Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri ketika akan menghadapi ujian

mengerjakan soal ujian

Seringkali saya ketika akan mengikuti ujian saya merasa kurang percaya diri dengan kemampuan saya. saya menjadi ragu apakah saya dapat mengerjakan ujian dengan baik atau tidak dan saya menjadi kurang fokus dalam menjawab.

Bagaimana agar saya dapat mengerjakan soal ujian dengan peraya diri ?

Beberapa ujian terkadang membuat beberapa siswa merasa cemas, bahkan ada beberapa lainnya yang menjadikan ujian sebagai momok yang menakutkan. Tetapi kecemasan itu dapat dikurangi dengan cara persiapan yang matang. Baik secara mental maupun fisik. Ketahuilah bagaimana cara agar merasa lebih percaya diri saat menghadapi ujian.

Persiapan sebelum ujian


  1. Buatlah jadwal

    Untuk membuatmu terdorong untuk belajar, buatlah jadwal belajarmu beberapa hari atau minggu sebelum ujian. Contohnya buat komitmen untuk belajar minimal satu jam per hari setelah pulang sekolah selama satu minggu sebelum ujian dimulai.

    Membuat jadwal belajar juga membantumu untuk mencegah aktivitas lain menggangu waktu belajarmu. Belajarlah sekitar 45 menit setiap sesi. Karena jika lebih dari 45 menit itu akan membuatmu sulit untuk berkonsentrasi. Tetapi jika kamu bisa berkonsentrasi dalam jangka waktu lebih dari itu, lebih baik.

  2. Buatlah study guide

    Pilihlah metode yang cocok dengan kesukaan dan cara belajarmu. Bisa berupa flash card, membuat mind map, dengan diagram, atau yang lainnya.
    Buatlah satu lembar yang berisi tentang garis besar materi yang akan kamu pelajari. Buatlah skala prioritas dari materi-materi tersebut, manakah yang menurut kamu lebih perlu didahulukan untuk dipelajari.

  3. Cari tau jenis soal apa yang akan diujikan

    Kamu harus mengetahui soal jenis apa yang diujikan. Apakah kamu diperintahkan untuk membuat esai atau pilihan ganda. Jika kamu akan menghadapi soal berjenis pilihan ganda kamu harus berlatih dengan soal pilihan ganda. Sedangkan jika kamu diperintah untuk membuar esai, kamu harus bisa memanajemen waktu secara maksimal.

  4. Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk ujian

    Pastikan kamu menyiapkan semua yang kamu butuhkan saat ujian, minimal sehari sebelumnya. Hal ini akan mempengaruhi rasa percaya dirimu. Siapkan pensil, penghapus, bolpoin dan kalkulator jika diperlukan.

Mengurangi rasa cemas


  1. Berpikirlah positif

    Menurut penelitian jika kita bisa berpikir positif kita akan lebih mudah untuk percaya diri daripada memikirkan hal-hal buruk yang kemungkinan akan terjadi. Jika prasangkamu sudah baik tentang ujian yang akan kamu hadapi, pastilah yang terjadi akan begitu pula.

  2. Bersikaplah tenang

    Ingatlah bahwa nilai atau hasil yang kamu dapat dari ujian ini tidak akan berpengaruh banyak terhadap masa depanmu. Jika tes itu memang benar-benar penting sekalipun, pasti ada kesempatan lain untuk mengulangnya dan memperbaikinya.

  3. Bayangkan tentang kesuksesan

    Saat kamu belajar, bayangkan kamu bisa menjawab semua pertanyaan dengan percaya diri. Bayangkan juga nilai bagus yang akan kamu dapatkan. Walaupun itu tidak membantu dalam persiapan ujianmu secara langsung, hal ini dapat membuat kamu lebih percaya diri dan akan berpengaruh terhadap hasil tes yang akan kamu dapatkan.

  4. Tenangkan dirimu

    Rasa takut akan memicu adrenalin. Detak jantung dan pernafasan kamu akan meningkat. Jika kamu bisa mengantisipasi hal ini, ini akan membantu dalam berpikir jernih dan merasa lebih percaya diri. Jika saat sedang ujian kamu bisa melakukan:

    • Latihan pernafasan akan membantu kamu untuk merasa rileks. Atur dengan pernafasan yang lambat dengan pernafasan perut.

    • Lakukanlah peregangan badan. Biasanya saat seseorang tegang membuat otot-ototnya kaku. Jadi cobalah melakukan peregangan dengan cara memutar leher, tangan dan menegakkan pungung.

