Bagaimana cara mengidentifikasi kebutuhan pengguna sehingga bisa membuat produk yang tepat?

Produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bukanlah produk yang berasal dari kemungkinan-kemungkina dari diskusi tim eksekutif dalam suatu organisasi. Produk yang tepat dan sesuai kemungkinan harus benar-benar dibuat berdasarkan data dan intuisi dari apa yang sebenarnya terjadi. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi apa yang dibutuhkan pengguna dan apa yang tidak. Menurut pengetahuan Anda, apa saja yang dapat dilakukan oleh tim manajemen produk untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan pengguna?

Research
Melaksanakan riset untuk mengetahui bagaimana keadaan pasar sesungguhnya. Mengidentifikasi tren dan perubahan pola pembelian konsumen sangat penting dilakukan untuk mengetahui apa kebutuhan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengunjungi situs web pelanggan untuk menilai strategi produk dan pasar serta mengidentifikasi peluang untuk memenuhi kebutuhan produk pelanggan saat ini atau masa depan.

Customer Feedback
Feedback dari pelanggan akan memberikan wawasan tentang bagaimana sikap pelanggan terhadap produk dan layanan kita yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur seberapa berhasil produk kita dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Dorong pelanggan untuk memberikan masukan atau permintaan perubahan untuk penyempurnaan produk yang ditawarkan. Ketika pelanggan memberikan masukan, kita juga harus menanggapi untuk diidentifikasi apakah layak untuk diterima sebagai masukan yang sesuai untuk direalisasikan atau tidak.

Social Media
Media sosial dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan pencarian data mengenai produk kita dan pesaing kita. Masukan dari media sosial menambahkan wawasan lebih lanjut untuk melengkapi informasi dari umpan balik pelanggan.

Collaboration
Dalam mengembangkan sebuah produk, sangat mungkin untuk melibatkan perwakilan pelanggan dalam menentukan kebutuhan pelanggan. Perwakilan pelanggan tersebut akan memberikan masukan atau feedback mengenai produk yang dibuat. Kita juga bisa membuat panel pelanggan untuk menguji atau mengevaluasi prototipe produk baru.

Customer Relationship Management
Dengan sistem CRM, kita dapat mengembangkan wawasan mengenai kebutuhan pelanggan. Sistem CRM mengumpulkan data tentang semua kontak dan transaksi pelanggan, memberikan informasi tentang riwayat pembelian dan layanan, pertanyaan produk, keluhan, preferensi saluran komunikasi, dan respons terhadap kampanye pemasaran. Dengan menganalisis data dalam sistem CRM, kita dapat membuat gambaran kebutuhan dan preferensi pelanggan individual.

Referensi

http://smallbusiness.chron.com/strategies-identifying-customer-needs-54317.html