Bagaimana cara mengobati penyakit flu pada ular?

image

Salah satu penyakit yang bisa menyerang ular adalah flu. Ini adalah ancaman berat bagi keeper ular, karena bisa membuat ular jadi mogok makan, bersin-bersin dan kasus terparah bisa mati.

Bagaimana cara mengobati penyakit flu pada ular?

Cara mengobati ular yang terkena penyakit flu adalah sebagai berikut :

  1. Kurangi intensitas mandi air dingin
    Jika kalian sering memandikan ular setidaknya 4 hari atau seminggu sekali, sebaiknya tahan dulu. Memandikan ular bisa memperparah flu. Langkah paling ampuh adalah dengan membasuh dengan air saja, atau bisa juga disemprot menggunakan spray yang biasa kalian gunakan. Namun jangan lupa untuk dilap alias dikeringkan. Jangan sampai menambah lembap tubuh ular.

  2. Rendam dengan air sirih hangat
    Jangan lupa merendam ular dengan daun sirih hangat, karena daun sirih bisa jadi obat bagi ular. Tapi ingat, jangan terlalu lama, usahakan durasinya 15-20 menit saja. Jangan lupa untuk merendam di bagian kepala. Setidaknya mulut dan hidungnya terendam. Biarkan ular minum air sirih.

  3. Bersihkan kandang dengan air sirih
    Air sirih tadi jangan langsung dibuang, kalian bisa menggunakannya untuk mencuci kandang sampai bersih. Kandang kemungkinan besar juga sudah terkontaminasi dengan lendir atau cairan dari mulut ular ketika bersin. Ibarat manusia, itu adalah ingus yang menempel. Sehingga wajib di bersihkan.

  4. Jemur kandang dan ular
    Setelah membersihkan kandang dan ular, jemur di bawah terik matahari langsung. Ini akan memberikan rasa hangat pada tubuh ular. Gunakan penjemuran ini sebaik-baiknya. Usahakan menjemur ular mulai jam pagi hingga batas jam 10 siang. Itu adalah saat di mana sinar matahari yang menyehatkan dan kaya vitamin.Jangan juga terlalu lama, karena ular tidak akan nyaman. 15 menit sudah cukup. Bisa lebih lama lagi jika flu memang parah. Tapi dengan catatan, setelah 10 menit, teduhkan 5 menit, panaskan lagi 10 menit, lalu teduhkan lagi. Kalian bisa mengukur sendiri suhu hangat pada tubuh ular.

  5. Beri alas pada kandang
    Jangan lupa untuk memberi kandang ular alas. Ini juga untuk menjaga suhu kandang tetap hangat. Kalian bisa menggunakan koran beberapa lembar, kain hangat, karpet, atau lainnya. Yang jelas berikan kehangatan pada ular. Tempat penyimpanan juga harus diperhatikan. Jangan diletakkan di luar ruangan, jika bisa saat sakit ular tempatkan di dalam ruangan. Apabila kondisi cuaca memang sedang dingin, kalian bisa menambahkan lampu sebagai penghangat di dalam kandang.

  6. Tahap penyembuhan
    Nah, tiba di tahap penyembuhan. Di sini kalian akan mendapati hasil dari semua rangkaian tips tadi. lakukan tips pertama sampai lima dalam kurun waktu 4-5 hari secara rutin dan disiplin. Maka ular akan berangsur sembuh. Di tahap ini kemajuan akan muncul dengan tanda bahwa ular tidak lagi keluar lendir alias ingus. Perhatikan pagi hari, jika sudah tidak bersin maka ular hampir dipastikan sembuh. Selanjutnya kamu bisa melakukan proses penyembuhan dengan cara menjemur ular minimal seminggu sekali. Jika sudah terlihat sehat, kamu bisa test ular kamu untuk makan, karena selama sakit biasanya dia mogok makan. Yang jadi permasalahan adalah ketelatenan dan ketulusan kalian untuk menyembuhkan ular. Jika kurang disiplin dalam mengobati, ular akan susah sembuh.