© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara mengobati gusi yang bengkak?

Gusi bengkak

Gusi bengkak adalah salah satu gejala dari gingivitis kronis atau peradangan gusi kronis. Deteksi dan pengobatan gusi bengkak sedini mungkin dapat mencegah kondisi lain yang lebih parah misalnya periodontitis.

Gejala gusi bengkak yang lebih buruk harus mendapatkan perawatan dari dokter gigi. Sementara jika masih tahap biasanya saja, bisa melakukan beberapa langkah ini.

  1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut
    Hal pertama untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Anda bisa mencoba untuk menggosok gigi secara teratur dengan cara yang benar. Pilihlah jenis sikat gigi yang lembut dengan sudut 45 derajat sehingga bisa menjangkau semua sudut gigi dan mulut. Setelah itu biasakan untuk melakukan flossing atau membersihkan gigi dengan benang. Dengan cara ini Anda sudah bisa terhindar dari bakteri yang menyebabkan gusi bengkak.

  2. Berkumur dengan Air Garam
    Anda juga bisa mencoba untuk berkumur dengan air garam yang hangat. Cara ini tidak hanya bisa membersihkan bagian mulut dan gigi tapi juga bisa membunuh semua bakteri pada mulut dan gigi. Garam bersifat membersihkan dan membunuh semua jenis bakteri maupun virus dalam rongga mulut. Cara ini akan membuat gusi yang bengkak mereda dengan cara yang sangat lembut. Cara membuat larutan garam adalah dengan memasukkan satu sendok teh ke dalam air hangat. Kemudian aduk hingga larut dan siap digunakan sebagai obat kumur. Anda bisa berkumur dengan air garam sebanyak satu atau tiga kali sehari.

  3. Hindari Terlalu Banyak Karbohidrat
    Tanpa Anda sadari ternyata makanan juga mempengaruhi kondisi kesehatan gigi dan mulut. Kebiasaan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat bisa menyebabkan gigi bengkak. Karbohidrat juga bisa membuat gusi bengkak menjadi lebih parah terutama pada penderita diabetes. Karena itu Anda bisa mulai mengurangi karbohidrat dengan mengkonsumsi makanan pengganti nasi. Jangan lupa untuk menyertakan buah dan sayuran sebagai sumber makanan harian Anda.

  4. Berhenti Merokok
    Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, maka untuk menyembuhkan gusi bengkak Anda juga harus berhenti merokok. Rokok mengandung nikotin yang bisa menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif. Selain itu rokok juga bisa membuat kondisi gigi menjadi lebih tidak sehat, karena ada penumpukan kerak dan perubahan warna gigi. Jadi pastikan Anda segera berhenti merokok jika terkena penyakit gusi bengkak.

  5. Hindari Pasta Gigi yang Menyebabkan Iritasi
    Ada beberapa jenis pasta gigi yang bisa membuat gusi menjadi iritasi. Biasanya pasta gigi yang mengandung bahan kimia terlalu keras bisa menyebabkan hal ini. Selain itu pasta gigi yang mengandung formula khusus dari bahan alkohol juga akan membuat gusi menjadi tidak sehat. Iritasi akan menyebabkan gusi bengkak dan rasa sakit. Karena itu sementara waktu jangan menggunakan pasta gigi yang bisa menyebabkan gigi luka.

  6. Gunakan Minyak Cengkeh
    Cengkeh sudah dipercaya sejak lama bisa membantu mengobati keluhan pada gigi seperti sakit gigi atau gusi bengkak. Cengkeh memiliki aroma yang sangat harum dan bisa memberikan efek yang menenangkan. Bahan yang bisa membantu meredakan gusi bengkak adalah eugenol. Senyawa yang mengandung bahan antioksidan ini bisa melawan peradangan dan meredakan sakit gigi.

sumber: https://halosehat.com/penyakit/penyakit-gigi-dan-mulut/cara-mengobati-gusi-bengkak