Bagaimana Cara Menghilangkan Stretchmarks?

strechmarks

Banyak wanita menghadapi masalah stretchmarks yang tampak menggangu di bagian kaki, paha, bokong dan daerah tubuh lainnya. Dalam hal ini, stretch marks memang sukar dihilangkan. Namun terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyamarkannya. Ada yang akhirnya mengandalkan produk penghilang strecth marks, prosedur pembedahan, produk kosmetik maupun krim khusus dari dokter. Ada pula yang menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Cara Menghilangkan Stretchmark secara Medis

  • Salep atau krim penghilang stretch mark

Obat penghilang stretchmark sudah banyak dijual baik di apotek maupun supermarket. Obat-obat penghilang stretchmark ini saling menyatakan bahwa krim merk A atau B merupakan cara menghilang stretchmark dengan cepat. Nyatanya krim apapun itu hanya mampu untuk menyamarkan saja, bukan menghilangkan seluruhnya.

  • Laser

Dalam hitungan detik, stretchmark akan hilang jika menggunakan laser. Cepat memang, tapi Anda perlu untuk merogoh kocek Anda dalam-dalam. Dan juga menghilangkan stretchmark dengan menggunakan laser tidak menjamin benar-benar hilang. Jika Anda berhenti memberikan treatment laser pada stretch mark, maka bekasnya bisa saja timbul kembali.

  • Lotion

Dengan menggunakan lotion yang tentu saja cocok untuk jenis kulit yang Anda miliki secara rutin maka stretch mark perlahan-lahan akan menghilang. Memakai lotion setiap hari akan membuat kulit semakin kenyal dan juga mendorong perbaikan kulit yang signifikan.

  • Krim asam retinoat

Asam retionat atau retin-A terbukti efektif untuk menghilangkan stretch mark. Retin-A akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga stretch mark akan memudar.

Cara Menghilangkan Stretchmark secara Alami dan Sepat

  • Minyak vitamin E

Vitamin E memang sudah dipercaya efektif untuk menghilangkan gangguan kulit ringan. Pakai minyak vitamin E secara rutin untuk hasil yang signifikan.

  • Minyak jarak

Minyak jarak terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami selanjutnya, ini karena minyak jarak kaya akan vitamin E yang mampu meregenerasi kulit. Caranya pun mudah. Oleskan minyak jarak pada stretchmark 2 kali setiap hari.

  • Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit . Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan oleskan pada stretchmark.

  • Cocoa butter

Kandungan cocoa butter telah terbukti baik untuk kulit. Kandungannya yang antara lain alsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E dapat melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Oleskan cocoa butter pada sctretchmark dua kali sehari.

Sumber

https://www.merdeka.com/gaya/15-cara-menghilangkan-stretch-mark-secara-alami-dan-cepat-kln.html

Mengencangkan otot dan anggota tubuh kita terasa sangat hebat dan menghasilkan efek luar biasa bagi tubuh dan pikiran. Di sisi lain, ketika kulit kita meregang dapat meninggalkan penampilan parut yang banyak orang sadari dan tidak nyaman dengannya.

Sementara stretch mark tidak menimbulkan masalah medis, namun dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Umumnya ditemukan di sekitar pinggang, paha dan lengan atas. Stretch mark adalah hasil dari lapisan tengah kulit, dermis, pada dasarnya merobek karena pertumbuhan kulit yang cepat melalui peristiwa-peristiwa seperti kehamilan, kehilangan atau pertambahan berat badan, kehilangan otot atau mendapatkan, atau peningkatan kortison yang menyebabkan kulit kehilangan elastisitas sehingga menyebabkan kulit lebih tipis dan mudah diregangkan. Selain itu, stretch mark lebih mungkin menjadi masalah bagi wanita, karena wanita dua kali lebih mungkin mengalami stretch mark dibandingkan pria.

Untungnya, stretch mark tidak harus selamanya. Perawatan topikal yang mengandung minyak sehat dan minyak esensial telah ditemukan sangat mengurangi tampilan stretch mark

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa adalah alat yang bagus untuk menghilangkan bekas luka. Itu sarat dengan lemak sehat yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mempromosikan peremajaan sel. Minyak kelapa juga sangat melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit yang rusak sambil mencegah kerusakan lebih lanjut.

2. Minyak Argan
Minyak argan dikemas dengan vitamin E yang telah terbukti meningkatkan elastisitas kulit dan menutrisi kulit yang terentang atau rusak. Minyak argan juga mengandung asam lemak yang semakin memperkuat kulit dan mencegah stretch mark.

3. Frankinsense
Frankinsense sangat bagus untuk menghilangkan stretch mark. Rockstar essential oil telah ditemukan untuk meningkatkan elastisitas, memperkuat kulit dan mengurangi munculnya stretch mark dengan meregenerasi sel-sel kulit.

Referensi

Sumber : https://styletips101.com/skin-care/stretch-marks-be-gone-everyday-oils-to-combat-stretch-marks.html

Jika Anda memiliki stretch mark, Anda mungkin berharap itu hilang. Alur atau garis di kulit Anda ini tidak berbahaya bagi kesehatan Anda, tetapi juga tidak bagus untuk dilihat.

