Bagaimana cara mengobati Osteofit?

Osteofit atau bone spur adalah tulang yang tumbuh menonjol ke arah luar tubuh yang muncul di tempat pertemuan kedua tulang atau persendian. Bagaimana cara mengobati Osteofit?
image

Osteofit dapat ditangani dengan pemberian obat-obatan atau menjalani prosedur pembedahan untuk mengurangi peradangan dan mencegah berulangnya cedera. Osteofit yang menyebabkan pembengkakan disertai rasa sakit dapat diredakan dengan pemberian obat pereda rasa sakit, seperti paracetamol, ibuprofen, acetaminophen, atau natrium naproxen. Sementara itu, osteofit yang mengakibatkan terbatasnya pergerakan bagian tubuh tertentu atau tertekannya saraf tertentu akan membutuhkan penanganan melalui pembedahan. Prosedur ini bisa juga dilakukan untuk mengobati osteofit yang berdampak kepada kinerja pinggang, lutut, atau persendian di bagian bawah ibu jari. Diskusikanlah bersama dokter mengenai risiko maupun keuntungan dari prosedur pembedahan sebelum memutuskan untuk melakukannya.
Seorang fisioterapis dapat membantu penderita osteofit dalam menjalani serangkaian latihan fisik untuk menguatkan otot dan meningkatkan pergerakan area tubuh yang terpengaruh oleh kondisi ini. Untuk penderita osteofit yang memiliki berat badan berlebih (obesitas), menurunkan berat badan ke titik ideal akan sangat membantu dalam mengurangi ketegangan dan tekanan yang dirasakan oleh persendian.