas fitur dan perencanaan road map
    • Melakukan penilaian pasar

    Kompetensi inti adalah dasar yang harus dimiliki seorang manajer produk. Ketrampilan ini perlu diasah selama bertahun-tahun untuk mendapatkan pengalaman. Manajer produk memiliki kontribusi dalam keberhasilan atau kegagalan sebuah produk, menyesuaikan pendekatan berdasarkan feedback dari pelanggan.

  • Memiliki kecerdasan emosional
    Manajer produk yang baik tahu mana yang perlu dilakukan maupun yang tidak perlu untuk dilakukan saat melakukan wawancara dengan pelanggan, namun manajer produk terbaik memiliki kemampuan untuk berempati dengan pelanggan dalam wawancara, menyesuaikan dengan bahasa dan emosi tubuh. Manajer produk seharusnya memiliki hubungan yang kuat terhadap perusahaan maupun organisasi dan memiliki perasaan yang kuat terhadap melihat rintangan yang akan terjadi.

  • Memiliki manajemen hubungan
    Ketrampilan manajemen hubungan diperlukan saat manajer produk dapat menginspirasi dan membantu orang dalam mencapai potensinya. Manajemen hubungan diperlukan juga dalam negosiasi, menyelesaikan konflik, dalam bekerjasama, serta saat manajer produk betugas untuk menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dan perusahaan atau organisasi.

  • Memiliki kesadaran diri
    Memiliki kesadaran diri disini artinya seorang manajer produk harus tetap objektif dan tidak memproyeksikan preferensi mereka sendiri ke pengguna produk. Kurangnya kesadaran diri mungkin akan mendorong untuk memprioritaskan fitur yang diinginkan oleh manajer produk bukan keinginan pelanggan dan dapat menggagalkan prioritas yang lebih penting.

Rekomendasi buku yang dapat dibaca mengenai bagaimana menjadi manajer produk yang hebat :

Referensi :