Bagaimana cara menghilangkan rasa takut atau ketakutan yang berlebihan?

Rasa takut

Rasa takut atau kecemasan yang berlebihan dapat dipicu oleh suatu benda atau kejadian. Ketakutan tersebut bisa saja dialami oleh siapapun dimana rasa takut yang berlebihan tersebut akan memberikan tekanan dan menyebabkan stres atau depresi. Bagaimana cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan ?

Berikut ini adalah cara- cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan :

  • Menyadari kapan rasa takut muncul
    Kesadaran merupakah hal yang pertama untuk mengatasi rasa takut. Pertama seseorang harus menyadari adanya rasa takut dalam diri terhadap suatu benda atau peristiwa. Menyadari bahwa rasa takut itu tidak membawa kebaikan apapun untuk diri Anda atau bahkan memberikan kerugian dalam kehidupan sehari- hari.

  • Memahami gejala rasa takut
    Pahami reaksi yang muncul pada diri Anda saat Anda merasa takut pada sesuatu. Apakah muncul keringat dingin, apakah gemetaran, apakah denyut jantung lebih cepat, dan lain sebagainya. Pahami apakah gejala yang timbul membuat Anda merasa tidak nyaman atau terganggu.

  • Merenungkan kembali hal yang membuat takut
    Renungkan kembali situasi dimana rasa takut Anda muncul. Pikirkan efek dan kerugiannya dan reaksi yang ditimbulkan pada diri Anda. Renungkan kembali mengapa rasa takut tersebut bisa muncul.

  • Pikirkan penyebab ketakutan muncul
    Pahami dengan benar pemicu munculnya rasa takut dalam diri Anda. Ketika Anda memahami penyebab rasa takut maka Anda bisa lebih mengatur atau mengkondisikan diri Anda dalam berespon. Misalnya apabila Anda takut dengan ulat, maka ketika Anda mengetahui ada ulat dalam jarak tertentu, Anda bisa memanage diri Anda dengan lebih baik sehingga tidak muncul rasa takut yang spontan. Dengan begitu Anda akan baik baik saja.

  • Timbanglah seberapa besar rasa takut
    Anda perlu mengetahui seberapa besar rasa takut pada diri Anda. Besarnya rasa takut yang ada, nantinya bisa Anda gunakan untuk memilih cara untuk mengatasinya. Rasa takut yang sangat besar, dapat memicu seseorang untuk melakukan hal hal yang tidak masuk akal. Sehingga mengenali seberapa besar rasa takut itu juga akan membantu Anda untuk mengendalikan diri dan rasa takut.

  • Menyadari bahwa rasa takut itu normal
    Rasa takut itu normal dan dimiliki oleh semua orang. Kenali rasa takut Anda yang normal dan yang tiidak normal. Kenali bahwa rasa takut yang Anda punyai memiliki batas atau tidak. Apakah hal yang Anda takutkan tersebut bersifat umum dan memungkinkan untuk juga dimiliki orang lain, atau merupakan ketakutan yang khusus dan hanya Anda miliki.

  • Bayangkan hasil yang sesuai apabila rasa takut teratasi
    Berfikirlah bagaimana cara mengatasi rasa takut tersebut. Bayangkan rasa nyaman dan hasil yang memuaskan ketika rasa takut itu teratasi. Ketika Anda bertemu dengan objek yang ditakuti kemudian Anda membayangkan bahwa objek itu tidak sebegitu menakutkan, dengan begitu rasa takut juga akan berkurang. Misalnya, Anda takut terhadap kecoa. Anda dapat membayangkan kecoa merupakan hewan kecil yang tidak menggigit dan tidak perlu ditakuti. Sehingga ketika Anda menjumpai kecoa, rasa takut lebih berkurang.

  • Rileks, banyak tertawa
    Rasa takut juga bisa muncul dikarenakan keadaan tubuh yang terlalu stres karena banyak kegiatan. Maka dari itu Anda perlu merilekskan tubuh Anda dan banyak tertawa untuk mengurangi stres. Anda juga bisa mengurangi stres dengan berbincang dengan orang lain atau melihat hal hal yang lucu.

  • Tidur cukup
    Ketika rasa takut menganggu aktivitas Anda, mungkin juga disebabkan karena tubuh Anda dalam keadaan stres atau lelah. Ambil waktu untuk tidur yang cukup . Sempatkan tidur yang lelap dalam 7-8 jam per hari agar tubuh Anda bisa kembali segar.

  • Meditasi
    Rasa takut juga mempengaruhi fungsi dalam tubuh seperti mempercepat detak jantung, mempercepat pernafasan, dan lainnya. Untuk membuat tubuh Anda nyaman kembali, Anda bisa melakukan rileksasi dengan meditasi. Manfaat dari meditasi ini adalah untuk membuat tubuh menjadi rileks dan nyaman kembali. Meditasi juga mampu mengembalikan rasa takut berkurang dan meningkatkan perasaan tenang.

