Bagaimana cara mengurangi ngilu saat scalling?

Karang gigi merupakan salah satu masalah pada gigi yang sering terjadi. Munculnya karang gigi disebabkan penumpukan plak dan kotoran yang menempel di gigi dalam jangka waktu yang lama. Cara yang paling tepat untuk menghilangkan karang gigi adalah melalui proses scaling atau proses pembersihan karang gigi. Tapi banyak orang yang malas melakukan scaling gigi karena rasa ngilu yang menjadi efek samping pasca scaling ini. bagaimana cara mengurangi ngilu saat scalling?

Untuk menghindari rasa ngilu yang berlebihan sesaat setelah scaling gigi, hal ini mungkin perlu anda lakukan :

Perbanyak Berkumur
Untuk mengurangi rasa ngilu, cobalah untuk sering berkumur. Berkumur sebaiknya dilakukan setidaknya lima kali dalam sehari. Anda juga dapat berkumur dengan mouth wash yang mengandung Chlorhexidine gluconate. Alternatif lainnya adalah campuran dari air daun sirih dan air garam.

Minum Air Putih
Setelah scaling, sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh. Minumlah 8 gelas air putih setiap hari, karena air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah karang gigi.

Konsumsi Buah Dan Sayur
Buah dan sayuran mengandung banyak serat dan vitamin. Vitamin bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur yang mampu mengurangi rasa ngilu pasca scaling gigi.

Rajin Memeriksa Gigi Ke Dokter Anda
Dengan mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali, akan mudah mengetahui kondisi gigi anda. Dokter pun lebih mudah untuk memberikan penanganan yang tepat.

Rasa ngilu pada saat setelah membersihkan karang gigi mungkin akan tetap timbul, namun biasanya akan hilang setelah dua hari. Jika lebih dari 6 hari Anda masih merasakan sakit, sebaiknya Anda mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.