Bagaimana Cara Menjadi Lebih Baik secara Konsisten?

Menjadi Lebih Baik

Perubahan sering kali menjadi suatu hal yang mudah diucapkan dalam hal-hal yang bersifat teoritis, namun sulit dalam implementasinya. Perubahan bisa terjadi dalam banyak hal, salah satunya adalah perubahan pada diri sendiri. Dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa itu merupakan sebuah perubahan yang mengarah ke positif, sedangkan ada juga beberapa perubahan yang mengarah ke negatif.

Perubahan adalah sebuah keharusan, karena perubahan adalah esensi dari kemajuan.

Menjadi maju berarti harus berpindah posisi semakin kedepan dari posisi semula. Di Era yang serba maju dan cepat berubah ini kita dituntut untuk selalu berubah dan beradaptasi.

Perubahan berkala atau yang disebut frequent change adalah salah satu cara agar kita bisa beradaptasi dengan lingkungan pada era globalisasi ini.

Frequent change merupakan salah satu rahasia kesuksesan dari beberapa orang sukses didunia.

Mereka terus menerus melakukan perubahan demi menjaga eksistensi mereka dan eksistensi perusahaan mereka agar tidak tergerus oleh kerasnya dunia di era globalisasi ini. Karena frequent change sering menjadi kunci dari beberapa orang sukses didunia, maka kita juga perlu melakukan perubahan berkala atau frequent change agar bisa menjadi sukses.

Meski terdengar mudah, melakukan sebuah frequent change nyatanya dalam implementasinya berbanding terbalik dengan harapan dan hasil, karena dibutuhkan banyak pengorbanan, tekad yang bulat, dan rasa pantang menyerah dengan hasil yang beragam, dari hasil yang kecil hingga hasil yang besar, tetapi apapun hasil yang diperoleh tetap merupakan sebuah perubahan besar yang dapat dirasakan oleh pelaku atau agen frequent change itu sendiri.

Frequent change tidak hanya berdampak dengan diri sendiri, tapi juga bisa berdampak bagi orang lain dan lingkungan sekitar pelaku frequent change.

2 Likes

Banyak cara untuk melakukan perubahan terhadap diri sendiri dan menjadikan hidup kita menjdi lebih baik. Berikut beberapa cara untuk melakukan perubahan :

  • Hadapi ketakutan.
    Cara menaklukkan ketakutan yang kita punya yaitu dengan menghadapinya, karena dengan begitu kita akan mulai terbiasa dengan hal itu dan tidak lagi menjadikannya sesuatu yang menakutkan.

  • Akui kesalahan.
    Kadang-kadang kita harus mengakui kesalahan kita kepada orang lain. Berikut salah satu frase terbaik yaitu dengn berkata: “Saya minta maaf.” Kata-kata bisa memulai hubungan baru.Mengakui kesalahan kepada diri sendiri.

  • Saring tujuan Anda.
    Dengan adanya tujuan kita dapat memulai sebuah proses dan menjadi memiliki arah.

  • Percaya pada diri sendiri.
    Kita harus percaya bahwa besok bisa lebih baik dari hari ini. Percaya pada dirimu sendiri. Tidak ada keterampilan yang tidak bisa belajar; tidak ada disiplin yang kita tidak dapat mencoba; tidak ada buku yang tidak bisa dibaca.

  • Menuntut integritas dari diri sendiri.
    Integritas adalah seperti loyalitas. kita tidak bisa menuntut itu dari orang lain; kita hanya bisa menuntut itu dari diri sendiri. Jadilah contoh terbaik dari loyalitas.

  • Disiplin
    Dengan disiplin dapat menghasilkan realita yang baik.

  • Berjuang Untuk yang benar

referensi : http://www.success.com/article/rohn-13-ways-to-improve-your-life

Setiap orang pasti ingin menjadi lebih baik. Begitupun dengan saya. Sering kali saya meghabiskan waktu dengan bercermin guna merenungkan apa yang telah terjadi terhadap saya selama ini.

Ada banyak cara untuk melakukan perubahan dan menjadikan diri sendiri menjadi lebih baik. Berikut merupakan beberapa tips untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik :

1. Ubah Cara Berpikir

  • Keluar dari Rutinitas
    Rutinitas membuat kita terpaku dan menghindari perubahan. Padahal perubahan merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Perubahan dapat diawali dengan melakukan perubahan kecil dan keluar dari kebiasaan. Jangan takut untuk memulai.

  • Berpikir Positif
    Berpikir negatif dapat menyebabkan kita menghindar dari peluang. Berhentilah berpikir hal-hal buruk dalam hidup dan mulailah fokus pada hal-hal yang baik.

