Bagaimana cara menginstall Virtual Box?

Cara Meng-install VirtualBox

Dalam proses instalasi VirtualBox, tidak ada pengaturan yang harus dirubah. Oleh karena itu, proses installasi dapat dilakukan dengan mengklik Next hingga Finish.

Jendela Utama Virtualbox

Setelah selesai,jalankan VirtualBox yang memiliki tampilan seperti gambar diatas. Selanjutnya membuat Virtual Machine (VM) baru. Maksud dari Virtual Machine adalah istilah yang digunakan membuat sebuah sistem virtual. Dalam hal ini, sistem adalah sebuah komputer virtual di dalam komputer fisik anda. Komputer virtual atau VM dapat dengan mudah memasangan aplikasi lain yang diinginkan. Ukuran VM sangat tergantung dari ukuran sistem operasi yang akan di install. Membutuhkan ruang penyimpanan sebanyak 20 GB bahkan lebih. VM akan disimpan dalam folder User pada partisi C, dimana sistem operasi utama anda ter-install.

Mengganti Tempat Virtual Machine

Jika Anda memiliki partisi lain yang memiliki kapasitas lebih banyak, maka dapat dengan mudah untuk dilakukan perubahan dengan cara klik FIle > Preference kemudian pada “Default machine folder” , pilih direktori baru tempat anda menyimpan VM.

Meng-install Windows 10 ke Virtual Machine

Langkah cara menggunakan VirtualBox selanjutnya adalah kita mulai untuk sistem operasi dalam VM. Untuk percobaan kali ini, penulis akan meng-install Windows 10 ke VM. Walaupun penulis sebenarnya sudah menggunakan Windows 10 di komputer ini, penulis ingin menggunakan Windows 10 di VM sebagai sistem operasi test. Tentu anda dapat bebas memilih sistem operasi yang akan anda install. Bahkan sistem operasi lama Windows seperti Windows XP juga bisa anda install.

Membuat Virtual Machine

Memberi Nama Ke Virtual Machine Virtualbox

Untuk membuat VM, silahkan klik “New”. Tampilannya akan seperti gambar diatas. Silahkan beri nama untuk sistem operasi anda. Kemudian, pilih tipe dan versi sistem operasi yang akan ada install. Versi ini saya sarankan anda menggunakan Windows 10 (32-bit) agar tidak terlalu berat. Jika sudah, klik “Next”.

Alokasi Ram Virtualbox

Langkah kedua adalah mengalokasikan penggunaan RAM. Windows 10 32 bit dapat berjalan di RAM sebesar 1024 MB atau 1 GB. Jika menggunakan sistem operasi 64 bit, biasanya harus disediakan RAM minimal 2 GB. Perlu diingat bahwa alokasi RAM ini tentu mengambil porsi RAM fisik anda. Jika komputer anda memiliki RAM 8 GB, maka ketika anda mengalokasikan 1 GB untuk VM, maka ketika VM berjalan, RAM fisik anda akan tersisa 7 GB saja. Jadi pastikan RAM fisik anda mencukupi. Klik Next jika sudah yakin.

Membuat Virtual Hard Disk Virtualbox

Langkah ketiga adalah membuat virtual Hard disk. Virtual Hard disk inilah yang digunakan untuk menyimpan file-file penting sistem operasi anda. Biarkan saja opsi bawaan terpilih, yaitu “Create a virtual hard disk now”. Langsung saja klik Create.

Memilih Jenis Virtual Hard Disk Virtualbox

Langkah keempat adalah memilih jenis virtual Hard disk. Anda tidak perlu mengganti opsi yang ada. Langsung saja klik Next.

Ukuran Hard Disk Virtual Virtualbox

Langkah kelima adalah memilih opsi mengenai ukuran hard disk virtual. Opsi pertama yaitu “Dynamically allocated”, dimana ukuran virtual hard disk akan bertambah atau berkurang sesuai penggunaan. Jika VM anda ukurannya semakin besar, begitu juga hard disk virtual-nya. Opsi kedua yaitu “Fixed size” dimana ukurannya bersifat permanen. Jika anda memberikan 20 GB, maka ukurannya tidak akan berubah. Penulis kali ini akan memilih opsi pertama yaitu “Dynamically allocated”. Jika sudah, klik Next.

Alokasi Virtual Harddisk Virtualbox

Langkah keenam adalah mengalokasikan besarnya hard disk virtual. Walaupun penulis memilih hard disk virtual yang ukurannya dinamis, kita harus mengspesifikasikannya sebagai ruang dasar dalam membuat hard disk virtual. Penulis disini hanya mengalokasikannya sebesar 25 GB dan tentu akan bertambah sesuai keadaan. Jika sudah, klik Create. Selesai sudah membuat VM dalam artikel cara menggunakan VirtualBox ini.