  5. Jangan lupa makan sebelum ujian

    Jangan lupakan makan paling tidak satu atau dua jam sebelum menghadapi ujian. Konsumsilah makanan yang memounyai kandungan protein tinggi dan sayuran segar. Itu akan membuatmu berenergi dan semangat dalam mengerjakannya.

Sumber: http://www.wikihow.com/Feel-Confident-Before-an-Exam

Ketika ujian tiba adalah waktu yang sangat menegangkan bagi para mahasiswa. Mereka belajar dengan keras agar nilai ujiannya memuaskan. Mereka mempersiapkan diri mengikuti ujian sejak awal perkuliaahan dan mereka benar-benar sudah siap mengikuti ujian. Namun ketika ujian telah tiba banyak diantara mereka yang merasa kurang percaya diri akan kemampuannya. Mereka takut nilai yang mereka dapat tidak memuaskan dan merasa bahwa materi yang dia kuasai masih belum cukup. Ada beberapa hal yang dapat dilkukan agar dapat merasa percaya diri ketika akan menghadapi ujian.

Mempersiapkan diri dengan baik

Mempersiapkan diri dengan baik sebelum melaksanakan ujian sangat penting karena ini sebagai tolak ukur seberapa siap kita mengikuti ujian. Kita harus mempersiapkan diri sejak awal dan mengatur waktu dengan baik dengan membuat jadwal belajar atau jadwal kegiatan.

Setelah kita dapat mengelola waktu dengan baik, waktu yang kita gunakan tidak akan sia-sia. Kemudian review semua materi yang kita dapatkan dan yang telah kita diskusikan dengan teman agar kita benar-benar memahami materi tersebut. kemudian kita buat kata kuci dari masing-masing materi agar memudahkan mengingat materi yang pernah di terima.

Berfikir positif

Berfikir positif akan membantu kita dalam menghadapi ujian. Dengan berfikir postif kita tidak akan merasa ragu dan kurang percaya diri akan kemampuan kita. karena kita adalah apa yang kita fikirkan. Maksudnya adalah ketika kita berfikir positif hal yang akan kita lakukan akan selalu bernilai positif pula.

Dengan berfikir positif akan berdampak kepada rasa percaya diri kita karena fikiran kita memandang apa yang akan kita lakukan akan membuahkan hasil yang baik sehingga tidak ada perasaan ragu atau tidak percaya diri. Awali pagi hari dengan bersyukur dengan keadaan kita saat ini, hal demikian akan membuat pikiran fokus dengan apa yang dimiliki saat ini.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat

Sebelum mengikuti ujian hendaknya kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Ketika kita tidak makan atau makanan kita kurang bergizi akan berdampak terhadap keadaan tubuh. Jika tubuh mulai melemah maka fikiran kita juga akan ikut melemah dan akan timbul perasaan kurang percaya diri karena alasan kurang sehat.

Mengambil nafas panjang

Sebelum kita memasuki ruang ujian ada baiknya kita mengambil nafas panjang kemudian masuk ruang ujian dengan percaya diri. Hal ini akan menghilangkan keraguan terhadap diri sendiri. Ketika kita mengambil nafas kita mengambil fikiran negatif kita juga dan membuang fikiran negatif bersamaan dengan nafas yang kita hembuskan.

Ketika kita sedang dalam keadaan panik karena kita tidak dapat menjawab beberapa soal ambil nafas panjang dan keluarkan perlahan. Hal tersebut dapat mengurangi rasa panik dan membuat kita dapat berfikir jernih lagi.

Motivasi diri sendiri

Memotivasi diri sediri sebelum mengikuti ujian sangat penting. Dengan memotivasi diri sendiri kita akan merasa percaya diri. Salah satu cara memotivasi diri sendiri adalah Kita berdiri di depan kaca dan meyakinkan diri sendiri bahwa kita dapat melakukannya dengan baik.

Kita juga dapat membuat sebuah gambar ilustrasi kesuksesan kita dan kita tempel di tempat dimana kita bisa selalu meihatnya sehingga setiap kita melihat gambar tersebut semangat kita akan terpacu untuk segera mewujudkannya.

Berdoa

Ujian terasa menegangkan walaupun kita sudah belajar dengan maksimal. Untuk mengurangi rasa tegang tersebut kita berdoa sebelum mengerjakan ujian hal ini akan membuat fikiran menjadi lebi tenang karena kita percaya bahwa tuhan pasti mendengar doa kita dan pasti akan mengabulkan doa kita.

Sumber :
https://www.skillsyouneed.com/rhubarb/exam-tips.html
University Of Newastle Upon Tyne. 2004. Study Skills Giude.

