Bagaimana cara mengurus VISA untuk ke Jepang?

jepang

Jepang telah menjadi salah satu destinasi paling digemari oleh wisatawan Indonesia. Makanya, tidak heran kalau kamu banyak melihat teman atau saudara yang berlibur ke sana. Apa kamu punya rencana untuk menghabiskan liburan di negeri sakura ini? Nah, sebelum berangkat ke sana, tentu kamu harus punya VISA dulu. Bagaimana cara mengurusnya?

Cara membuat dan segala persyaratan membuat VISA ke Jepang:

  • Lengkapi dulu segala persyaratannya
    Hal utama yang harus kamu punya tentunya adalah paspor. Akan lebih baik lagi, kalau kamu memiliki paspor dengan masa berlaku yang masih panjang, setidaknya minimal tiga bulan sebelum keberangkatan paspormu masih berlaku. Kamu juga harus menyiapkan pas foto ukuran 4,5 x 4,5 cm yang diambil dalam periode enam bulan terakhir, fotokopi KTP atau surat keterangan domisili, fotokopi kartu keluarga dan akta lahir, serta asuransi perjalanan. Setelah lengkap, silahkan isi formulir permohonan secara online sesuai dengan tipe VISA yang kamu inginkan.

  • Kamu harus sudah punya tiket pulang dan pergi dan sertakan saldo tabungan milikmu
    Kalau bisa, sertai tiket pesawatmu dengan itinerary yang jelas. Hal ini berguna untuk meyakinkan pihak kedutaan bahwa tujuanmu pergi ke Jepang memang hanya untuk traveling saja. Yang tak kalah penting, kamu juga harus memberikan catatan rekening koran periode tiga bulan terakhir. Kalau bukan dirimu sendiri yang menanggung perjalanan ke Jepang, maka kamu harus menyertakan dokumen seseorang yang menanggung perjalananmu. Saldo tabungan harus disesuaikan dengan biaya hidup selama melakukan perjalanan di Jepang. Misalnya, jika di Jepang menghabiskan dana Rp 620 ribu per harinya, maka untuk 10 hari perjalanan kamu setidaknya harus memiliki saldo Rp 6.2 juta.

  • Berapa biaya membuat VISA?
    Ada tiga jenis VISA yang ditawarkan dengan harga yang berbeda. Pertama, visa single entry dengan harga Rp 330 ribu. Kedua, visa multiple entry yang bisa digunakan untuk ke Jepang beberapa kali, biayanya Rp 660 ribu. Terakhir, ada visa transit yang hanya Rp 80 ribu saja. Kamu bisa memilih VISA sesuai yang kamu butuhkan dalam perjalananmu nanti.

  • Tempelkan semua foto dengan lem dan jangan pernah gunakan staples untuk menyatukan semua dokumenmu
    Proses mengurus VISA akan benar-benar lancar dan VISA akan segera kamu dapatkan di tangan kalau segala persyaratan atau dokumen sudah disusun sesuai urutan. Tapi ingat, dokumen kamu harus dalam keadaan rapi atau tidak boleh dilipat. Pastikan semua foto sudah kamu tempel dengan lem dan benar-benar melekat. Selain itu, kamu tidak diperbolehkan menggunakan staples pada semua dokumenmu. Gunakan saja klip kertas untuk menyatukan dokumen-dokumen. Satu lagi, jangan gunakan kertas selain A4, ya! Oh iya, tetap bawa dokumen aslinya juga ya saat kamu berkunjung ke Kedubes untuk mengurus VISA keberangkatan kamu ke Jepang untuk berjaga-jaga. Penting juga untuk berpakaian rapi saat apply VISA mu nanti. Hal ini menandakan kalau kamu adalah orang yang serius dan terpelajar.

  • Tempat mengurus VISA Jepang 2017 Terbaru
    Proses pengajuan dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC). Lokasinya ada di Lotte Shopping Avenue Lantai 4, tepatnya ada di samping Studio XXI. Jadi buat kamu yang tinggal di Jakarta bisa mulai mengurus Visa Jepang di JVAC yang ada di Lotte Shopping Avenue. Selain Jakarta kamu yang berada di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung juga bisa membuat Visa di JVAC. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membaca wilayah yurisdiksi di sini .

Sumber: