Bagaimana cara mengurangi curiga kepada pasangan?

image

Berbagai hubungan antar sejoli seringkali diwarnai dengan rasa curiga dan ketakutan akan ketidaksetiaan pasangannya. Bagaimana cara mengurangi rasa curiga tersebut?

Mencurigai pasangan merupakan sesuatu hal yang wajar dalam hubungan percintaan. Nah, bagaimana caranya mengurangi curiga kepada pasangan :

  1. Saling memahami karakter
    Anda dan pasangan anda ditakdirkan bersama bukan karena anda memiliki persamaan, tetapi anda memiliki karakter yang saling melengkapi. Karakter saling melengkapi inilah yang membuat hubungan anda saling berkelanjutan. Anda harus tahu cara bersikap sabar dalam segala hal.
    Karena seingkali perbedaan karakter ini yang membuat satu sama lain memiliki tingkat kesabaran yang berbeda.

  2. Saling terbuka
    Cara yang paling ampuh dalam menghilangkan rasa curiga adalah memiliki sikap saling terbuka. Jangan sampai pasangan anda menganggap ada yang anda sembunyikan. Saling terbuka terhadap apapun juga adalah cara menghilangkan kejenuhan dalam hidup karena anda memiliki tempat untuk mencurahkan hati. Sifat keterbukaan juga bisa membantu anda mendapatkan kepercayaan dalam berhubungan serta pasangan anda akan siap membantu karena telah diberikan kepercayaan oleh anda.

  3. Lebih banyak memberi
    Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Peribahasa itu berguna juga dalam berhubungan dan membangun kepercayaan. Dalam hal ini bukanlah dalam persoalan materi tapi pengorbanan yang seharusnya kita berikan kepada pasangan anda.

  4. Jangan cepat berprasangka buruk
    Salam paham dan prasangka buruk sering terjadi dalam berhubungan. Jika anda menemukan lipstik di kemeja pasangan anda, jangan langsung menuduh selingkuh. Mungkin saja pasangan anda sering digoda, namun dirinya tetap setia dengan anda. Penyebab perceraian di Indonesia jika memang pasangan anda berniat serong tentu saja semua jejak perselingkuhannya akan dihapus sebelum pulang ke rumah.

  5. Belajar bersikap bijak
    Berpikiran terbuka dan menanggapi segala hal dengan bijak merupakan suatu keahlian yang tidak semua orang mengetahuinya. Dengan bersikap bijak segala pikiran negatif dapat dihilangkan dan setiap masalah bisa terselesaikan dengan baik. Tidak langsung menjatuhkan tuduhan atau terlalu cepat mengambil kesimpulan adalah ciri dari sikap bijak. Pribadi yang bijak biasanya menelaah terlebih dahulu semua kejadian yang dialaminya dengan kepala dingin, mengumpulkan semua bukti-bukti baru menjatuhkan tuduhan. Kita harus tahu betul cara mengatasi masalah keluarga.

  6. Tidak membandingkan diri dengan orang lain
    Rasa minder terhadap diri sendiri juga bisa membangun rasa curiga terhadap pasangan. Sifat membandingkan dengan diri orang lain adalah suatu tindakan rendah diri. Kita harus tahu cara meningkatkan harga diri. Setiap ada seseorang yang mendekati pasangannya dan merasa orang tersebut mempunyai kelebihan baik dari postur tubuh atau dari segi penampilan, mereka akan segera mencurigai pasangannya jika sedang dekat, atau berada di samping pasangannya tersebut.

  7. Menjadi pemaaf
    Menghilangkan curiga yang efektif juga dapat dilakukan dengan memafkan pasangan anda. Sifat pemaaf adalah sifat yang suci karena dengan memaafkan terlebih dahulu bisa meredam semua prasangka buruk. Kita harus tahu cara menghilangkan sifat egois diri sendiri dengan tidak egois hati akan lebih mudah menerima. Semua permasalahan akan dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Memiliki sifat pemaaf diantara satu sama lain bisa membuat hubungan dengan pasangan menjadi langgeng. Saling memaafkan dianjurkan oleh setiap agama samawi di dunia. Memiliki sifat pemaaf bahkan sebelum orang meminta maaf menunjukkan sikap mulia.

  8. Murah senyum
    Senyum adalah jendela kebahagiaan, dengan tersenyum manusia akan melepaskan hormon kebahagian. Hidup dengan bahagia dapat membuat semua masalah bisa terselesaikan dengan cepat. Sebaliknya sedikit senyum membuat wajah terlihat kecut dan terkesan memendam emosi yang dalam. Murah senyum adalah sikap yang disukai oleh semua orang karena dengan tersenyum orang akan menyukai anda dan akan senang berada disekitar anda. Namun jangan jadikan diri andan ciri-ciri lelaki genit.

  9. Jangan membandingkan pasangan dengan orang lain
    Sifat membandingkan tidak baik dalam hubungan. Jika anda melihat pasangan orang lain selingkuh anda jangan membandingkan pasangan anda seperti itu. Setiap orang memiliki sifat yang berbeda. Terkadang kita memilih pilihan yang salah, namun jangan menganggap pilihan masa kini dan masa lalu kita adalah orang sama.

  10. Belajar Ikhlas
    Belajar ikhlas adalah ilmu yang dapat dipelajari sendiri namun sangat sulit untuk dipraktekkan, dengan ikhlas kita dapat menerima segala seuatu dengan lapang dada dan tidak terbawa emosi. Ciri cinta sejati adalah ikhlas. Ikhlas adalah tingkat tertinggi dari kesabaran. Karena orang yang sabar belum tentu ikhlas. Membawa sifat ikhlas didalam berhubungan membuat hubungan tanpa prasangka. Jangan menjadi orang munafik. Karena sangat bahaya menjadi orang yang munafik dan berpura-pura ikhlas.

Sumber : Cara Menghilangkan Rasa Curiga Terhadap Pasangan