Kebanyakan pelajar pasti memiliki kecemasan ketika akan dihadapkan dengan sebuah ujian.Sedikit kegugupan sebelum tes itu adalah hal yang normal dan bias membantu mempertajam pikiran dan memusatkan perhatian anda.

Tapi jika kita dalam kecemasan yang amat berat kita akan memilki perasaan khawatir dan keraguan tersebut dapat menganggu kinerja kita dan akan membuat menderita.Kecemasan dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun apakah anda seorang siswa sekolah dasar atau menengah, mahasiswa, karyawan pastinya akan memiliki kecemasan di dalam dirinya.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu mengurangi stress anda ketika akan menghadapi tes:

1. Pelajari cara belajar secara efisien

Pada dasrnya belajar biasa dilakukan di suatu kelas dengan tatap muka oleh seorang guru.Bisa jadi belajar yang dilakukan di kelas tidak dapat diterima sepenuhnya oleh sebagian orang.Oleh Karena itu belajar dapat di dapatkan dari sumber manapun selain di kelas.Dengan mencari sumber lain selain guru hal tersebut dapat membandu mempelajari teknin belajar dan strategi yang tepat dalam mempersiapkan ujian.

Jika segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan matang anda akan merasa lebih rileks dan tidak merasa terbebani sehingga kecemesan tidak akan melanda anda ketika akan melakukan tes.

2. Belajar lebih awal dan di tempat yang sama

Dalam belajar sebaiknya dilakukan sedikti demi sedikit daripada belajar dengan belajar hanya jika akan diadakan ujian.Saat belajar pemilihan tempat yang membuat anda nyaman juga sangat penting agar membuat diri anda menjadi rileks sehingga anda dapat menerima sepenuhnya materi tersebut.

Usahakan jangan berpindah pindah lokasi belajar anda Karena dengan belajar di tempat yang sama anda kemungkinan dapat mengingat apa yang anda lakukan di tempat tersebut sebelumnya.

3. Tetapkan Kebiasaan yang anda lakukan sebelum ujian dengan konsisten

Pelajari apa yang sesuai untuk anda dan ikuti langkah – langkah yang sama ketika anda akan mengikuti sebuah tes.Ini akan membantu anda dalam menhilangkan stress dan memastikan bahwa anda sudah siap melaksanakan ujian.

4. Bicaralah pada gurumu

Pastikan kamu mengetahui apa yang akan terjadi di saat ujian berlangsung dan tahu bagaimana anda mempersiapkanya. Selain itu jika kamu memiliki keraguan tentang materi yang telah disampaikan oleh guru jangan ragu untuk bertanya kepadanya Karena dia mungkin memiliki saran yang bagus untuk kamu untuk membantu anda sukses.

5. Jaga kesehatan diri

Kesehatan merupakan factor terpenting ketika kamu hendak melaksanakan sebuah tes. Karena jika anda sakit maka semua yang anda lakukan akan sia-sia.Otak juga butuh istirahat dan membutuhkan bahan bakar berupa makanan dan minuman. Sebelum memulai tes sebaiknya makan terlebih dahulu dan minumlah air putih yang banyak agar konsentrasi tetap terjaga.

Hindari makanan dan minumam seperti soda dan kafein karena itu dapat meningkatkan tingkat kecemasan anda.Selai itu jangan lupa berolahraga minimal lakukanlah peregangan sebelum akan memulai ujian dan itu bias melepaskan ketegangan.Perbanyak istirahat sebelum tes juga sangat berpengaruh dalam mengontrol tingkat kecemasan anda.Tidur yang teratur akan membuat kinerja anda lebih optimal.

6. Jangan ragu untuk dating ke Konselor jika anda memiliki tingkat kecemasan berlebih

Jika anda memang memiliki masalah dengan tinkat kecemasan memang konsultasi dengan konselor yang professional adalah langkah yang tepat.Jika perlu Terapi bicara (psikoterapi) dengan psikolog atau professional kesehatan mental akan dapat membantu anda mengatasi perasaan,pikiran,perilaku yang menyebabkan anda mudah merasa cemas.

Jangan ragu untuk bertanya dan menyampaikan keluhanmu tentang kecemasan yang kamu miliki.Mereka pasti akan membantu anda agar kecemasan anda yang berlebihan dapat segera teratasi.

Sumber :
http://www.deakin.edu.au/students/health-and-wellbeing/counselling/topics-to-explore/general-health/exam-confidence
https://www.skillsyouneed.com/rhubarb/exam-tips.html