Bagaimana Cara Mengonsumsi Saat Kehamilan atau Menyusui?

Vasodilator adalah golongan obat yang digunakan untuk melebarkan pembuluh darah agar aliran darah dapat mengalir dengan lebih lancar, sehingga tidak membebani jantung dalam memompa darah. Bagaimana Cara Mengonsumsi Saat Kehamilan atau Menyusui?

image

Konsumsi Saat Kehamilan atau Menyusui

  • Seluruh obat ACE inhibitor dan ARB masuk ke dalam kategori C pada trimester pertama, yaitu studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

  • Pada trimester kedua dan ketiga, masuk ke dalam kategori D, dimana ada bukti positif mengenai risiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh mungkin lebih besar dari risikonya, misalnya untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa…

  • Tidak ada penelitian mengenai keamanan mengonsumsi ACE inhibitor atau ARB saat menyusui. Captopril dan enalapril merupakan obat ACE inhibitor yang dianggap aman dikonsumsi saat menyusui.

  • Obat jenis CCB masuk dalam kategori C, di mana studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin. Nifedipine dan nicardipine merupakan obat vasodilator jenis CCB yang dianggap aman dikonsumsi saat kehamilan.

  • Belum ada data mengenai penggunaan obat CCB saat menyusui. Nifedipine merupakan obat CCB yang dianggap aman digunakan saat menyusui.

  • Nitrat masuk dalam kategori C, di mana studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Sumber : www.alodokter.com