Bagaimana cara mengobati orang yang terkena gangguan kepribadian?

Gangguan kepribadian adalah suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya memiliki pola pikir dan perilaku yang tidak sehat dan berbeda dari orang normal. Selain itu juga dapat membuat penderitanya sulit untuk merasakan, memahami, atau berinteraksi dengan orang lain.

Bagaimana cara mengobati orang yang terkena gangguan kepribadian ?

Cara utama dalam menangani gangguan kepribadian adalah melalui terapi psikologis atau kejiwaan di bawah bimbingan psikiater. Terapi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pasien dalam mengendalikan emosi serta pikirannya secara lebih baik. Umumnya terapi ini dilakukan setidaknya selama enam bulan, namun durasinya bisa lebih panjang jika kondisi kejiwaan pasien cukup parah.

Terapi psikologis terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  1. Terapi perilaku kognitif. Terapi ini bertujuan mengubah cara berpikir dan perilaku pasien ke arah yang positif. Terapi ini didasarkan kepada teori bahwa perilaku seseorang merupakan wujud dari pikirannya. Artinya, jika seseorang berpikiran negatif, maka perilakunya pun akan negatif, begitu pun sebaliknya.

  2. Terapi psikodinamik. Terapi ini bertujuan mengeksplorasi dan membenahi segala bentuk penyimpangan pasien yang telah ada sejak masa kanak-kanak. Kondisi semacam ini terbentuk akibat pengalaman-pengalaman negatif yang dialami pasien di masa lalu.

  3. Terapi interpersonal. Terapi ini didasarkan kepada teori bahwa kesehatan mental seseorang sangat dipengaruhi oleh interaksi mereka dengan orang lain. Artinya, jika interaksi tersebut bermasalah, maka gejala-gejala gangguan kepribadian bisa terbentuk. Karena itulah terapi ini bertujuan untuk membenahi segala masalah yang terjadi di dalam interaksi sosial pasien.

Selain terapi psikologis, dokter bisa memberikan obat-obatan kepada pasien. Namun, penggunaan obat hanya disarankan apabila gejala-gejala yang terkait dengan gangguan kepribadian sudah memasuki tingkat menengah atau parah. Sejumlah obat yang mungkin dipakai adalah obat-obatan penstabil suasana hati dan obat penghambat pelepasan serotonin (antidepresan).

Faktor kunci yang paling efektif untuk menyembuhkan gangguan kepribadian, atau biasa disebut mental illness, adalah kemauan dan kemampuan orang tersebut untuk terlibat dalam penyembuhannya sendiri. Jika Anda berjuang dari depresi, kecemasan, gangguan bipolar, atau penyakit mental lainnya, keterlibatan dan sikap Anda menghadapi hal tersebut akan membuat perbedaan yang sangat signifikan.

Sebuah data menyebutkan bahwa :

Satu dari empat orang dewasa mengalami gangguan kesehatan mental dan satu dari 17 orang hidup dengan penyakit mental yang serius. Tetapi kabar baiknya adalah antara 70 sampai 90 persen dari individu yang dirawat karena penyakit mental yang dialaminya, mengalami penurunan gejala dan peningkatan kualitas hidup. National Alliance on Mental Illness

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati atau merawat kondisi jiwa Anda ketika mengalami penyakit mental antara lain :

Hadapi kenyataan yang ada

Kenyataan memang terkadang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Daripada Anda merenungi kondisi yang ada, dan tida mau menerima kenyataan yang ada, lebih baik Anda menerimanya dan mencari hikmah dibalik kondisi tersebut. Yang terpenting lagi adalah, dalam kondisi apapun, Anda masih dapat menerima kebahagiaan.

Semua sangat bergantung dari pola pikir Anda sendiri.

Misalnya, memang benar bahwa banyak penyakit fisik seperti hipertensi, radang sendi, dan diabetes tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, tetapi kenyataannya, banyak orang dapat hidup bahagia dan produktif walaupun dalam kondisi tersebut.

Gunakan jasa terapis

Ketika pikiran Anda sudah sangat sulit untuk dirubah, dan pikiran tersebut sangat mengganggu mental Anda, maka cara yang paling baik adalah mencari terapis yang dapat membantu Anda mengatasi permasalahan yang Anda hadapi. Seorang terapis dapat membantu Anda belajar dan berlatih keterampilan untuk mengatasi permasalah tersebut, baik dengan pendekatan psikologis maupun dengan batuan obat-obatan.

Penelitian telah membuktikan bahwa kombinasi antara obat-obatan dan terapi bicara adalah metode yang paling efektif untuk merawat oang dengan gangguan kepribadian.

Dengan bantuan terapis, Anda dapat mengembangkan strategi yang tepat untuk menghadapi permasalahan yang ada. Yang paling penting, terapis dapat mendorong dan mendukung upaya diri Anda sendiri sampai Anda dapat mengembangkan kepribadian Anda menjadi pribadi yang positif.

Jaga kebugaran fisik Anda

Menjaga kebugaran fisik sering diabaikan oleh sebagian besar orang yang mengalami gangguan kepribadian. Pernyataan yang sering muncul adalah, “Yang sedang sakit adalah pikiran saya, sehingga saya sudah tidak peduli dengan kondisi fisik saya.”. Bahkan, dengan adanya gangguan kepribadian, maka kita menjadi lebih bermalas-malasan.

Banyak penelitan yang membuktikan bahwa Kebugaran fisik berpengarus secara signifikan dengan kesehatan mental.

Berolahragalah minimal 30 menit per hari, maka Anda akan merasakan perbedaannya. Cara termudah adalah berolahragalah pada cabang olahraga yang memang Anda sukai.