Rasa takut adalah reaksi normal manusia secara alami yang membantu melindungi diri kita. Rasa takut merupakan salah satu penghalang dalam meraih kesuksesan. Rasa takut tersebut sulit dihilangkan atau bahkan tidak bisa dihilangkan sama sekali. Rasa takut mengingatkan dan mempersiapkan kita untuk menghadapi bahaya yang mendekat. Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman.

Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup yang terjadi sebagai respons terhadap suatu perilaku tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya.

Berikut beberapa langkah atau hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menguasai rasa takut seperti :

  1. Mengetahui atau memahami ketakutan dalam diri
    Cari tahu apa saja yang membuat anda merasa takut dan bagaimana perasaan tersebut bisa menguasai diri anda. Dengan mengerti apa yang mengakibatkan ketakutan, hal semacam ini akan menolong anda untuk mengurangi rasa takut. Diperlukan waktu untuk menyadarinya dan renungkan dalam diri anda.

  2. Melawan ketakutan tersebut
    Cara terbaik mengatasi rasa takut adalah dengan menghadapi dan menantangnya. Jika anda menghadapi ketakutan anda dengan berani, maka ketakutan anda akan berkurang dan lalu surut. Setlah itu, bakal timbul rasa percaya diri yang lebih baik.

  3. Kendalikan atau menguasai mental dan emosi
    Apabila mulai merasa takut, coba untuk lawan perasaan itu. Alihkan perhatian anda dan hentikan perasaan yang membuat anda takut. Ambilah suatu kegiatan yang membuat anda melupakan ketakutan tersebut.

  4. Mengubah rasa takut
    Menghadapi rasa takut, anda harus mengakui apa yang membuat anda merasa takut. Setelah menghadapi, ubahlah rasa takut tersebut dengan mencari tau cara menghadapinya. Dengan begitu anda semakin percaya diri untuk mengalahkan rasa takut itu.

  5. Relaksasi diri
    Yakin terhadap diri sendiri adalah adalah salah satu cara untuk menguasai rasa takut. Keyakinan diri sendiri dapat memerangi ketakutan yang ada dalam diri sendiri. Seiring melawan takut, bangunlah rasa percaya diri. Karena semakin percaya diri, maka rasa takut yang menguasai pikiran juga akan semakin berkurang. Meditasi dan yoga merupakan jalan lain untuk mengatasi rasa takut anda.

  6. Bicarakan ketakutan anda pada orang lain
    Bicarakanlah tentang ketakutan anda pada orang lain. Janganlah menyimpan masalah anda sendiri dan memendam sendiri ketakutan itu. Ketika anda membicarakan ketakutan yang anda miliki, anda melepaskan energi negatif atau ketakutan yang ada sehingga anda akan merasa lebih baik setelah membicarakannya.

Menguasai rasa takut itu penting. Karena, jika anda tidak menguasai rasa takut tersebut akan berdampak kedepannya dengan tindakan dan penerapan dalam kehidupan anda. Sebagai contoh, jika anda mempunyai keinginan untuk mendirikan suatu perusahaan atau usaha tetapi anda takut akan resiko-resiko yang buruk antara lain kebangkrutan perusahaan, turunnya saham perusahaan dan hal buruk yang lain. Maka rencana anda hanya sekedar rencana, dan tidak akan terealisasikan. Dan ketakutan tersebut akan berdampak kedepannya kepada masalah kecil yang ada disekitar anda, seperti rasa takut mengajukan pendapat, rasa takut akan berbicara didepan umum. Untuk mengatasi rasa takut tersebut, diperlukannya rasa optimis dan dukungan dari orang sekitar. Dari dukungan tersebut, merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi diri kita secara tidak langsung. Ketakutan biasanya hadir karena adanya trauma pada masa lalu dan bisa juga timbul pada masa depan yang belum tentu menjadi kenyataan.

Dalam implementasi kehidupan, kita dapat mencontoh Ir. Soekarno, saat diculik dan diasingkan beliau tidak memikirkan tentang keselamatan diri sendiri, melainkan memikirkan nasib bangsa Indonesia. Akhirnya beliau tidak mementingkan diri sendiri, tetapi mementingkan kepentingan bersama. Dari tokoh yang sangat berpengaruh di negara Indonesia ini kita dapat mempelajari sifat Bung Karno yang di mana beliau dapat mengatasi rasa takut nya dengan lebih mementingkan hal yang lebih penting, jadi setiap saat kita muncul rasa takut, kita dapat memperhitungkan atau mengkalkulasi hal-hal apa yang berdampak saat kita mementingkan rasa takut tersebut, apakah ada hal lain yang lebih penting ataukah hal lainnya.

Kesimpulan dari essai diatas adalah disaat kita tertekan maka secara tidak langsung rasa takut itu akan muncul. Jangan menyerah pada sesuatu yang bisa anda kendalikan, anda memiliki kekuatan lebih besar didalam diri anda, daripada yang Anda ketahui. Sebaiknya anda menghadapi ketakutan anda sekarang dan menikmati hasilnya daripada menyerah untuk menjalani mimpi anda dan menghadapi ketakutan anda nantinya.

“Rasa takut bukan penghambat untuk bergerak, tetapi pemicu lahirnya pergerakan.” – Raditya Prabhawa.

Source: