Bagaimana cara mengobati Cloudy Eye pada Ikan ?

penyakit mata kabut pada ikan

Salah satu penyakit yang paling sering menyerang ikan hias ialah penyakit mata kabut (cloudy eye). Penyakit ini bahkan dapat menyerang hampir semua jenis ikan hias, terutama ikan-ikan yang dipelihara di dalam akuarium.

Bagaimana cara mengobati Cloudy Eye pada Ikan ?

Pada dasarnya, upaya pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan ikan yang terkena penyakit cloudy eye kurang lebih sama seperti penyakit-penyakit yang disebabkan mikroorganisme lainnya. Anda bisa mengobati penyakit tersebut menggunakan antibiotik yang ditaburkan ke dalam akuarium. Misalnya Anda bisa memanfaatkan tetrasiklin serta methylene blue sebagai obat cloudy eye yang sangat ampuh.

Obat antibiotik tersebut tidak boleh langsung diberikan begitu saja kepada akuarium yang berpenyakit. Anda harus membersihkannya terlebih dahulu secara menyeluruh, termasuk semua aksesori yang ada di dalamnya. Setelah itu, barulah antibiotik diberikan dalam dosis yang secukupnya sesuai kapasitas air di dalam akuarium. Jadi Anda harus mengikuti aturan pakai yang telah disarankan agar tidak berlebihan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan sebab pemakaian antibiotik yang terlalu banyak justru bisa meracuni ikan peliharaan Anda.

Pengobatan cloudy eye akan lebih efektif hasilnya manakala Anda memasang water heater di akuarium. Water heater ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu air di dalam akuarium sehingga tetap ideal bagi kehidupan si ikan. Dengan demikian kesehatan ikan lebih terjaga dan upaya penyembuhan pun bisa berjalan lebih maksimal. Jika kondisi ikan sudah sangat parah, sebaiknya Anda puasakan terlebih dahulu ikan tersebut sampai keadaannya stabil. Biasanya dalam kurun waktu 3-7 hari ikan yang berpenyakit sudah sembuh kembali.