  • Kendalikan Emosi
    Jangan biarkan emosi negatif mengontrol diri kita. Sebaliknya, melatih diri untuk tetap tenang dan menemukan hal yang baik akan membantu kita meningkatkan kualitas diri.

  • Dapatkan Perspektif Berbeda
    Kadang-kadang kita lupa seberapa baik hal-hal yang kita miliki. Lihatlah sekeliling kita. Temukan hal baik yang ada di sekitar kita dan jadikan itu sebagai panutan dan motivasi untuk diri kita sendiri.

2. Lakukan Aksi

  • Jadilah Kreatif
    Menjadi kreatif merupakan sebuah pengalaman positif dalam hidup kita. Kita dapat berkontribusi pada lingkungan sembari mengubah pola pikir kita dalam melihat sesuatu.

  • Jadilah Orang Baik
    Jadilah baik terhadap semua orang. Hal kecil yang kita lakukan untuk orang lain dapat berpengaruh besar untuk dunia disekitar kita.

  • Coba Hobi Baru
    Pelajari hal baru. Lakukan sesuatu yang selama ini ingin kita lakukan dan kita akan bahagia ketika benar-benar melakukannya.

  • Jadilah Aktif
    Mulailah untuk keluar dan melakukan hal-hal di luar ruangan. Bertemu orang lain. Mengobrol. Bermain.

  • Menjadi Relawan
    Membantu orang lain akan membuat kita lebih peduli. Akan ada kepuasan tersendiri ketika kita dapat membantu orang lain.

  • Cari Pengalaman dengan Jalan-Jalan
    Kita akan melihat bagaimana cara hidup seseorang berbeda-beda dari tempat satu ke tempat yang lain. Banyak hal akan kita pelajari dari mereka.

  • Mendidik Diri Sendiri
    Mendidik diri sendiri tidak berarti kita kembali ke sekolah. Banyak cara dapat kita temukan untuk mendidik diri sendiri. Salah satunya adalah internet. Internet memiliki banyak sumber pembelajaran yang dapat kita pelajari.

3. Tentukan Tujuan

Temukan kelebihan dan kelemahan yang ada dalam diri kita. Kemudian pikirkan tentang apa-apa yang ingin kita ubah untuk menjadikan kelemahan yang kita miliki menjadi kelebihan tersendiri. Memikirkan sesuatu yang dapat kita jadikan motivasi untuk mengubah gaya hidup kita yang tidak sesuai akan membuat kita menjadi lebih baik dan memotivasi kita untuk mencapai tujuan yang telah kita tetapkan. Mulailah dengan melakukannya perlahan-lahan dan tetukan waktu untuk mencapai tujuan itu.

Referensi : How to Better Yourself

Perbaikan diri adalah sebuah perjalanan yang harus dilakukan apabila ingin menjadi sosok yang unggul baik dalam pekerjaan, bisnis, pernikahan, pertemanan dan dimanapun. Kehidupan yang membaik akan benar-benar terwujud jika kita berani menggambil tanggung jawab untuk memperbaikinya. Membawa perubahan yang baik tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri tetapi juga akan dirasakan oleh orang lain.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan diri. Meningkatkan keterampilan, membutuhkan peningkatan dalam pengetahuan terlebih dahulu. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perbaikan diri dimulai dari meningkatkan pengetahuan.

Selain meningkatkan pengetahuan, hal yang tidak kalah pentingnya sebelum dapat melakukan perubahan yang lebih baik dalam diri adalah mengenali seperti apa kesalahan-kesalahan yag sering terjadi di diri kita. Setelah mengetahui hal tersebut, sudah saat nya sadar dan melakukan perubahan-perubahan. Banyak sekali cara melakukan perubahan yang lebih baik contohnya melawa sifat malas. Kebanyakan orang didunia susah untuk melawan rasa malas, maka dari itu salah satu hal yang dapat merubah diri menjadi lebih baik adalah dengan melawan rasa malas.

Tidak hanya melawan rasa malas, cara melakukan perubahan yang lebih baik pada diri adalah dengan mendekatkan diri dengan agama. Dengan begitu, perubahan dalam diri yang terjadi tidak hanya menjadi lebih baik melainkan juga dapat lebih berguna untuk diri sendiri dan sekitar. Melakukan hal-hal positif pun termasuk dalam cerminan perubahan diri. Selain memiliki beberapa cara untuk melakukan perubahan yang baik dalam diri, memiliki niat untuk merubah diri menjadi lebik baik adalah hal yang paling utama.

Sumber: Self Improvement Articles Learn, Grow and Succeed