Bagaimana cara mengubah kalimat deklaratif menjadi kalimat interogatif?

kalimat deklaratif dan kalimat interogatif

Dalam membuat suatu kalimat, ada yang disebut dengan kalimat deklaratif dan kalimat interogatif. Bagaimana mengubah kalimat deklaratif menjadi kalimat interogatif?

Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang bertujuan untuk menyampaikan informasi tanpa memerlukan jawaban. Kalimat deklaratif dapat berupa kalimat aktif dan kalimat pasif tergantung oleh predikatnya. Caranya adalah dengan menambahkan kata penegas -kah dalam kalimat deklaratif.

Contoh:

  1. Wanita itu yang dicari Budi selama ini (kalimat deklaratif) – kalimat ini dapat diubah menjadi: wanita itu kah yang dicari Budi selama ini? (kalimat interogatif)
  2. Ardi pemilik sebagian besar tanah di Desa Subur (kalimat deklaratif) – kalimat ini dapat diubah menjadi: Ardi kah pemilik sebagian besar tanah di Desa Subur? (kalimat interogatif)
  3. Dia satu satunya orang yang selamat dari kecelakaan beruntun itu (kalimat deklaratif) – kalimat ini dapat diubah menjadi: Dia satu satunya kah orang yang selamat dari kecelakaan beruntun itu? (kalimat interogatif)