Unduh Windows 10

Virtual Machine sudah selesai dibuat. Tentu agar dapat digunakan, anda perlu sistem operasi. Karena dari awal penulis ingin menggunakan Windows 10, penulis butuh file instalasinya. Anda bisa mengunduh Windows 10 disini. File-nya berbentuk installer, sehingga anda tidak langsung mendapatkan Windows 10-nya. Kemudian, jalankan untuk mulai.

Memilih Opsi Instalasi Windows 10 Installer

Langkah pertama, anda harus menyetujui EULA agar dapat mengunduh Windows 10. Klik Accept untuk memulai. Selanjutnya, anda diminta untuk memilih bagaimana Windows 10 akan terinstall. Pilih opsi kedua yaitu “Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC”. Karena kita akan mengunduh file berekstensi ISO. Klik Next jika sudah.

Memilih Jenis Windows 10 Installer

Langkah kedua, anda harus memilih jenis Windows 10 yang akan anda pilih. Disini, saya menggunakan Windows 10 64 bit. Namun jika anda ingin menggunakan versi 32 bit. hilangkan tanda centang pada “Use the recommended options for this PC”. Pada kolom architecture, penulis pilih 32-bit (x86). Windows 10 versi 32 bit lebih ringan daripada 64 bit. Apalagi ini hanya untuk tes saja, opsi 32 bit menurut saya cukup. Jika sudah, klik Next.

Memilih Media Instalasi Windows 10 Installer

Langkah ketiga adalah memilih media instalasi. Disini kita membutuhkan ISO File , oleh karena itu pilih saja opsi itu. Klik Next jika sudah. Kemudian, anda diminta untuk memilih lokasi dimana file-nya akan disimpan.

Proses Mengunduh Windows 10 Installer

Tergantung dari kecepatan internet yang anda miliki, tunggu beberapa saat hingga Installer selesai mengunduh Windows 10.

Install Windows 10 ke Virtual Machine

Memutuskan Internet Dalam Virtualbox

Langkah selanjutnya dalam cara menggunakan VirtualBox adalah install Windows 10. Pada saat proses install Windows 10 ke Virtual Machine, Windows 10 akan menggunakan internet anda untuk mengunduh update yang ada. Jika anda tidak suka, anda bisa mengklik menu Devices > Network > Connect Network Adapter. Jika memang komputer anda tidak terkoneksi internet, anda bisa melompati cara ini.

Memilih Instalasi Windows 10 Ke Virtual Machine Virtualbox

Virtual Machine sudah siap, begitu juga dengan file instalasi Windows 10. Langkah selanjutnya dalam cara menggunakan VirtualBox adalah meng-install Windows 10 ke Virtual Machine. Di VirtualBox, silahkan anda klik dobel VM yang sudah anda buat.

Optical Disk Selector Virtualbox

Kemudian, anda diminta untuk memilih file instalasi. Klik “Add” dan pilih file ISO Windows yang telah anda unduh sebelumnya. Jika sudah, klik “Choose” dan kemudian klik “Start” .

Instalasi Windows 10 Di Virtualbox

Selanjutnya, anda mulai untuk meng-install Windows 10 ke dalam VM. Tampilannya pun seperti diatas. Inilah penulis bilang dimana 2 sistem operasi berjalan bersamaan. Saat ini, komputer penulis menjalankan 2 Windows 10 dalam 1 komputer dan secara berdampingan. Opsi yang perlu anda ubah di gambar diatas mungkin hanya pada kolom “Time anda currency format”. Ubahlah agar menjadi Indonesia. Jika sudah, klik Next. Selanjutnya di tampilan berikutnya, klik “Install Now”.

Serial Number Windows 10 Virtualbox

Anda akan diminta untuk memasukkan serial number Windows 10. Karena kita tidak punya, langsung saja klik “I don’t have a product key”.

Memilih Versi Windows 10

Kemudian, anda akan diminta untuk memilih versi Windows 10 yang akan di-install. Disini, penulis akan menggunakan “Windows 10 Pro” untuk menggunakan seluruh fitur yang diberikan Windows 10. Anda bisa mempelajari berbagai edisi Windows 10 yang ada di artikel ini. Jika sudah, klik Next.

Jenis Instalasi Windows 10 Virtualbox

Selanjutnya, anda diminta untuk menyetujui EULA. Seperti biasa, beri tanda centang pada “I accept the license term” dan klik Next. Kemudian, anda diminta jenis instalasi yang dipakai. Karena kita install bersih, pilih opsi yang “Custom: Install Windows Only (Advanced)”.

Memilih Dimana Windows 10 Akan Terinstall Virtualbox

Kemudian, Anda diminta untuk memilih dimana Windows 10 akan terinstall. Sebelumnya, sudah mengalokasikan virtual hard disk sebesar 25 GB. Maka seperti gambar diatas, yang tersedia juga 25 GB. Jika sudah, klik Next. Tunggu beberapa saat hingga Windows 10 selesai di-install.

Referensi

https://windowsku.com/cara-menggunakan-virtualbox-petunjuk-manual/