Dan meskipun mereka tidak akan pernah benar-benar pergi, mereka mungkin akan memudar seiring waktu atau dengan bantuan dari produk dan prosedur tertentu.

Mengapa Anda Mendapatkannya?


Stretch mark terjadi ketika tubuh Anda tumbuh dengan cepat karena alasan apa pun. Kulit Anda tidak bisa meregang cukup untuk mengikuti. Tanda yang panjang, tipis, dan bergelombang ini juga disebut stria.

Kolagen adalah protein yang membuat kulit Anda lebih elastis. Jika kulit Anda tidak memiliki cukup, tanda-tanda tersebut dapat muncul saat membentang.

Anda mungkin mendapatkan stretch mark karena:

  1. Penambahan berat badan yang cepat atau lonjakan pertumbuhan masa kanak-kanak
  2. Kehamilan
  3. Operasi implan payudara
  4. Gerak badan
  5. Steroid dalam jumlah tinggi, baik dari obat steroid atau penyakit seperti sindrom Cushing
  6. Sindrom Marfan, penyakit genetik yang melemahkan serat kulit Anda dan menyebabkan pertumbuhan yang tidak biasa

Siapa yang mendapatkannya?


Stretch mark lebih sering terjadi pada wanita, terutama selama kehamilan. Saat perut Anda tumbuh untuk memberikan ruang bagi bayi, kulit Anda membentang. Hormon yang melonjak saat Anda hamil juga dapat melemahkan serat kulit dan menyebabkan stretch mark.

Setiap bagian tubuh yang menjadi lebih besar selama kehamilan bisa mendapatkan stretch mark. Mereka mungkin memudar saat Anda menurunkan berat badan setelah bayi lahir.

Baik wanita maupun pria yang mengalami obesitas bisa mendapatkannya. Bahkan binaragawan yang memiliki sedikit lemak bisa mendapatkannya di tempat otot mereka membuncit.

Anak-anak mungkin mendapatkannya jika mereka tiba-tiba bertambah tinggi atau bertambah berat, seperti saat pubertas. Pastikan mereka tahu ini normal. Tanda masa kanak-kanak mungkin memudar seiring bertambahnya usia anak.

Seperti apa rupa mereka?


Garis-garis bergelombang dan bergaris-garis di kulit Anda ini hadir dalam berbagai warna. Mereka memudar dari merah atau merah muda ke biru keunguan menjadi lebih tipis, pucat, garis-garis seperti bekas luka dari waktu ke waktu. Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan mereka.

Mereka dapat muncul di banyak bagian tubuh Anda:

  1. Lengan
  2. Payudara
  3. Pantat
  4. Pinggul
  5. Bahu
  6. Perut atau dada

Diagnosa


Dokter Anda hanya perlu melihat kulit Anda untuk mendiagnosis mereka. Tapi dia mungkin akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda. Jika Anda sudah lama menggunakan steroid oral atau topikal, kadar kortisol yang tinggi dalam tubuh Anda mungkin yang harus disalahkan.

Apakah Ada Produk yang Membantu?


Riasan tubuh dapat membantu menyembunyikan tanda peregangan. Anda akan menemukan banyak krim, salep, minyak, dan salep kulit lainnya yang mengklaim dapat mencegah atau mengobatinya. Tetapi ada sedikit bukti bahwa salah satu dari produk ini benar-benar berfungsi.

  1. Tretinoin: Krim dengan tretinoin (Retin-A) mengandung retinoid, senyawa yang terkait dengan Vitamin A. Retinoid meningkatkan produksi kolagen. Mereka mungkin membantu memudarkan stretch mark yang lebih baru, tetapi mereka dapat menyebabkan kulit Anda menjadi merah, teriritasi, atau bersisik. Mereka juga digunakan untuk merawat keriput.

  2. Penguat kolagen: StriVectin-SD dan ekstrak biji lupin keduanya seharusnya meningkatkan kolagen di kulit Anda, tetapi sulit untuk mengatakan apakah itu akan memudar atau mencegah stretch mark.

  3. Centella asiatica: Minyak herbal ini meningkatkan sel-sel dalam tubuh Anda yang membuat kolagen dan membangun jaringan kulit. Beberapa orang menggunakannya untuk membantu menyembuhkan luka. Centella asiatica ada di sejumlah krim kulit tanpa resep untuk stretch mark, tetapi ada sedikit bukti yang membantu memudarnya.

  4. Minyak almond pahit: Satu studi menunjukkan bahwa wanita yang memijat minyak almond pahit ke dalam kulit pada perut mereka selama kehamilan memang memiliki lebih sedikit stretch mark daripada yang lain yang hanya menggunakan minyak tanpa pijatan.

  5. Cocoa butter, shea butter, minyak zaitun, minyak vitamin E, dan pelembab lainnya: Krim alami ini dapat membantu membuat kulit Anda terasa lebih lembut, tetapi tidak jelas apakah mereka membantu atau mencegah stretch mark.

