Bagaimana Cara Mengonsumsi Valacyclovir Dengan Benar?

Valacyclovir adalah obat yang digunakan untuk menangani infeksi yang disebabkan oleh beberapa jenis virus. Bagaimana Cara Mengonsumsi Valacyclovir Dengan Benar?
image

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi valacyclovir. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter.

Valacyclovir bisa dikonsumsi sesudah makan ataupun saat perut kosong. Perbanyak konsumsi minuman non-alkohol saat mengonsumsi valacyclovir, agar terhindar dari gangguan fungsi ginjal.

Jangan memperpanjang atau mengurangi durasi pengobatan tanpa izin dokter. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Untuk memaksimalkan efek obat, selalu minum obat ini pada jam yang sama setiap harinya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi valacyclovir, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis valacyclovir pada jadwal berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Sumber : www.alodokter.com