Bagaimana cara mengisolasi virus penyebab penyakit VWD pada babi?

babi sakit

Apakah mungkin untuk mengisolasi virus penyebab VWD? Jika iya, bagaimana caranya?

Jika memang memungkinkan untuk mengisolasi virus penyebab penyakit VWD, akan sangat menguntungkan bagi para peternak babi sehingga ternaknya tidak lagi terjangkit VWD. Namun, apakah bisa virus penyebab VWD diisolasi?

Isolasi virus:
Spesimen. VWD virus dapat diisolasi dari tonsil, paru-paru. kelenjar regional (mesenterial), limpa dan otak. Isolasi hanya berhasil bila spesimen berasal dari hewan yang baru mati dan jangka penyakitnya pendek.

Biakan sel. Biakan sel ginjal babi atau thyreoid yang primer biasanya dipergunakan.

Hewan percobaan. Jenis hewan yang satu-satunya dapat dipakai ialah anak babi. Inokulum diberikan secara intranasal atau per os.

Identifikasi virus. Aspek perubahan-perubahan biakan sel tertular sudah memberikan indikasi mengenai adanya virus VWD (sel-sel sinsicia, vakuolasi sel-sel tertular). Pada sel-sel dapat dilakukan tes hemadsorpsi. Tes menghambat hemaglutinasi (HI test) da-at juga dipergunakan dengan sampel serum sepasang (paired sera).

Tes Serologis:
Seperti telah dikatakan di atas tes HI dapat dipergunakan untuk diagnosis serologis. Tes ini hanya berguna bila serum sepasang diperiksa yakni serum yang diambil pada awal penyakit dan kira - kira 2 minggu kemudian. Kenaikan titer sampai empat kali menunjukkan adanya penyakit.

Referensi: Ressang, AA. 1986. Penyakit Viral Pada Hewan. Jakarta: UI-Press.