Apakah Ada Prosedur untuk Menyingkirkan Mereka?


Dokter kulit atau ahli bedah plastik dapat menggunakan laser atau perawatan lain untuk membantu memudarkan bekas luka. Ini dapat membantu kulit Anda membuat lebih banyak kolagen:

  1. Terapi laser pewarna berdenyut adalah semburan cahaya tanpa rasa sakit yang digunakan pada bekas luka merah yang baru. Energi cahaya itu menenangkan pembuluh darah di bawah kulit Anda yang bisa menyebabkan tanda.

  2. Terapi laser fraksional CO2 adalah perawatan baru yang dapat menghilangkan bekas luka putih yang lama. Satu studi menunjukkan bahwa stretch mark wanita memudar setelah lima sesi dibandingkan dengan orang lain yang menggunakan krim topikal dengan asam glikolat dan tretinoin.

  3. Mikrodermabrasi menggunakan kristal kecil untuk menggosok lapisan atas kulit Anda. Satu studi baru menunjukkan bahwa perawatan ini membantu menghilangkan bekas luka kemerahan yang baru jika dikombinasikan dengan kulit.

  4. Bedah kosmetik, seperti pengencangan perut, dapat menghilangkan kulit dengan stretch mark. Tetapi operasi ini bisa meninggalkan bekas. Ditambah lagi mereka sering menyakitkan dan mahal.

Stretch mark adalah kondisi yang biasa dialami para perempuan terutama pada perempuan yang sedang hamil. Selain dialami perempuan, stretch mark juga bisa dialami laki-laki. Apa itu stretch mark? Stretch mark adalah timbulnya guratan-guratan merah seperti nadi dengan panjang beberapa milimeter sampai puluhan sentimeter.

Stretch mark timbul karena saat terjadi peregangan kulit secara berlebihan. Tapi stretch mark juga bisa terjadi akibat mengkonsumsi obat-obatan dengan kadar streoid yang tinggi, kekurangan nutrisi, dan juga karena kegemukan (kelebihan berat badan), badan menjadi kurus dalam waktu yang singkat.

Cara menghilangkan stretch mark

1. Minum air mineral

Meminum air mineral 8 sebanyak gelas sehari akan menjaga tingkat elastisitas kulit dan juga akan membantu mempercepat proses regenerasi pada kulit.

2. Lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C yang berguna sebagai anti-oksidan. Selain itu mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Caranya mudah: Oleskan air perasan lemon pada stretch mark, hal ini akan membantu untuk memacu regenerasi kulit yang membuat stretch mark cepat hilang.

3. Kentang

Kentang mengandung mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami untuk membantu regenerasi kulit. Kandungan Anti-oksidan-nya yang alami juga berfungsi untuk menghilangkan stretch mark dengan segera.

Cara penggunaannya:

  1. Tumbuk halus kentang yang telah direbus.
  2. Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.
  3. Oleskan pada stretch mark.
  4. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Putih telur

Putih telur mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien, yang berfungsi untuk mengenyalkan wajah Anda juga mencerahkan kulit wajah.

Caranya:

  1. Gunakanlah putih telur sebagai lotion kulit alami.
  2. Untuk menghindari bau amis, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon.

5. Lidah buaya

Menggunakan gel lidah buaya secara rutin pada stretch mark, bisa membantu merawat kulit agar kekenyalannya tetap terjaga dan elastis sehingga perlahan-lahan stretch mark akan hilang. Selain untuk menghilangkan stretch mark, gel lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit Anda terbakar.

Caranya pun mudah saja:

  1. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.
  2. Lalu oleskan secara merata pada stretch mark.
  3. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Salep atau krim penghilang stretch mark

Obat penghilang stretch mark bisa dengan mudah didapatkan di apotek atau supermarket. Berbagai merk obat-obat penghilang stretch mark ini saling menyatakan bahwa krim merk A atau B merupakan cara menghilang stretch mark dengan cepat. Tapi ternyata krim merk apapun hanya bisa menyamarkan saja, bukan menghilangkan seluruhnya.

7. Laser

Memang, jika menggunakan laser, dalam sekejab stretch mark pada tubuh Anda akan hilang. Tapi tentunya ada harga mahal yang harus dibayar. Selain itu juga menghilangkan stretch mark dengan menggunakan laser tidak menjamin 100 persen akan benar-benar hilang. Jika Anda berhenti tidak melakukan memberikan treatment laser pada stretch mark, maka bekasnya mungkin saja bisa timbul kembali.

8. Lotion

Perawatan secara rutin dengan menggunakan lotion yang cocok dengan jenis kulit yang Anda miliki maka stretch mark perlahan-lahan akan menghilang. Dengan memakai lotion setiap hari akan menjadikan kulit semakin kenyal juga membantu untuk memperbaiki kulit.

9. Krim asam retinoat

Asam retionat atau retin-A telah terbukti efektif untuk menghilangkan stretch mark. Fungsi Retin-A bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga stretch mark akan memudar.