Bagaimana cara mengobati Vaskulitis ?

Vaskulitis adalah peradangan pada pembuluh darah yang menyebabkan perubahan pada dinding pembuluh. Bagaimana mengobatinya ?

image

Vaskulitis adalah kondisi yang menyebabkan perubahan pada dinding pembuluh darah, seperti penebalan, pelemahan, penyempitan, dan luka. Hal-hal tersebut juga membatasi aliran darah, mengakibatkan kerusakan pada organ dan jaringan. Vaskulitis dapat terjadi sebagai akibat dari infeksi, pengobatan, penyakit, atau kondisi lainnya. Ada sekitar 20 jenis penyakit yang digolongkan sebagai vaskulitis. Komplikasi dan keparahan tergantung pada pembuluh darah apa yang terpengaruh.

Untuk kebanyakan jenis vaskulitis, perawatan meliputi mengendalikan inflamasi, mengatasi penyebab utama, serta mencegah terjadinya vaskulitis kembali. Orang yang memiliki vaskulitis parah diatasi dengan pengobatan dengan resep. Meski jarang terjadi, operasi dapat dilakukan. Orang yang memiliki vaskulitis ringan dapat diberikan penawar rasa sakit seperti acetaminophen, aspirin, ibuprofen, or naproxen. Pengecualian adalah penyakit Buerger’s, yang paling baik ditangani dengan berhenti merokok.

Obat-obatan dengan resep yang digunakan untuk mengobati vaskulitis meliputi kortikosteroid atau pengobatan imunosupresan. Tes darah juga dapat membantu dokter melihat perkembangan atau aktivitas penyakit. Setiap pasien berbeda-beda dan perawatan harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sumber : hellosehat.com